12 Teori Bisnis ini Terbukti Berhasil Diterapkan Oleh Pengusaha Sukses

Jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses, Anda harus tahu apa saja teori-teori bisnis yang terbukti berhasil. Teori bisnis tersebut dapat dijadikan sebagai bekal pengetahuan yang akan memudahkan Anda dalam menjalankan sebuah usaha. Sebagai pengusaha, Anda harus punya pola pikir yang cerdas, selalu fokus pada startegi bisnis, bersedia menerima kritik dan saran, serta mau menyerap informasi untuk bisa terus berinovasi.

1.     Kegagalan Menjadi Sebuah Awal Kesuksesan

kegagalan awal kesuksesan

kegagalan awal kesuksesan

Dalam menjalankan bisnis, wajar bila Anda merasakan kegagalan. Hampir semua pengusaha sukses pernah merasakan pahitnya kegagalan. Namun mereka tidak mudah menyerah saat mengalami kegagalan tersebut. Mereka justru menjadikan kegagalan sebagai pemacu semangat untuk bisa bangkit kembali. Kegagalan dijadikan sebagai pelajaran berharga hingga mereka menemukan cara yang lebih baik dalam menjalankan usahanya. Hingga akhirnya mereka bisa bangkit dan meraih kesuksesan  yang besar.

2.     Hambatan Merupakan Sebuah Tantangan

Salah satu dari teori-teori bisnis yang terbukti berhasil dan telah banyak diterapkan oleh pengusaha sukses adalah menjadikan hambatan sebagai sebuah tantangan baru. Hal ini membuat mereka berpikir lebih kreatif bagaimana menemukan solusi yang inovatif.

Baca juga : 10 Ide Bisnis Kecil yang Mendatangkan Uang di Tahun 2020

3.     Kedisiplinan Adalah Sebuah Gaya Hidup

Untuk bisa menjadi seorang pengusaha yang sukses, Anda dapat mencontoh para pengusaha yang telah menjadikan kedisiplinan sebagai sebuah gaya hidup. Kedisiplinan mungkin menjadi hal yang memberatkan bagi sebagian orang. Namun bagi para pengusaha sukses, kedisiplinan adalah suatu hal yang tidak bisa dilepaskan dari keseharian mereka. Untuk menjadikan kedisiplinan sebagai gaya hidup, Anda harus tahu apa tujuan yang diinginkan dan Anda harus bersedia meluangkan pikiran dan tenaga untuk mencapai tujuan tersebut.

4.     Terus Bergerak dan Bertindak

Agar bisa menjadi pengusaha yang berhasil, Anda harus menerapkan teori-teori bisnis yang terbukti sukses. Salah satunya adalah dengan terus bergerak dan bertindak agar bisnis bisa berjalan dengan baik. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah terlena meski bisnis tersebut telah mencapai puncak kesuksesan. Seorang pengusaha yang sukses akan terus menerus bergerak dan bertindak untuk mengantisipasi agar bisnis tersebut tidak mengalami kegagalan.

5.     Miliki Reputasi Untuk Menguasai Pasar

Salah satu dari teori-teori yang terbukti berhasil adalah Anda harus punya reputasi yang baik untuk menguasai pasar. Menguasai pasar artinya Anda dipercaya sebagai pemasok barang oleh para pedagang lainnya. Dengan memiliki reputasi yang baik, tentu saja akan mudah bagi Anda mendapat kepercayaan dari pasar.

6.     Mengenali Kemampuan Sendiri

Pengusaha yang sukses pasti punya kecerdasan dan cara berpikir yang berbeda dari kebanyakan orang. Salah satunya adalah mengenali kemampuan diri sendiri. Dengan mengenali kemampuan diri sendiri, Anda akan punya rasa percaya diri untuk menjalankan sebuah bisnis.

7.     Bekerja Untuk Meraih Tujuan

Setiap orang pasti punya impian. Namun pengusaha yang sukses tak hanya sekadar punya impian. Mereka mau bergerak dan bekerja untuk meraih apa yang menjadi tujuan. Pengusaha yang sukses berusaha mencari langkah-langkah guna mencapai tujuan yang diinginkan. Setelah satu tujuan berhasil dicapai, mereka akan menentukan tujuan-tujuan lain yang lebih besar.

8.     Tidak Sekadar Berharap

Agar bisa sukses menjalankan sebuah bisnis, Anda tidak bisa hanya sekadar mengharapkan sesuatu terjadi dengan sendirinya. Anda harus menyadari bahwa harapan tetap akan menjadi harapan jika tidak ada usaha untuk mewujudkannya. Dengan memiliki pemikiran yang semacam ini, Anda akan punya semangat untuk mengubah situasi dan kondisi sehingga Anda dapat mewujudkan harapan tersebut. Karena itulah, hal ini menjadi salah satu dari teori-teori bisnis yang terbukti berhasil dan harus Anda coba terapkan.

Baca juga : Profil Pengusaha Erick Thohir Sekaligus Menteri BUMN Paling Inspiratif

9.     Jangan Takut Salah

Seorang pengusaha yang sukses tentu saja pernah membuat sebuah kesalahan dalam mencapai kesuksesan dalam bisnisnya. Mereka tidak takut untuk membuat suatu kesalahan, karena bagi mereka kesalahan justru merupakan proses belajar yang bisa mendewasakan mereka. Namun, mereka tidak akan mengulang kesalahan yang sama berulang kali. Mengulang kesalahan yang sama menjadi pertanda bahwa Anda tidak pernah belajar dari kesalahan.

10. Pesaing Merupakan Bahan Pembelajaran

Jangan anggap pesaing sebagai ancaman dalam menjalankan sebuah usaha. Para pengusaha yang sukses justru menganggap pesaing sebagai bahan pembelajaran. Dengan begitu, mereka dapat meneliti lebih jauh bagaimana cara mengembangkan bisnis tersebut. Mereka juga dapat membandingkan apa yang sudah mereka lakukan dengan yang telah dilakukan oleh para pesaingnya.

11. Tak Hanya Kerja Keras, Tapi Harus Kerja Cerdas

Untuk bisa sukses dalam berbisnis, Anda tak hanya cukup bekerja keras, tapi Anda juga harus bisa kerja cerdas. Kerja cerdas artinya Anda harus memanfaatkan akal dan ilmu pengetahuan. Orang yang bisa bekerja cerdas ternyata lebih mampu memperhitungkan resiko dan memanfaatkan peluang untuk mencapai kesuksesan.

12. Perbanyak Investasi

Para pengusaha yang sukses tidak akan merasa bangga pada keuntungan yang mereka dapatkan. Justru mereka merasa lebih puas saat berhasil memperbanyak investasinya. Investasi di sini bukan hanya sekadar materi saja, namun juga wawasan, ilmu pengetahuan, mitra, hingga kemampuan diri. Dengan begitu, bisnis tersebut dapat semakin berkembang.

Itulah teori-teori bisnis yang terbukti berhasil yang telah banyak diterapkan oleh pengusaha sukses. Dengan menerapkan berbagai hal tersebut diharapkan Anda akan lebih mampu menghadapi hambatan dalam menjalankan sebuah usaha. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam mencapai kesuksesan.

 

12 Teori Bisnis ini Terbukti Berhasil Diterapkan Oleh Pengusaha Sukses | Malik | 4.5
error: Content is protected !!