Yuk Intip Cara Memulai Usaha Sayur Organik Seperti Bob Sadino

Memulai usaha sayur organik seperti Bob Sadino – Banyak pebisnis yang memulai dan membangun bisnisnya dari nol. Namun pebisnis legend yang selalu memikat hati adalah Bob Sadino. Banyak yang tidak mengira jika Bob yang hanya lulusan SMA ini bisa sukses. Ada beberapa bisnis yang digeluti Bob dengan sukses, seperti Kem Chicks Bob, Kem Food, selain itu Bob juga memulai bisnis sayuran organik dan hydroponic yang diberikan nama Kem Farm.

Untuk bisa sukses berbisnis sayur organik Anda bisa mencontoh usaha yang telah dilakukan oleh Almarhum Bob Sadino tersebut. Terlebih lagi saat ini sayur organik memiliki banyak peminat karena lebih sehat terutama untuk anak-anak dan kandungan gizi yang tinggi. Untuk memulai bisnis ini Anda harus menyiapkan modal yang cukup, karena modalnya tidak sedikit, barulah Anda bisa melakukan beberapa cara memulai usaha sayur organik seperti Bob Sadino seperti berikut ini:

Siapkan Lokasi

Cara memulai usaha sayur organik seperti Bob Sadino yang bisa Anda lakukan pertama adalah siapkan lokasi. Karena memberlakukan sistem hydroponic maka Anda tidak memerlukan lokasi yang terlalu luas namun yang harus Anda lakukan adalah menjaga mutu air dan juga cahaya matahari. Sayur hydroponic ini harus terkena cahaya matahari sehingga sayuran tersebut bisa berfotosintesis.

Siapkan Media Tanaman

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah siapkan media tanam. Meski tanpa menggunakan media tanah tanaman hydroponic ini tetap membutuhkan media tanam sebagai tempat tumbuh dan menyerap nutrisi. Jenis material media tanam yang bisa dipilih adalah Rockwool, hydro gel, sabut kelapa, pasir halus, pecahan batu bata, dan lain sebagainya. Anda bisa membelinya di toko pertanian.

Persiapkan Alat-Alat yang Dibutuhkan

Hal yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah persiapkanlah alat-alat yang dibutuhkan untuk menanam hydroponic tersebut misalnya saja adalah pipa paralon, pH  meter, netpot, sumbu panel, dan beberapa alat lainnya yang dibutuhkan sesuai dengan sistem hydroponic yang Anda terapkan.

Persiapan Bibit

Cara memulai usaha sayur organik seperti Bob Sadino yang sangat penting untuk diperhatikan adalah jenis sayur yang akan Anda tanam. Sebagai pemula tentunya Anda tidak bisa menanam berbagai macam sayuran sekaligus karena risiko kegagalan yang tinggi. Anda bisa memulainya dengan menyemai bibit yang memang banyak peminatnya. Untuk Bob Sadino sendiri menanam beberapa tanaman sesuai dengan target pasarnya. Karena Kem Farm ini fokusnya menyasar pasar Jepang dan orang asing, sayuran yang ditanam adalah terung Jepang, jagung manis, lobak, paprika, dan juga ubi manis. Banyak khasanah sayuran Eropa dan Jepang yang di kenalkan Bob untuk negara Indonesia ini.

Anda bisa memulainya dengan sayur-sayuran hijau terlebih dahulu seperti bayam, kangkung, selada, dan lain sebagainya. Untuk penyemaian bibit ini Anda membutuhkan Rockwool, benih, tusuk gigi dan juga pinset. Anda bisa memotong Rockwool sesuai dengan netpot, rendam di air namun jangan sampai terendam semuanya, buat lubang dengan menggunakan pinset, setelah itu susun rapi ditempat yang sejuk, siram setiap pagi dan sore hari, dalam waktu kurang lebih 4 hari benih akan pecah dan mulai tumbuh tunas, siram sampai benih tersebut muncul daun. Setelah itu pindahkan ke media tanam yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

Pemberian Pupuk Alami

Sayur organik diberikan pupuk alami dan tidak menggunakan pupuk kimia sedikitpun. Oleh sebab itu jika Anda ingin menggeluti bisnis ini pastikan memiliki akses untuk mendapatkan pupuk alami. Bisa saja Anda mendapatkannya di toko pertanian namun harga yang dibebankan ini cukup mahal sehingga biaya operasional akan membengkak.

Penanganan Hama

Ilmu perawatan sayuran organik ini berbeda dengan yang konvensional. Yang berbeda adalah penanganan hamanya. Yang harus Anda ketahui adalah saat terkena hama Anda tidak boleh menyemprotkan pestisida namun harus menggunakan bahan alami untuk menanganinya seperti menggunakan ramuan dari cabai, jahe, dan lain sebagainya.

Target Pasar

Yang penting diperhatikan untuk memulai usaha sayur organik seperti Bob Sadino adalah Anda harus memiliki target pasar. Saat sayur itu nanti dipanen akan dipasarkan kemana, yang akan membelinya siapa, dan lain sebagainya. Sejak memulai bisnis Kem Farm, Bob sudah memiliki pemikiran jika dia akan mengekspor sebagian hasil produksinya tersebut ke pasar Jepang, selain itu sebagian lagi produksinya untuk memenuhi permintaan orang asing yang ada di sekitar kompleksnya.

Jaringan Pemasaran

Untuk bisa membangun jaringan yang bisnis dan pemasaran yang bagus Bob ini memiliki sikap periang dan peramah kepada semua orang. Hal inilah yang membuat Bob mudah untuk menarik konsumen. Sikap seperti inilah yang sudah seharusnya dimiliki oleh pebisnis. Selain itu untuk jaringan pemasarannya Anda bisa menjualnya sendiri atau bisa juga dengan menjalin kerja sama dengan supermarket, restoran, maupun rumah tangga. Jika hasilnya bagus Anda bisa membangun supermarket sendiri yang menjual hasil produksi panen Anda.

Analisis Permintaan

Tips yang terakhir adalah analisis lah permintaan. Permintaan konsumen ini kadang berubah sehingga dengan melakukan analisis yang tepat Anda bisa mengetahui dan mencukupi kebutuhan mereka. Jika tidak bisa memenuhi permintaan sendiri tidak ada salahnya Anda menggaet atau bekerja sama dengan petani sayur organik hydroponic lainnya dengan panenan yang bagus.

Demikianlah beberapa cara memulai usaha sayur organik seperti Bob Sadino yang menarik disimak, semoga informasi ini bermanfaat.

Yuk Intip Cara Memulai Usaha Sayur Organik Seperti Bob Sadino | Malik | 4.5
error: Content is protected !!