Terapkan 6 Langkah Melakukan Analisa Pasar Agar Profit Besar

Langkah melakukan analisa pasar – Salah satu hal yang sangat penting di dalam bisnis adalah melakukan analisa pasar. Pasar ini menjadi tempat dimana Anda akan mempromosikan bisnis Anda. Pasar di era seperti saat ini sangat luas tidak hanya mencakup yang bisa dilihat oleh mata saja, namun juga ada yang tidak terlihat mata. Jika dulu pasar identik dengan pasar modern dan pasar tradisional, lingkup pasar dalam bisnis saat ini akan lebih luas lagi.

Arti pasar saat ini adalah tempat yang di dalamnya terdapat kelompok konsumen yang mana menjadi sasaran promosi atau pendekatan perusahaan agar mereka mau membeli produk yang dijual. Mengapa analisa pasar ini penting? Hal itu dikarenakan di dalam pasar tersebut terdapat target pasar yang nantinya akan menjadi sasaran promosi Anda.

Melakukan Analisa Pasar

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menganalisa pasar ini. Salah dalam melakukan analisa hanya akan membuat bisnis Anda tidak berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah beberapa langkah melakukan analisa pasar yang bisa Anda lakukan:

  1. Menentukan pasar

Sebelum Anda melakukan analisa pasar, hal pertama yang dilakukan adalah menentukan pasar yang relevan terlebih dahulu. Yang dimaksud dengan pasar relevan adalah rangkaian produk atau jasa di dalam struktur pasar produk total yang dinilai oleh pihak manajemen perusahaan penting dan juga strategis. Dalam penentuan pasar relevan ini ada dua langkah pokok yang bisa dilakukan, pertama pihak manajemen berusaha menggambarkan dan mendefinisikan pasar terlebih dahulu. Yang kedua adalah manajemen harus menggambarkan struktur produk bersama dengan batas pasar relevan.

  1. Menganalisa permintaan primer untuk pasar relevan

Langkah melakukan analisa pasar selanjutnya adalah dengan menganalisis permintaan primer untuk pasar relevan. Permintaan ini mencakup level kelas produk. Di dalam langkah yang kedua ini manajemen perusahaan harus berusaha menggambarkan profil atau karakteristik pembeli, paham akan faktor yang berpengaruh dalam proses pembelian untuk semua merek dan juga produk di dalam pasar relevan. Kata lainnya manajemen mampu melakukan diagnosis siapa saja yang membeli dan non pembeli di dalam pasar relevan ini supaya tidak salah dalam membeli produk.

  1. Permintaan selektif

Lakukan analisis permintaan selektif terhadap suatu merek atau pemasok spesifik dalam pasar relevan. Di dalam menganalisis permintaan selektif tersebut, manajemen hanya perlu fokus pada pemahaman atas pilihan merek produk. Untuk melakukannya, bisa memperhatikan kebiasaan-kebiasaan para pembeli dan pola pembeliannya harus diketahui, setelah itu menerapkan strategi segmentasi pasar.

  1. Segmen pasar

Langkah melakukan analisa pasar selanjutnya menetapkan segmentasi. Di dalam langkah ini manajemen harus bisa dalam mengelompokkan konsumen ke dalam segmen yang anggotanya memiliki respons yang sama untuk pemasaran yang spesifik. Ketentuan dalam segmentasi pasar ini adalah harus mudah dijangkau sehingga proses pemasarannya lebih efektif. Tidak hanya itu saja, segmentasi pasar haruslah mudah di ukur dan juga sesuai dengan kelayakan pemasar. Jika segmen yang dipilih ini banyak kendalanya maka proses pemasaran tidak bisa berjalan lancar.

  1. Persaingan

Langkah melakukan analisis selanjutnya dengan menilai persaingan. Persaingan tidak boleh diabaikan. Manajemen harus mampu melakukan penilaian terhadap produknya sendiri dibandingkan dengan produk milik dari kompetitor. Hal ini menjadi cara yang cukup efektif untuk bisa mengetahui kemampuan pesaing.

  1. Identifikasi target pasar

Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah identifikasi target pasar. Tujuan penting dari analisa pasar adalah mengetahui siapa yang menjadi target pasar Anda. Dengan mengetahui target pasar yang tepat, produk akan tepat sasaran dan produk Anda akan menjadi lebih diterima sehingga daya jualnya sangat tinggi.

Tujuan dan Keuntungan

Tidak hanya langkah melakukan analisa pasar saja yang harus Anda ketahui namun tujuan dan keuntungan melakukan analisa pasar ini pun juga penting diketahui. Ada beberapa tujuan utama mengapa Anda harus melakukan analisa pasar. Yang pertama adalah lebih mengenal lingkungan pasar, lebih mengenal tipe-tipe pasar, mengetahui karakteristik pasar secara lebih jelas, siap dalam menghadapi pesaing, bisa melaksanakan kebijakan dalam pemasaran, bisa membuat program di dalam bidang pemasaran, dan yang terakhir adalah lebih mengenal ciri pasar.

Kesalahan Riset Pasar

Ada beberapa kesalahan dalam analisa pasar yang wajib Anda hindari. Kesalahan-kesalahan ini akan menyebabkan marketing Anda kurang maksimal. Kesalahan yang sering terjadi adalah tidak jelas apa yang di analisis dan juga sumber referensi yang kurang jelas. Analisis atau riset pasar mewajibkan perusahaan mengetahui secara jelas informasi seperti apa yang ingin didapatkan, siapa saja yang akan ditemui, dan metode apa yang akan perusahaan lakukan. Semua pertanyaan ini mesti dijawab dengan benar untuk menunjang hasil penelitian yang valid.

Ketika poin tersebut tidak didapatkan dengan benar maka bisa dipastikan bahwa hasil analisis tidak objektif dan akurat. Referensi juga akan menunjang hasil analisis. Referensi atau sumber rujukan dibutuhkan perusahaan dalam mengembangkan proses pemasaran dan manajemen jangan sala mengambil sumber karena menyebabkan hasil analisis salah.

Demikianlah beberapa langkah melakukan analisa pasar yang penting untuk diketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Terapkan 6 Langkah Melakukan Analisa Pasar Agar Profit Besar | Malik | 4.5
error: Content is protected !!