Pengertian Facebook Ads dan Kunci Sukses Memanfaatkannya

Pengertian Facebook Ads mungkin sudah diketahui oleh banyak orang. Hal ini karena Facebook Ads menjadi salah satu layanan atau jasa pengiklanan yang dimiliki oleh jejaring sosial Facebook. Seperti yang kita tahu, setiap orang saat ini memanfaatkan media sosial seperti Facebook sebagai wadah untuk berinteraksi dengan orang-orang yang mereka kenal tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Sebagai media sosial yang memiliki paling banyak pengguna, Facebook pun meluncurkan sebuah layanan pengiklanan bernama Facebook Ads. Layanan tersebut ditujukan untuk orang-orang yang berkecimpung di dunia bisnis dengan tujuan mengiklankan atau memperkenalkan produk mereka. Dengan adanya layanan tersebut,  maka langkah promosi produk dapat berjalan dengan lebih mudah dan dapat menjangkau siapa saja.

Memahami Tentang Layanan Periklanan Facebook Ads

Facebook Ads

Setelah memahami sedikit ulasan di tas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian Facebook Ads atau Iklan Facebook adalah sebuah fitur yang ditawarkan oleh Facebook dengan tujuan mengiklankan produk tertentu pada laman Facebook. Uniknya, pengguna Facebook Ads dapat menentukan seberapa luas jangkauan iklan dapat dipromosikan.

Selain itu, demografis pengguna pun dapat dipilih dengan mudah agar iklan tersebut tepat sasaran. Dengan kata lain, Facebook Ads diperuntukkan bagi setiap orang yang bergerak di bidang bisnis atau mereka yang ingin agar laman website memiliki trafik yang banyak.

Cara Kerja Facebook Ads

Iklan Facebook atau Facebook Ads merupakan jenis iklan yang dapat menjangkau target pengunjung hingga 1 miliar pengguna Facebook yang tersebar di seluruh dunia. Pada Facebook Ads, para pengiklan harus memiliki fan page Facebook sebagai sarana melakukan promosi terhadap produk mereka.

Cara kerjanya, ketika Anda mengiklankan produk dengan menggunakan Facebook Ads, maka pengguna akun Facebook lain akan memberikan like ataupun komentar pada fan page tersebut. Dalam penyusunan iklan, para pengiklan dapat memilih spesifik usia pengguna Facebook yang ingin dibidik.

Beberapa contoh pengaturan Facebook Ads yang dapat disesuaikan adalah pengguna Facebook yang sesuai dengan tempat tinggal/geografis, usia, jenis kelamin, hal yang disukai, hingga pendidikan. Setelah itu, pengiklan akan menentukan berapa besaran biaya serta banyaknya target akun yang dapat melihat iklan tersebut. Dengan begitu, maka biaya harian pun dapat disesuaikan dengan mudah.

Potensi Keuntungan Menggunakan Facebook Ads di Indonesia

Sekedar informasi, meskipun Facebook Ads merupakan produk dari Amerika, namun nyatanya lebih dari 80% pengguna Facebook setiap harinya datang dari luar Amerika Serikat. Untuk Indonesia, hingga sekarang masih menempati peringkat ke-4 sebagai pengguna Facebook terbanyak di dunia. Setidaknya total pengguna Facebook di Indonesia hingga saat ini adalah 47.165.080 pengguna.

Hal tersebut tentu saja memberikan keuntungan tersendiri bagi para pengiklan yang menargetkan iklan mereka di Indonesia. Terlebih pihak Facebook selalu melakukan peningkatan layanan mereka setiap tahunnya.

Bagi Anda yang suka berbisnis, tentu saja ini adalah peluang yang sangat menggiurkan dan tak boleh dilewatkan begitu saja. Sebagai negara yang memiliki jumlah pengguna Facebook lebih dari 47 juta, maka semua iklan yang ditampilkan dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen atau hanya sekedar visitor harian website yang ingin dipromosikan.

Bahkan jika dibandingkan dengan layanan pengiklan dari Google, yakni Google Adwords, maka Facebook Ads dapat dikatakan lebih unggul. Mengapa? Hal ini karena mayoritas masyarakat Indonesia lebih sering menghabiskan waktu untuk menjelajah media sosial dibandingkan dengan googling di website. Di samping itu, pengaturan untuk penargetan pengguna Facebook dinilai lebih spesifik jika dibandingkan dengan Google Adwords sehingga target pasar pun dapat lebih baik sesuai dengan harapan Anda.

Kunci Sukses Menggunakan Facebook Ads

Setelah memahami tentang pengertian Facebook Ads, Anda juga harus menguasai bagaimana memanfaatkan layanan Facebook tersebut secara tepat. Tujuannya tentu saja untuk menarik pengunjung lebih banyak iklan yang sedang Anda promosikan. Untuk itu, setidaknya terdapat 4 kunci sukses dalam menggunakan Facebook Ads. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Memahami Karakter Target Audience

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Facebook Ads memiliki kemampuan dalam menentukan dan membidik target audience dengan spesifik. Dalam hal ini, Anda dapat mempertimbangkan tentang demografi, geografi, kebiasaan atau hal yang disukai oleh pengguna Facebook, dan lain sebagainya.

Contohnya ketika Anda ingin mengiklankan produk jas pengantin pria dengan harga 10 – 15 juta Rupiah per set. Lokasinya ada di daerah Bandung dan Jakarta. Maka, tentukan karakter atau target audience yang tepat. Apabila melihat dari contoh tersebut, maka target audience untuk iklan tersebut adalah:

  1. Berjenis kelamin pria
  2. Berusia 24 – 35 tahun
  3. Lokasi di Bandung dan Jakarta
  4. Memiliki ketertarikan terhadap beberapa hal seperti bridal, wedding magazine, wedding, wedding ring, wedding photography, dan sebagainya
  5. Pengguna yang memiliki kebiasaan membuka Facebook dari smartphone ataupun IOS

Dengan begitu, maka Anda pun dapat mencari orang yang paling tepat dengan kemungkinan besar untuk membeli produk tersebut.

2. Membuat Iklan yang Menarik untuk Audience

Kunci sukses yang selanjutnya adalah tentang bagaimana cara membuat iklan yang menarik perhatian target audience Anda. Seperti yang kita tahu, terdapat 2 unsur penting yang harus diperhatikan untuk iklan yakni teks dan gambar. Dua hal tersebut harus mampu menarik pengguna Facebook untuk mengunjungi iklan atau situs Anda.

Bayangkan saja apabila Anda hanya menggunakan kata-kata standar atau biasa dengan gambar yang seadanya pula. Tentu saja para pengguna Facebook tidak akan tertarik untuk mengunjungi iklan tersebut. Oleh karena itu, Anda harus mampu membuat sebuah iklan yang menarik demi memperoleh efek viral.

3. Memanfaatkan Fitur-Fitur Facebook Ads

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya tentang pengertian Facebook Ads, layanan ini juga memiliki banyak sekali fitur menarik yang dapat dimanfaatkan untuk menjaring pengunjung. Beberapa di antaranya adalah:

  • Custom Audience

Jika Anda memiliki email dari para customers sebelumnya, maka Anda dapat memanfaatkan fitur Custom Audience untuk membagikan iklan Anda pada mereka. Caranya yakni memasukkan email tersebut pada list target audience iklan.

  • Retargeting

Fitur menarik selanjutnya adalah retargeting. Fitur yang satu ini dapat membidik ulang para pengguna Facebook yang pernah mengunjungi situs Anda dari iklan. Dengan begitu, maka mereka dapat kembali melihat iklan baru Anda.

  • Conversion Tracking

Fitur yang satu ini dapat mengetahui jumlah orang yang membeli produk Anda melalui media Facebook Ads. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui banyaknya pengguna Facebook yang hanya sekedar mengisi formulir pendaftaran ataupun pemesanan produk yang Anda iklankan.

  • Lookalike Audience

Fitur paling baru dari Facebook Ads ini dapat mencari target audience baru sesuai dengan target audience yang pernah Anda bidik sebelumnya.

Dengan berbagai fitur menarik di atas, maka tugas Anda sekarang adalah mencari cara untuk mengoptimasi iklan agar dapat berjalan dengan lebih baik demi mencapai omset tinggi dari Facebook Ads. Selain itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa Facebook Ads adalah jenis layanan pengiklanan yang paling tepat, bahkan jika dibandingkan dengan Google Adwords sekalipun.

Demikian sedikit ulasan mengenai pengertian Facebook Ads dan kunci sukses dalam menjalankannya, semoga bermanfaat.

Pengertian Facebook Ads dan Kunci Sukses Memanfaatkannya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!