Iklan di Facebook Ads vs Iklan di Google Adwords, Mana yang Lebih Efisien?

Apakah Anda penasaran iklan di Facebook Ads vs iklan di Google Adwords mana yang lebih efisien? Di tengah kemajuan teknologi saat ini kedua platform tersebut memang biasa dijadikan sebagai media advertising untuk mencapai visibilitas, meningkatkan prospek penjualan, dan menemukan pelanggan baru.

Kedua platform advertising tersebut sama-sama mampu menggiring pengunjung untuk melihat iklan yang dipasang. Jadi, dengan memanfaatkan dua media pengiklanan berbayar tersebut, Anda tidak perlu lagi beriklan dengan cara-cara konvensional seperti membagikan brosur di jalan, memasang iklan di koran, ataupun menempelkan poster di tembok-tembok. Lalu, media pengiklanan mana yang efisien untuk digunakan? Facebook Ads atau Google Adwords?

Apa itu Facebook Ads dan Google Adwords?

  1. Facebook Ads

Untuk menjawab rasa peanasaran Anda mengenai iklan di Facebook Ads vs iklan di Google Adwords mana yang lebih efisien, maka terlebih dahulu Anda harus mengetahui apa itu Facebook Ads. Facebook Ads merupakan media pengiklanan berbayar yang disediakan oleh salah satu media sosial terpopuler di dunia, yakni Facebook. Dengan besarnya jumlah pengguna aktif di seluruh dunia, Facebook menjadi  sangat kompetitif dan berpotensi untuk mendatangan keuntungan dari berbagai bisnis digital advertising strategy.

Baca juga : Pengertian Facebook Ads dan Kunci Sukses Memanfaatkannya

Sebagai media sosial dengan jumlah pengguna terbesar di dunia, Facebook menjadi media bersosialisasi banyak orang setiap harinya secara virtual. Tingginya jumlah pengguna inilah yang bisa dimanfaatkan pelaku bisnis untuk menciptakan efek viral terhadap bisnis yang dijalankannya. Melalui Facebook Ads, Anda bisa lebih leluasa untuk menentukan target dari iklan yang Anda pasang berdasarkan pengaturan usia, status, bahasa, dan negara.

Meski demikian, layanan pengiklanan berbayar ini hanya dapat dilihat oleh orang-orang yang menggunakan Facebook. Sayangnya, masih banyak orang yang belum punya akun Facebook sehingga iklan tersebut hanya bisa dilihat oleh pengguna aktif saja.

  1. Google Adwords

Anda juga perlu mengetahui apa itu Google Adwords agar bisa mengetahui iklan di Facebook Ads vs iklan di Google Adwords mana yang lebih efisien. Google Adwords atau Google Ads adalah advertising yang dibuat oleh perusahaan situs mesin pencarian terbesar di dunia, Google. Para pengguna mengasumsikan bahwa adwords merupakan pencarian berbayar atau paid search. Dengan platform pengiklanan ini, Anda bisa lebih fokus pada penargetan kata kunci atau keywords serta penggunaan iklan berbasis teks. Untuk melihat iklan yang Anda pasang, pengunjung tidak harus login ke Google sehingga akan lebih menjangkau lebih banyak orang untuk membuka mesin pencarian ini.

Google Adwords juga punya kelemahan tersendiri. Jika terdapat iklan yang mencurigakan, maka iklan tersebut secara permanen akan di-banned oleh Google Adwords. Jadi, Anda harus ekstra hati-hati dalam memasang iklan di platform yang satu ini.

Persamaan Facebook Ads dengan Google Adwords

Secara garis besar, persamaan antara Facebook Ads dengan Google Adwords adalah keduanya sama-sama platform pengiklanan online yang dapat membantu para pemilik bisnis untuk meningkatkan penjualan bisnisnya. Melalui kedua advertising platform ini para pemilik usaha akan lebih mudah dalam menjalankan strategi digital marketing  dan memperoleh pelanggan sesuai target pasar.

Perbedaan Facebook Ads dengan Google Adwords

Meski kedua platform ini punya persamaan, namun untuk bisa menentukan iklan di Facebook Ads vs iklan di Google Adwords mana yang lebih efisien, maka Anda juga harus mengetahui perbedaan antara keduanya. Pada Facebook Ads, iklan akan ditampilkan berdasarkan informasi target audiens yang telah Anda isi seperti misalnya minat, perilaku, demografi, koneksi, lokasi, samai pada lingkup pertemanan yang Anda miliki.  Sementara itu, Google Adwords menampilkan iklan berdasarkan kata kunci yang telah Anda targetkan.

Jika dibandingkan dengan Google Adwords, Facebook Ads bisa dianggap sebagai pelopor “Paid Social” dan menjadi bagian utama dari strategi digital marketing. Kehadiran Facebook Ads mampu menyempurnakan dan meningkatkan solusi periklanan beberapa tahun belakangan ini. Dengan menggunakan platform pengiklanan ini Anda dapat memperoleh pelanggan baru melalui ketertarikan dengan bisnis Anda berdasarkan kemiripan dari pelanggan potensial Anda (Look a Like Audience).

Sementaa itu, Google Adwords menawarkan dua jaringan pencarian, yakni search network dan display network. Search network mencangkup keseluruhan Google sebagai mesin pencarian. Sedangkan, display network memungkinkan pengiklan untuk melakukan penawaran dengan sebuah tampilan gambar atau dalam bentuk visual seperti banner. Dengan menggunakan Google Adwords, Anda akan lebih mudah mendapatkan berbagai macam format iklan, mengetahui level bisnis Anda, dan memberikan pengalaman berdasarkan pada strategi yang Anda gunakan.

Baca juga :  Pengertian Google Adword Cara Daftar dan Keuntungan yang Diperoleh

Kesimpulan

Lantas, iklan di Facebook Ads vs iklan di Google Adwords mana yang lebih efisien? Sebenarnya kedua layanan iklan tersebut memiliki kekuatan yang besar dalam dunia advertising. Keduanya sama-sama mampu membantu pemilik bisnis dalam menjangkau audiens secara luas dan meningkatkan penjualan.

Ada baiknya jika Anda menggunakan kedua layanan iklan ini secara bersamaan untuk lebih meningkatkan value pada brand bisnis Anda. Namun, jika Anda ingin menggunakan salah satunya saja maka Anda harus mempertimbangkan kembali apa model bisnis yang Anda jalankan, pemasaran seperti apa yang tepat, serta berapa budget yang Anda punya untuk memulai promosi secara digital.

 

Iklan di Facebook Ads vs Iklan di Google Adwords, Mana yang Lebih Efisien? | Malik | 4.5
error: Content is protected !!