Peluang Usaha Bengkel Motor, Cara Memulai dan Estimasi Keuntungannya

Peluang usaha bengkel motor – Kepemilikan kendaraan bermotor setiap harinya meningkat. Hal itu dikarenakan kendaraan motor ini bebas macet berbeda dengan mobil. Selain itu alasan mengapa kepemilikan motor meningkat adalah saat seseorang sudah bisa bekerja dan menghasilkan pendapatan sendiri banyak yang kemudian menginvestasikan uangnya untuk membeli motor baik secara cash atau kredit. Melihat hal tersebut banyak usaha yang bermunculan berhubungan dengan sepeda motor tersebut seperti jasa modifikasi sepeda motor, pencucian motor, dan yang paling banyak dibutuhkan adalah bengkel motor.

Peluang Usaha Bengkel

Peluang Usaha Bengkel

Bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis potensial bisa menggeluti bisnis bengkel motor. Usaha ini banyak dibutuhkan karena untuk membuat performa motor stabil dan juga menghindari kerusakan yang tidak di inginkan. Kerusakan pada motor akan menyebabkan kerugian financial dimana biaya penggantian spare part atau onderdilnya mahal belum lagi biaya servicenya. Selain itu untuk kendaraan motor yang digunakan untuk menempuh perjalanan jauh setiap harinya membutuhkan perawatan yang rutin agar mesin tidak cepat rusak, membuat laju motor mulus dan tetap nyaman. Hal tersebutlah yang membuat mengapa peluang usaha bengkel motor di tahun ini tetap potensial. Peluang ini akan tetap prospektif selama masih banyak masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor tersebut.

Hambatan

Daftar Peluang Usaha Bengkel

Daftar Peluang Usaha Bengkel

Meski peluang usaha bengkel motor ini menggiurkan, tetap saja ada hambatan yang harus Anda hadapi saat menggeluti bisnis ini. Hambatannya adalah Anda harus bersaing dengan kompetitor tidak hanya dengan bengkel motor pribadi saja namun juga bersaing dengan bengkel motor konvensional resmi. Sebut saja merek Honda, Yamaha, Suzuki, dan lain sebagainya memiliki bengkel resminya masing-masing. Tentu hal tersebut akan menjadi kompetitor yang sulit bagi Anda. Meski begitu Anda tidak perlu risau atau khawatir karena Anda masih bisa menyasar masyarakat menengah bawah yang mana lebih memilih untuk service di tempat biasa karena harga yang lebih terjangkau. Hambatan ini justru menjadi tantangan bagi Anda untuk bisa memberikan servicer terbaik kepada konsumen Anda.

Cara Memulai

Tidak hanya peluang usaha bengkel motor saja yang harus Anda perhatikan, namun cara memulai usaha bengkel motor ini pun harus Anda perhatikan. Alasannya peluang yang bagus tanpa diimbangi dengan cara memulai yang benar akan membuat hasilnya menjadi tidak sesuai dengan harapan.  Cara memulai yang pertama adalah Anda harus menentukan jenis servis seperti apa yang akan Anda layani. Untuk bengkel ini spesialisasi ada banyak yaitu servis ringan, servis berat, custom builder, dan lain sebagainya. Secara umum sebuah bengkel harus bisa melakukan reparasi atau servis. Anda harus bisa memiliki skill permesinan dan tahu bagaimana cara memperbaiki motor yang rusak. Untuk mendapatkan skill ini Anda bisa mempelajarinya secara otodidak atau dengan belajar di bangku formal maupun informal.

Cara selanjutnya lokasi yang strategis. Lokasi ini tidak bisa diganggu gugat karena dengan lokasi yang strategis bengkel Anda akan bisa mudah terlihat konsumen.  Selain itu lokasi yang strategis akan memudahkan Anda untuk mencari konsumen dibandingkan dengan lokasi yang tidak sering dilalui oleh kendaraan. Agar bengkel motor nyaman, Anda membutuhkan lokasi yang luas. Di tempat bisnis tersebut bisa digunakan untuk menampung beberapa kendaraan sekaligus, selain itu sediakan ruang tunggu yang nyaman agar konsumen tidak bosan saat menunggu kendaraannya di servis yang mana waktunya tidak sebentar.

Cara terakhir adalah promosi dan evaluasi. Sebenarnya jika hasil kerja sang mekanik bagus konsumen akan datang kembali dengan sendirinya, meski begitu promosi ini tetap dibutuhkan. Anda bisa melakukan promosi dengan cara online maupun offline agar bisa menarik minat masyarakat lebih banyak lagi. Evaluasi ini juga penting untuk mengetahui apakah bisnis yang dijalankan sudah memiliki performa yang maksimal. Evaluasi juga harus melibatkan konsumen. Anda perlu mendengarkan suara konsumen untuk mengetahui bagaimana bisnis Anda di mata mereka.

Modal dan Biaya Operasional

Salah satu hal yang tidak boleh untuk Anda lupakan saat akan menggeluti bisnis bengkel motor ini adalah modal dan biaya operasional. Kekurangan modal hanya akan membuat bisnis Anda macet di tengah jalan. Modal awal yang harus Anda keluarkan kurang lebih 10 juta rupiah. Biaya tersebut digunakan untuk membeli peralatan bengkel yang dibutuhkan dan juga untuk renovasi tempat bisnis. Untuk biaya operasional per bulan kurang lebih 2,5 juta rupiah dimana biaya tersebut digunakan  untuk membayar biaya listrik dan telepon, membayar sewa tempat, menggaji karyawan, pembelian oli maupun spare part yang habis, dan lain sebagainya.

Keuntungan

Peluang usaha bengkel motor yang prospektif akan memberikan keuntungan yang besar. Untuk menghitung analisa keuntungan usaha bengkel motor dengan menghitung jumlah service per harinya, selain itu menghitung keuntungan dari penjualan spare part. Misal dalam sehari Anda bisa service 10 sepeda motor dengan biaya 50 ribu maka dalam sehari penghasilan 500 ribu, hal itu ditambah dengan penjualan spare part sehari 70 ribu maka dalam sebulan penghasilan Anda 17,1 juta rupiah.

Dengan penghasilan ini Anda sudah bisa mencapai BEP dan menutup biaya operasional. Supaya keuntungan lebih besar Anda perlu mempertahankan performa bisnis Anda dan terus berusaha memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.

Demikianlah peluang usaha bengkel motor yang tetap prospektif dan analisa keuntungannya, semoga informasi ini bermanfaat.

Peluang Usaha Bengkel Motor, Cara Memulai dan Estimasi Keuntungannya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!