Memulai Usaha Laundry Skala Besar dan Analisa Usahanya

Memulai usaha laundry skala besar – Sebelum laundry beralih ke skala rumahan, dulunya laundry ini melekat pada perhotelan dan laundry komersial skala besar. Namun karena kebutuhan akan laundry ini meningkat kemudian berubah menjadi skala rumahan yang mana konsumennya berasal dari masyarakat sekitar. Sebenarnya peluang usaha laundry ini sangat luas dimana tidak hanya menangani baju semata, namun juga bisa digunakan untuk menangani linen maupun towel hotel, membersihkan karpet, boneka, taplak meja, bed cover, dan masih banyak lagi lainnya. Tentunya untuk melakukan laundry dengan object yang besar dan tebal tidak bisa menggunakan mesin cuci rumahan biasa, namun membutuhkan mesin cuci dan alat pembersih khusus yang mampu digunakan untuk membersihkan linen dan objet dengan skala besar.

Peluang Usaha Laundry Skala Besar dan Cara Memulai

 Usaha Laundry skala besar

Usaha Laundry skala besar

Usaha laundry dengan skala besar ini akan tetap terbuka dengan lebar mengingat object yang akan di laundry tersebut tidak bisa ditangani oleh mesin cuci biasa. Untuk target konsumennya pun luas dan beragam mulai dari kalangan industri maupun dari kalangan rumahan biasa. Untuk industri Anda bisa menyasar hotel, pabrik, resort, losmen, dan lain sebagainya. Selain itu untuk rumah ibadah seperti masjid akan ada karpet di dalamnya yang butuh untuk dibersihkan dalam waktu tertentu.

Untuk memulai usaha laundry skala besar Anda hanya perlu mengurus perizinan, menentukan target pasar, menyiapkan modal, menentukan target pasar, dan tentunya Anda harus merencanakan konsep bisnis dengan matang. Lokasinya juga strategis agar mudah terjangkau oleh armada Anda.

Modal Awal

Saat ingin memulai usaha laundry skala besar hal yang harus diperhatikan adalah modal awalnya. Karena memang peralatan yang dibutuhkan banyak dan mahal maka modal awal yang harus dikeluarkan cukup besar.  Anda membutuhkan mesin cuci extractor untuk menangani linen dalam jumlah banyak sekaligus. Pengerjaan linen tersebut harus cepat terutama saat high season dimana linen tersebut digunakan untuk mengganti sprei bed tamu yang sudah kotor dan kusam. Penggantian tersebut dilakukan setiap hari sehingga linen tersebut harus bisa bersih dan kering sesegera mungkin.

Modal awal untuk memulai usaha laundry skala besar kurang lebih 150 juta rupiah dimana dengan modal tersebut Anda bisa membeli mesin cuci extractor dengan kapasitas lebih dari 40 kg, selain itu Anda membutuhkan mesin pembersih karpet, vacuum cleaner untuk membersihkan debu pada karpet, mesin pengering karpet, dan setrika jepit atau run steam press. Hampir semua peralatan tersebut di banderol dengan harga yang cukup mahal. Untuk satu peralatan di banderol dengan harga mulai dari 2,5 juta rupiah sampai dengan 35 juta rupiah. Selain itu jika Anda belum memiliki mobil box untuk mengangkut laundry maka modal awal Anda akan lebih besar.

Biaya Operasional

Saat akan memulai usaha laundry skala besar hal yang harus Anda perhatikan adalah biaya operasionalnya. Biaya operasional dari laundry skala besar ini pun juga cukup besar. Yang paling terasa adalah biaya listrik dan juga airnya mengingat semua peralatan tersebut memiliki daya yang besar. Setiap harinya Anda harus mengeluarkan biaya operasional kurang lebih 1 juta rupiah dimana biaya tersebut digunakan untuk pembelian detergen, pewangi pakaian, pelembut pakaian, biaya listrik, biaya air, sewa tempat, pembelian bensin, dan juga gaji karyawan. Memang biaya operasional ini terlihat besar namun akan sepadan dengan pemasukan yang didapatkan.

Estimasi Pendapatan

Karena target adalah hotel maka jumlah linen yang digunakan sebanyak tiga lapis yaitu sheet pertama, sheet kedua, kemudian sheet ketiga. Peraturan sheet satu hotel dengan lainnya ini berbeda. Contoh analisa keuntungan usaha laundry skala besar adalah hotel langganan Anda full occupied dengan jumlah 30 kamar, dalam sehari Anda akan mendapatkan 90 linen dan 60 pillow case, belum lagi ditambah dengan towel. Misalnya dalam satu kamar terpakai 2 bath towel, 1 hand towel, dan 1 face towel, selain itu ditambah dengan pool towel sebanyak 15 pcs. Maka jumlah towel yang akan di laundry kan sebanyak 60 bath towel, 30 hand towel, 30 face towel, dan 15 pcs pool towel.

Untuk linen seperti sprei Anda bisa memberikan harga Rp2.500, pillow case Rp1.500, bath towel Rp2.300, hand towel Rp1.500, face towel Rp1.300, pool towel Rp2.500. Dalam sehari Anda akan mendapatkan penghasilan (90 x Rp2.500) + (60 x Rp1.500) + (60 x Rp2.300) + (30 x Rp1.500) + (30 x Rp1.300) + (15 x Rp2.500)  = Rp225.000 + Rp90.000 + Rp138.000 + Rp45.000 + Rp39.000 + Rp37.500 = Rp574.500. Itu baru linen dari kamar saja masih ada linen dari restaurant, meeting room, dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk menentukan harga khusus hotel tergantung dengan ukurannya dan tebalnya. Contohnya linen sprei ukurannya besar namun tipis, sedangkan pool towel lebih kecil dibandingkan sprei namun lebih tebal dimana pengeringan memakan waktu lama sehingga tarif keduanya sama. Jika dalam sehari Anda mengambil linen dari 3 hotel sekaligus dengan kuantitas sama dalam sehari laundry linen hotel sebesar Rp1.722.000. Keuntungan sehari Rp722.000. Keuntungan akan semakin bertambah jika ada object lainnya masuk seperti karpet, boneka, dan lain sebagainya.

Demikianlah memulai usaha laundry skala besar dan analisa usahanya, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Memulai Usaha Laundry Skala Besar dan Analisa Usahanya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!