16+ Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar di Desa

Ada beberapa contoh usaha modal kecil untung besar di desa yang bisa meningkatkan taraf perekonomian masyarakat. Saat ini, desa tidak lagi diidentikkan dengan sesuatu yang lekat dengan kemiskinan ataupun keterbatasan peluang kerja. Sebaliknya, kita justru banyak terdapat peluang usaha yang menjanjikan untuk dijalankan oleh masyarakat pedesaan. Jika Anda pandai mencari peluang, Anda pun dapat mengembangkan berbagai macam usaha di desa. Berikut ini adalah usaha rumahan dengan modal kecil dengan peluang yang cukup menjanjikan:

1.     Usaha Potong Rambut

Bagi Anda yang punya keahlian mencukur rambut, Anda bisa mencoba usaha yang satu ini. Berbekal keahlian dan alat cukur rambut yang memadai, Anda dapat menjalankan usaha yang menguntungkan ini di rumah. Bayangkan, jika dalam satu jam Anda bisa mencukur tiga orang dan masing-masing membayar Rp 10000 maka dalam satu jam saja Anda sudah bisa mengantongi Rp 30000.

2.     Usaha Jahit Baju

Usaha Jahit Baju

Usaha Jahit Baju

Contoh usaha modal kecil untung besar di desa adalah jasa jahit baju. Saat ini masyarakat desa sudah semakin mengerti tentang fashion sehingga hal ini bisa membuat peluang usaha jahit baju semakin menjanjikan. Jika ada banyak masyarakat desa yang menjahit baju di tempat Anda, maka keuntungan Anda akan semakin besar.

3.     Usaha Makanan Sederhana

Dengan bekal kemampuan memasak, Anda dapat membuat berbagai macam olahan makanan sederhana seperti nasi rames, bakso, gado-gado, dan lain sebagainya. Makanan sederhana tidak membutuhkan modal yang terlalu besar namun keuntungan bisa dibilang lumayan.

Baca juga : 12 Teori Bisnis ini Terbukti Berhasil Diterapkan Oleh Pengusaha Sukses

4.     Usaha Laundry

Ternyata usaha laundry pun bisa jadi salah satu contoh usaha modal kecil untung besar di desa. Saat ini banyak orang yang beranggapan bahwa menggunakan jasa laundry justru lebih irit dibanding mencuci sendiri di rumah. Hal ini membuat peluang usaha yang satu ini cukup menguntungkan untuk dijalankan di desa.

Baca juga : Memulai Usaha Laundry Skala Besar dan Analisa Usahanya

5.     Usaha Warung Kelontong

Membuka warung kelontong yang menjual berbagai macam kebutuhan sembako bisa menghasilkan cash flow alias uang setiap hari. Untuk itu, terlebih dulu Anda harus mencari toko grosir yang murah untuk tempat kulakan.

6.     Usaha Pembuatan Mebel Atau Konstruksi

Usaha Pembuatan Mebel Atau Konstruksi

Jasa pembuatan perkakas rumah tangga seperti almari, kursi, jendela, dan kusen semakin dibutuhkan oleh masyarakat desa. Untuk menjalankan usaha rumahan ini, Anda juga dapat memperkerjakan beberapa orang untuk membantu Anda.

7.     Usaha Jual Pulsa dan Kuota

Saat ini masyarakat desa sudah banyak yang punya smartphone. Karena itulah mereka membutuhkan pulsa maupun kuota untuk smartphone mereka. Hal ini membuat peluang usaha pulsa dan kuota menjadi cukup menjanjikan.

8.     Usaha Bengkel

Saat ini, hampir semua masyarakat desa memiliki kendaraan. Namun tidak semua orang punya keahlian untuk memperbaiki kendaraan yang rusak. Hal ini bisa jadi peluang usaha bagi Anda yang punya keahlian dalam bidang otomotif.

9.     Usaha Ternak Ayam

Menjalankan usaha ternak ayam di desa merupakan sebuh hal yang tepat. Luasnya lahan di pedesaan menjadi salah satu hal yang mempengaruhi kesuksesan bisnis ini. Untuk menjalankan usaha ini, Anda harus bisa memilih indukan yang tepat dan memenuhi standar.

10. Usaha Ternak Lele, Ikan Mas, dan Ikan Nila

Budidaya lele,ikan mas, dan ikan nila bisa jadi contoh usaha modal kecil untung besar di desa. Dengan bermodalkan kolam dan bibit ikan yang harga per ekornya 100-300 rupiah, Anda bisa memanen dan memasarkankan ikan-ikan tersebut di pasar ikan maupun dijual ke restoran. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

11. Usaha Ternak Jangkrik

Untuk menjalankan usaha ini, Anda harus membeli telur jangkrik seharga Rp 200.000 hingga Rp 500.000 per kilogram. Saat panen, Anda bisa mendapatkan Rp 2.000.000 hingga Rp 5.000.000 per kilogram. Cukup menguntungkan, bukan?

12. Usaha Budi Daya Kroto

Kroto merupakan salah satu pakan burung kicau. Besarnya minat dari para pehobi burung kicau untuk membeli telur kroto membuat harganya terbilang cukup tinggi, yakni Rp 90.000 ke atas. Untuk menjalankan bisnis ini, Anda perlu menyediakan tempat yang tepat di rumah Anda.

Baca juga : 7 Cara Budidaya Kroto Dengan Media Paralon Agar Hasilnya Melimpah

13. Usaha Ternak Bebek

Usaha ini juga merupakan contoh usaha modal kecil untung besar di desa. Untuk bisa beternak bebek, Anda dapat membeli anakan untuk dibesarkan ataupun menetaskan telur secara mandiri. Selain dapat menjual dagingnya pada rumah makan, Anda juga dapat memasarkan telurnya baik mentah maupun dibuat dalam bentuk telur asin.

14. Berkebun Pisang

Di desa masih terdapat lahan yang cukup luas untuk menanam pisang. Setelah panen, Anda dapat memasarkan pisang-pisang tersebut ke kota ataupun pasar terdekat.

15. Berkebun Singkong

Jika lahan di sekitar rumah tidak cukup luas untuk menanam singkong, cobalah untuk memanfaatkan ladang. Setelah singkong dipanen, Anda dapat memasarkannya di pasar-pasar terdekat maupun pada tetangga Anda.

16. Berkebun Sayur dan Buah-Buahan

Di desa memang sangat cocok untuk menanam sayur dan buah-buahan. Keuntungan dari bisnis ini terbilang cukup besar. Anda dapat memasarkan hasil panen yang berupa sayur-mayur dan buah-buahan di pasar terdekat.

Itulah beberapa contoh usaha modal kecil untung besar di desa yang bisa Anda coba. Selamat berkarya!

16+ Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar di Desa | Malik | 4.5
error: Content is protected !!