Intip Potensi Bisnis Kerupuk Rambak Bagi Pemula

Kerupuk rambak merupakan salah satu potensi bisnis yang cukup berkembang. Bagi pebisnis pemula kerupuk rambak dapat dijadikan contoh referensi bisnis yang menguntungkan.Bisnis bidang kuliner ini memiliki prospek yang sangat bagus mengingat proses produksinya yang relatif mudah dengan modal yang dikeluarkan tidak terlampau banyak. Kerupuk rambak sendiri merupakan salah satu komoditas konsumsi yang cukup banyak ditemui di berbagai rumah makan. Banyak hidangan yang cocok untuk disantap bersama dengan kerupuk rambak karena cita rasanya yang khas dan gurih.

Peluang Pasar Bisnis Kerupuk Rambak

Kerupuk rambak mentah cukup mudah ditemui di berbagai toko, pasar, swalayan dan sejenisnya. Proses produksinya yang relatif mudah dan sederhana membuat harga kerupuk rambak yang dijual di pasaran relatif terjangkau sehingga banyak kalangan masyarakat mampu menikmatinya. Dilihat dari jumlah peminat dan permintaannya bisnis kerupuk rambak hingga saat ini masih menjadi salah satu bisnis pemula yang cukup menjanjikan. Dengan beberapa persiapan dasar yang matang seorang pebisnis pemula dapat merambah bisnis kerupuk rambak dengan optimal dan memperoleh keuntungan darinya.

Persiapan dasar bagi seorang pebisnis pemula dalam menjalankan bisnis kerupuk rambak yang pertama adalah dengan menemukan pasar atau lokasi strategis untuk menawarkan dan menjual kerupuk rambak. Target pasar yang dituju bisa di warung-warung makan kecil hingga besar, pasar tradisional hingga penjual makanan keliling misalnya penjual bakso, mie ayam dan sebagainya.

Sektor yang perlu diperhatikan dalam memulai bisnis kerupuk rambak bagi pemula adalah perencanaan penjualan, produksi, lokasi produksi dan perencanaan keuangan. Hal lain yang tak kalah penting adalah dengan menerapkan sistem ATM (Amati Tiru dan Modifikasi). Anda bisa mengamati produk kompetitor dan cari tahu apa yang membuat produk mereka lebih disukai konsumen, apakah karena pengemasannya, kualitasnya yang tidak gampang expired atau karena citra rasanya dan sebagainya.

Baca juga : Intip Potensi Bisnis Kerupuk Rambak Bagi Pemula

Perencanaan Usaha

Bagi seorang pebisnis pemula, bisnis kerupuk rambak dapat dengan mudah dijalankan dari rumah sebagai lokasi usaha dan tempat produksi. Tempat dan lokasi usaha bagi pemula dengan modal terbatas dapat dimulai dari rumah sebagai langkah untuk menekan biaya produksi. Setelah melakukan perencanaan lokasi hingga layout usaha, seorang pengusaha pemula dapat melakukan perencanaan bahan, stok dalam satu periode produksi, dan perencanaan keuangan.

Dalam merencanakan keuangan kemudian dijabarkan secara terperinci mengenai analisa aset yang dibutuhkan serta jangka waktu penggunaannya, analisa pengeluaran baik untuk peralatan hingga bahan baku, biaya operasional dalam satu periode. Keseluruhan aspek tersebut kemudian dijumlahkan menjadi total biaya operasional.

Setelah merencanakan pengeluaran maka dilanjutkan dengan merencanakan estimasi penjualan dalam satu periode. Total biaya operasional yang dikurangi dengan total estimasi pemasukan kemudian akan menjadi jumlah laba usaha kerupuk rambak anda.

Formulasi Laba  = (total biaya operasional bulanan) – total pendapatan bulanan

bulanan

Total Operasional Bulanan = biaya tetap (penyusutan) + biaya variabel (bahan baku)

Total Pendapatan Bulanan = estimasi penjualan per bulan x harga jual

Estimasi balik modal dapat diperhitungkan dengan formulasi sebagai berikut:

Balik Modal = Total Investasi / Laba bulanan

Perencanaan keuangan yang matang perlu dilakukan agar usaha kerupuk rambak dapat memperoleh balik modal dengan optimal dan efisien. Pada dasarnya harga jual per bungkus dan estimasi penjualan harian akan sangat menentukan nilai keuntungan atau laba yang akan diperoleh. Semakin tinggi harga jual maka semakin cepat pula lama balik modal usaha apabila penjualan harian selalu memenuhi target.

Namun pada realitanya harga jual perlu dipertimbangkan dengan matang agar tetap terjangkau dari pesaing. Sehingga perlu dilakukan survey terlebih dahulu terhadap harga produk kerupuk rambak lainnya yang sudah beredar di pasaran. Semakin terjangkau harga suatu produk dengan kualitas  sama baik maka produk tersebut akan lebih diminati pembeli. Itulah beberapa persiapan dan perencanaan mendasar dalam memulai bisnis kerupuk rambak bagi pengusaha pemula.

Baca juga : Peluang Usaha Kerupuk Bawang di Indonesia

Intip Potensi Bisnis Kerupuk Rambak Bagi Pemula | Malik | 4.5
error: Content is protected !!