6 Tips Memulai Bisnis Percetakan Undangan Paling Profit

Tips memulai bisnis percetakan undangan – Meskipun banyak yang mengatakan usaha percetakan undangan adalah usaha musiman namun nyatanya bisnis percetakan undangan masih banyak diminati. Penyebabnya adalah konsumen atau target pasarnya sangat luas. Selama masih ada orang yang menikah dan membutuhkan undangan maka selama itu pula bisnis ini akan potensial digeluti.

Banyak yang membutuhkan acara resepsi syukuran mulai dari syukuran nikah, ngunduh mantu, khitanan, acara ulang tahun sampai dengan syukuran kelahiran anak dimana semuanya menggunakan dan membutuhkan undangan. Konsep undangan sendiri sangat luas sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Bagi Anda yang tertarik untuk menggeluti bisnis ini, ada beberapa Tips memulai bisnis percetakan undangan yang bisa Anda lakukan berikut ini:

Siapkan Modal dan Peralatan

Estimasi keuntungan

Estimasi keuntungan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan modal dan juga peralatannya. Modal untuk membuka bisnis percetakan undangan pun tidak terlalu besar yaitu kurang lebih 5 juta rupiah saja. Dengan modal tersebut Anda bisa membeli PC, printer multifungsi, meja, rak, dan juga kursi. Selain itu Anda juga harus melengkapinya dengan jaringan internet.  Komputer yang harus Anda miliki ini harus bisa mengoperasionalkan aplikasi desain grafis yang mana bisa Anda gunakan untuk merancang desain undangan yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Tempat

Bisnis percetakan undangan

Bisnis percetakan undangan

Setelah Anda berhasil menyiapkan modal, hal yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah menyiapkan tempat. Siapkanlah tempat yang strategis dan mudah dijangkau dengan berbagai macam kendaraan. Anda juga bisa menjadikan rumah Anda sebagai kantor untuk produksi undangan ini.

Untuk ruangannya Anda bisa mengaturnya secara menarik dimana Anda bisa meletakkan komputer atau PC Anda di atas meja, selain itu letakkanlah printer pada tempatnya, letakkan contoh undangan atau katalog di posisikan dengan baik dan layak seperti ruang kantor pada umumnya. Jika memungkinkan Anda bisa memajang semua contoh undangan secara rapi dan menawan pada rak maupun lemari kaca atau etalase. Buat ruangan yang rapi dan menarik agar klien yang berkunjung menjadi nyaman dan betah berlama-lama di tempat tersebut.

Strategi

Tips memulai bisnis percetakan undangan yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah strategi. Tidak semua proses pengerjaan udangan bisa untuk Anda lakukan sendiri. Dibutuhkan keterlibatan orang lain atau usaha lain untuk bisa menjalankan bisnis Anda secara maksimal. Bisnis yang besar bukanlah bisnis yang didirikan dan dijalankan seorang diri namun mereka yang bisa membangun mitra dan jaringan bisnis yang lebih luas dengan merangkul perusahaan lain atau orang lain untuk ikut bekerja sama.

Sebagai contohnya adalah Anda bisa bekerja sama dengan supplier penyedia bahan undangan, bekerja sama dengan toko souvenir pernikahan karena undangan dan souvenir ini adalah dua hal yang saling berhubungan. Jika ada mitra atau konsumen Anda yang membutuhkan souvenir pernikahan Anda bisa menghubungi mitra Anda tersebut begitu pula sebaliknya jika konsumen souvenir undangan ada yang membutuhkan undangan maka mereka akan menghubungi Anda.

Harga yang Kompetitif

Tips memulai bisnis percetakan undangan yang tidak boleh untuk dilewatkan adalah dengan memberikan harga yang kompetitif. Tanpa memberikan harga yang kompetitif ini  bisnis Anda bisa tersaingi dengan kompetitor. Anda harus melakukan riset terlebih dahulu untuk bisa menemukan harga yang tepat.

Promosi

Usaha tanpa promosi tidak akan lengkap. Dengan promosi ini Anda akan bisa mempercepat proses penjualan. Promosi bisa dilakukan dengan dua cara yang pertama adalah online dan yang kedua adalah offline. Untuk promosi offline Anda bisa menggunakan banner, brosur, dan juga kartu nama. Untuk promosi online Anda bisa menggunakan sosial media seperti Facebook dan Instagram.

Social Media

Social Media

Anda juga bisa membuat website yang profesional untuk bisa mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih baik lagi. Dengan menggunakan website tersebut konsumen  bisa  mengenal bisnis Anda lebih jauh terutama tentang profil bisnis Anda, apa yang Anda tawarkan, visi dan misi, siapa yang pernah menjadi konsumen Anda, dan lain sebagainya. Anda bisa menjadikan website tersebut sebagai media untuk melakukan digital marketing.

Action dengan Sebaik-Baiknya

Tips memulai bisnis percetakan undangan yang terakhir adalah dengan melakukan action sebaik-baiknya. Setelah semua cara dilakukan Anda hanya tinggal mempersiapkan diri dan juga mental Anda. Yang paling penting dari bisnis ini adalah lakukan pekerjaan Anda sebaik-baiknya saat Anda mendapatkan pesanan udangan tersebut. Buatlah konsumen Anda puas dengan hasil kerja Anda, dengan begitu bisnis Anda akan mudah menyebar dengan pesat karena ketika ada teman atau saudara konsumen Anda ingin membuat undangan mereka akan merekomendasikan untuk membuatnya ke tempat Anda. Minta DP minimal 50% dari total biaya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Keuntungan Usaha

Analisa keuntungan usaha dari bisnis percetakan undangan ini memang sangat menggiurkan karena memang pembuatan undangan tidak pernah eceran. Anda bisa membuat minimal order untuk pembuatan undangan ini. Misalnya Anda mendapatkan pesanan undangan 50 pcs setiap harinya dimana harga per undangan adalah 7 ribu rupiah maka dalam sebulan Anda akan mendapatkan bruto 10,5 juta rupiah.

Agar hasil bisnis Anda maksimal dan selalu kebanjiran orderan lakukanlah Tips memulai bisnis percetakan undangan yang disebutkan di atas dengan konsisten, tekun, dan sungguh-sungguh dan jangan lupa untuk terus berinovasi untuk bisa menciptakan desain undangan yang baik.

6 Tips Memulai Bisnis Percetakan Undangan Paling Profit | Malik | 4.5
error: Content is protected !!