5 Cara Memulai Usaha Bakso dan Mie Ayam Agar Laris

Cara memulai usaha bakso dan mie ayam – Bakso dan mie ayam ini menjadi peluang bisnis yang sangat potensial, karena banyak yang menyukai mie ayam dan bakso tersebut. Terlebih lagi di cuaca dingin seperti saat ini bakso dan mie ayam menjadi masakan idola yang mana bisa menghangatkan tubuh yang dingin. Meski begitu membuka bisnis bakso dan mie ayam ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Alasannya adalah banyak sekali kompetitor yang sudah menggeluti bisnis yang sama dan sudah dilakukan selama beberapa tahun. Untuk bisa bersaing dengan mereka tentu saja diperlukan terobosan dan cara-cara inovatif yang mana bisa membuat usaha mie dan bakso Anda bisa bersaing dengan kompetitor. Bagi Anda yang tertarik menggeluti bisnis ini, simak cara memulai usaha bakso dan mie ayam yang harus Anda pertimbangkan berikut ini:

Lokasi

Usaha Bakso dan Mie Ayam

Usaha Bakso dan Mie Ayam

Ketika Anda ingin terjun ke dalam bisnis bakso dan mie ayam, pemilihan lokasi ini sangatlah penting dilakukan. Tempat lokasi yang bisa Anda pilih adalah yang strategis dimana banyak digunakan oleh orang untuk lalu lalang misalnya pinggir jalan, dekat tempat wisata, atau Anda juga bisa membuka bisnis ini di dekat kampus atau sekolahan yang mana banyak mahasiswa atau mahasiswi yang mencari makanan untuk makan siang atau makan sore.

Inti dari lokasi mie ayam dan bakso ini adalah pilih tempat yang memiliki potensi besar yang bisa menarik konsumen untuk berdatangan. Jaga lokasi Anda agar tetap bersih dan nyaman sehingga konsumen tidak akan merasa risih untuk makan di tempat Anda tersebut. Yang harus Anda ingat adalah selezat-lezatnya bakso dan mie ayam yang Anda buat jika tempatnya kumuh dan tidak nyaman konsumen akan berpikir dua kali untuk datang kembali ke lokasi bisnis Anda.

Cita Rasa

Cara memulai usaha bakso dan mie ayam selanjutnya adalah jaga cita rasa agar selalu enak. Dalam bisnis kuliner, masalah rasa ini menduduki peringkat nomor satu begitu pula dengan usaha mie ayam dan bakso. Anda harus melakukan riset selera pasar terlebih dahulu soal cita rasa ini. Cara melakukan riset adalah dengan mengetahui jenis bakso dan mie ayam seperti apa yang disukai oleh konsumen. Ciptakanlah resep-resep baru yang mana akan membuat cita rasa mie ayam dan bakso menjadi lebih spesial.  Jangan lupa untuk melakukan inovasi karena dengan menu-menu baru tersebut Anda akan bisa mendapatkan konsumen lebih banyak. Meski begitu jangan lupa untuk mengedepankan cita rasa.

Kebersihan

Selain melakukan inovasi, Anda juga harus menjaga kebersihan dari produk yang Anda tawarkan tersebut. Saat menyajikan bakso atau mie ayam Anda harus menjaga Higienitas. Jangan lupa kecap, bakso, dan sambal yang ada di atas meja harus terjaga kebersihannya. Hindarkan kecap dan sambal dari semut maupun lalat yang suka hinggap di tempat-tempat yang kurang higienis. Jika sudah tidak digunakan ada baiknya Anda menutup botol kecap dan sambal tersebut agar tidak dihinggapi oleh lalat. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus menjaga peranti makan. Peranti makan ini mencakup meja, piring, sendok, supit, dan lain sebagainya.

Pelayanan

Cara memulai usaha bakso dan mie ayam selanjutnya adalah berikanlah pelayanan yang prima. Percuma saja mie ayam dan bakso yang diberikan memiliki cita rasa enak namun pelayanan yang diberikan tidak menyenangkan. Jangan lupa memberikan senyum, salam, dan sapa kepada konsumen yang datang agar mereka puas dengan pelayanan yang diberikan.

Mie Ayam dan Bakso Sehat

Usaha Bakso dan Mie Ayam

Usaha Bakso dan Mie Ayam

Selain beberapa tips yang disebutkan di atas ada poin penting yang harus Anda perhatikan agar mie ayam dan bakso yang Anda kelola ini mendapatkan respons yang luar biasa dari konsumen. Buatlah mie ayam sehat tanpa micin, jika kurang sedap Anda bisa memberikan micin alami dari ekstrak jamur atau micin alami lainnya. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus menjamin bahan yang Anda gunakan bebas pengawet berbahaya seperti boraks dan formalin. Untuk menghindari issue bakso babi dan lain sebagainya sebaiknya Anda bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk menjamin kesehatan dari daging yang Anda gunakan sebagai bahan bakso.

Analisis Modal

Selain mengetahui cara memulai usaha bakso dan mie ayam hal yang harus Anda ketahui selanjutnya adalah analisis modal.  Berikut ini adalah analisis modal yang harus Anda ketahui:

No Nama Biaya
1 Peralatan makan Rp150,000
2 Peralatan minum Rp250,000
3 Gerobak Rp1,000,000
4 Peralatan Produksi Rp2,000,000
TOTAL Rp3,400,000

Untuk estimasi pendapatan misalkan dalam sehari terjual 30 porsi mie ayam dengan harga Rp8.000 maka dalam sehari Rp240.000. Sedangkan bakso yang terjual ada 20 porsi dengan harga Rp10.000 maka dalam sehari Anda akan mendapatkan Rp200.000. Total pendapatan Rp440.000, dalam sebulan pendapatan Rp13.200.000.

Jangan berhenti untuk melakukan inovasi dan memberikan promosi agar konsumen tidak bosan datang ke usaha Anda. Semoga beberapa cara memulai usaha bakso dan mie ayam di atas bermanfaat bagi Anda.

5 Cara Memulai Usaha Bakso dan Mie Ayam Agar Laris | Malik | 4.5
error: Content is protected !!