Tips Membuat Konten YouTube untuk Pemula Modal Hp Doang

Kehadiran YouTube dengan berbagai konten yang menarik dan bervariasi memang menghibur. Bahkan konten kreator di YouTube jumlahnya juga sangat banyak. Mulai dari youtuber tekno, otomotif, olahraga, hiburan, musisi, dan lain sebagainya. Tapi tahukah Anda kalau kebanyakan dari youtuber terkenal dulunya membuat konten video dengan alat seadanya? Ya, banyak di antara mereka yang mulai menjadi youtuber bermodal hp saja.

Bagi Anda yang saat ini ingin menjadi youtuber pun tidak perlu ragu walaupun hanya bermodalkan hp. Apalagi sekarang sudah banyak hp yang dibekali dengan kamera beresolusi tinggi. Gambar yang ditampilkan juga jernih dan cukup untuk menghibur audiens lewat channel YouTube Anda. Tapi sebelum itu pastikan Anda sudah membaca ulasan di bawah ini karena kami akan membagikan tips membuat konten YouTube untuk pemula modal hp.

Tips Membuat Konten YouTube Bermodalkan Hp

Tips Membuat Konten YouTube Bermodalkan Hp

Kualitas kamera hp sejatinya sudah mumpuni untuk membuat konten YouTube yang dapat dinikmati orang banyak. Hanya saja untuk mengoptimalkan hasilnya, Anda perlu melakukan beberapa hal, yaitu:

1. Investasi di Lighting

Dalam salah satu sesi wawancara di channel YouTube Chandra Liow, ia pernah menegaskan bahwa seorang youtuber pemula sebaiknya berinvestasi di lighting. Menurut youtuber dengan jumlah subscriber lebih dari 2,8 juta itu menyampaikan bahwa lighting adalah komponen yang lebih penting dibanding kamera.

Baginya, sebuah video akan terlihat lebih berkualitas apabila terlihat jernih. Asalkan lighting yang digunakan sudah baik maka hasil rekaman kamera hp juga bisa terlihat profesional. Namun apabila Anda masih belum memiliki budget untuk membeli lighting, maka Anda bisa menggunakan cahaya alami dari matahari. Usahakan untuk merekam video di tempat yang cukup cahaya dan terang.

2. Stabilitas Video

Tips membuat konten YouTube untuk pemula bermodal hp adalah memastikan video stabil. Tidak semua kamera hp dilengkapi dengan optikal stabilisasi sehingga Anda perlu menggunakan alat tambahan seperti tripod. Penggunaan tripod juga bisa memudahkan Anda untuk melakukan perekaman seorang diri. Anda hanya perlu meletakkan hp di tripod lalu merekamnya dari kamera utama sehingga hasil video bisa lebih baik.

Sedangkan pengambilan video yang bergerak mengikuti objek, Anda membutuhkan gimbal untuk mendapat hasil yang stabil. Beberapa produsen saat ini cukup banyak yang menjual stabiliser gimbal dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 400 – 600 ribu.

3. Perhatikan Kualitas Audio

Merekam video dengan hp memberi tantangan sendiri dalam urusan audio. Hasil perekaman audio hp umumnya tidak sebagus perekaman kamera profesional. Oleh karena itu Anda membutuhkan mic tambahan saat merekam dengan hp.

Sebaiknya Anda membeli mic wireless yang bisa dikoneksikan dengan bluetooth. Penggunaan mic wireless akan membantu Anda untuk mengambil video dengan jarak yang lumayan jauh. Anda juga bisa leluasa bergerak dibanding menggunakan mic yang terhubung dengan kabel.

Dengan audio yang keras dan jernih, penonton akan lebih mudah mendapat informasi lewat video Anda. Bahkan kualitas audio bisa berpengaruh pada jumlah subscriber. Menurut survei YouTube, video dengan kualitas audio yang baik lebih mudah mendapat impresi dan subscribe dari para viewers.

4. Perencanaan Konten

Apabila semua alat-alat sudah siap, maka sekarang mulailah melakukan perencanaan konten. Tips membuat konten YouTube untuk pemula modal hp yang satu ini sangat penting dilakukan agar konsistensi unggahan Anda terjaga.

Rencanakan pembuatan konten setidaknya untuk 1 bulan ke depan. Buatlah draf atau konsep dari konten yang akan dibuat untuk minggu pertama hingga minggu keempat. Setelah itu barulah Anda mulai bisa mengeksekusi rencana sesuai target.

Selain itu, dalam tahap perencanaan ini juga masih ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan, seperti:

  • Konten pertama harus berkualitas dan mampu menunjukkan siapa Anda untuk memberi kesan pertama yang baik dengan penonton.
  • Durasi video konten pertama sebaiknya tidak lebih dari 15 menit agar penonton tidak bosan.
  • To the point dan jangan bertele-tele.

Baca juga : 5 Tips Membuat Konten YouTube yang Menarik dan Viral

5. Editing Video

Tips membuat konten YouTube untuk pemula modal hp yang selanjutnya adalah mengedit video. Proses editing bisa dilakukan dari hp lewat beberapa aplikasi, seperti Kine Master atau Vn editor. Dalam proses editing sebaiknya Anda tidak menambahkan elemen yang tidak perlu. Cukup lakukan editing sederhana untuk memastikan konten berjalan dengan baik dan tidak ada bagian video yang bertele-tele.

Anda juga bisa menambahkan beberapa elemen seperti logo, teks, color grading, dan berbagai hal lainnya yang dibutuhkan. Saat mengedit konten pastikan Anda juga melakukan pemeriksaan ulang sebelum mengunggahnya di YouTube untuk menghindari kesalahan proses editing.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan bagaimana cara membuat konten YouTube untuk pemula modal hp yang baik dan benar? Kalau begitu langsung saja praktikkan tips di atas dan mulailah mengunggah konten pertama Anda.

 

Tips Membuat Konten YouTube untuk Pemula Modal Hp Doang | Malik | 4.5
error: Content is protected !!