Peralatan Buat Youtuber Gaming Pemula dengan Harga Terjangkau

Sejak beberapa tahun terakhir, konten YouTube gaming menjadi salah satu konten yang paling banyak diakses di seluruh dunia. Bahkan selama 2020 kemarin, konten gaming memecahkan rekor 100 miliar jam tayang. Tak heran jika banyak youtuber yang beralih ke konten gaming untuk mendapatkan lebih banyak views dan subscriber.

Peralatan buat youtuber gaming

Peralatan buat youtuber gaming

Konten YouTube gaming juga diprediksi akan bertahan menjadi yang paling banyak diminati, terlebih di tengah kondisi pandemi seperti sekarang. Oleh karena itu, belum terlambat bagi Anda yang ingin membuat channel YouTube gaming. Namun pastikan Anda sudah menyiapkan beberapa peralatan buat youtuber gaming untuk menunjang kualitas konten Anda. Tenang saja, kami akan merekomendasikan peralatan dengan harga yang terjangkau sehingga cocok bagi youtuber pemula.

Peralatan Youtuber Gaming Pemula dengan Harga Terjangkau

Ada banyak youtuber gaming terkenal di Indonesia yang mengawali karirnya dengan peralatan sederhana. Sebut saja Reza Oktovian, MiawAug, Dylan Pros, dan masih banyak lagi. Setidaknya hal itu membuktikan bahwa peralatan yang Anda butuhkan untuk memulai channel YouTube gaming tidak harus mahal. Dan berikut ini beberapa peralatan buat youtuber gaming pemula yang perlu Anda miliki:

1. PC Gaming

Untuk menjadi youtuber gaming, tentu saja Anda membutuhkan PC atau laptop yang mumpuni. Tapi sayangnya sejauh ini laptop gaming memiliki harga relatif mahal sehingga pilihan terbaik jatuh pada PC gaming. Anda bisa merakit PC gaming dengan budget kurang dari Rp 3 juta rupiah dan sudah bisa melakukan streaming konten.

Setidaknya pilihlah komponen PC yang memadai untuk memainkan game-game berat. Seperti prosesor minimal Intel Core i3 generasi 7 ke atas, RAM minimal 8GB, GPU seri 1050 ke atas, dan penyimpanan SSD.

2. Mikrofon

Peralatan buat youtuber gaming pemula yang selanjutnya adalah mikrofon. Fungsi mikrofon memegang peran penting dalam meningkatkan kualitas konten YouTube Anda. Dengan mikrofon yang berkualitas, maka konten gaming akan menghasilkan audio yang lebih dinamis bagi penonton.

Harga mikrofon juga sangat bervariasi, mulai dari Rp 75 ribu sampai jutaan rupiah. Namun untuk permulaan Anda bisa menggunakan mikrofon dengan harga sekitar Rp 200 ribuan agar kualitasnya tidak mengecewakan.

3. Web Cam atau Kamera

Ada dua opsi yang bisa Anda gunakan untuk merekam diri Anda saat memainkan game, yaitu dengan web cam atau kamera biasa. Jika menggunakan web cam, Anda bisa menekan budget karena rata-rata harga web cam bisa didapat kurang dari Rp 1 juta. Sedangkan untuk kamera profesional harga terbaik yang bisa And dapat ada di angka Rp 2-3 juta untuk unit bekas.

Namun tenang saja, apabila Anda ingin menekan budget, Anda bisa menggunakan kamera smartphone. Sudah banyak aplikasi Android maupun iOs yang memungkinkan Anda menghubungkan smartphone sebagai kamera web cam yang terhubung ke PC atau laptop.

4. Software Editing

Peralatan buat youtuber gaming yang tak kalah penting adalah software editing. Pastikan Anda sudah menginstal software editing di PC Anda. Fungsinya tentu saja untuk menyatukan video Anda dan video dari game yang dimainkan. Selain itu, software ini juga bisa membantu Anda untuk mengedit dan menambahkan berbagai elemen dalam konten video tersebut.

Editing yang menarik akan membuat video Anda tidak membosankan untuk ditonton. Tambahkan berbagai elemen seperti stiker, efek suara, background musik, hingga berbagai gambar dan video lain di dalam konten Anda. Proses editing yang kreatif juga bisa membuat video Anda berbeda dari youtuber lain sehingga memberi karakter tersendiri.

5. Green Screen

Selain beberapa peralatan buat youtuber gaming di atas, Anda juga membutuhkan green screen atau layar hijau. Untuk menekan budget, silahkan beli kain berwarna hijau dengan ukuran yang disesuaikan. Setelah itu letakkan kain di belakang Anda agar nantinya bisa ditambahkan efek visual lewat layar hijau tersebut.

Green screen akan membuat tampilan video lebih menarik, bahkan youtuber besar sekelas PewDiePie saja masih menggunakannya. Lewat green screen Anda bisa mengatur apakah ingin menambahkan background atau justru menghapusnya. Jika Anda menghapus background, maka Anda bisa tampil di video tanpa background dan hanya bagian tubuh yang diinginkan saja.

Baca juga : Tips Membuat Konten YouTube untuk Pemula Modal Hp Doang

6. Headset dan Kursi Gaming

Jika semua peralatan buat youtuber gaming tersebut sudah Anda miliki, maka kini saatnya berinvestasi pada headset dan kursi gaming. Sebagai permulaan, Anda tidak memerlukan headset dengan harga mahal, cukup beli yang kualitasnya lumayan dengan tampilan dinamis ala gaming. Umumnya harga headset gaming dengan kualitas menengah berada di kisaran Rp 100-500 ribu.

Sedangkan kursi gaming tidak wajib Anda beli saat merintis channel YouTube. Anda bisa membelinya ketika channel tersebut sudah berkembang dan menghasilkan pendapatan yang lumayan. Harga kursi gaming termurah saat ini bisa Anda dapat di kisaran Rp 1,5-3 juta.

Demikianlah beberapa informasi yang bisa kami bagikan seputar peralatan buat youtuber gaming dengan harga terjangkau yang perlu Anda miliki, semoga bermanfaat!

Peralatan Buat Youtuber Gaming Pemula dengan Harga Terjangkau | Malik | 4.5
error: Content is protected !!