Pengertian Google Adword Cara Daftar dan Keuntungan yang Diperoleh

Pengertian Google Adword – Google adword adalah sebuah jasa periklanan yang diberikan oleh pihak Google dengan cara menampilkan bentuk promosi website atau produk tertentu pada setiap laman situs dan mesin pencari. Layanan yang satu ini memang dapat memberikan keuntungan yang sangat besar mengingat Google dapat menampilkan iklan tersebut sesuai dengan target pengunjung yang Anda inginkan. Atau setidaknya sesuai dengan tema tertentu yang diusung oleh sebuah website.

Ketika Anda menggunakan Google Adword, ada hal penting yang juga harus diperhatikan adalah terkait kata kunci terhadap adword atau yang biasa disebut dengan keyword adword. Penentuan kata kunci tersebut akan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap pencarian yang dilakukan oleh pengguna internet.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Google Adword

Apabila melihat pengertian Google Adword di atas, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa layanan atau jasa periklanan yang diberikan oleh Google tersebut memberikan banyak sekali keuntungan bagi website. Dengan begitu, maka statistik pengunjung website Anda pun akan naik drastis karena jangkauan periklanan yang dilakukan oleh Google sangat luas, bahkan mencapai seluruh dunia.

Mengenai metode pembayaran, Anda dapat melakukan pembayaran di muka sebelum menerima klik atau kunjungan dari target audience. Nominal pembayaran tersebut akan dikurangi ketika iklan yang ditampilkan berhasil menarik perhatian user untuk mengklik dan mengunjungi situs Anda. Dengan kata lain, semakin banyak pengunjung yang mengklik iklan, semakin besar pula biaya yang harus disediakan untuk Google Adword.

Iklan yang ingin Anda tampilkan dengan layanan Google Adword akan segera berjalan setelah melalui beberapa tahapan. Selain itu, iklan tersebut hanya dapat muncul begitu Anda melakukan deposit pada saldo Google Adword Anda. Namun apabila saldo pada akun Google Adword Anda habis, maka secara otomatis penayangan iklan tersebut akan berhenti. Umumnya, ketika saldo pada akun Google Adword telah habis, pihak Google akan mengirimkan email pemberitahuan agar Anda segera mengisi saldo kembali.

Keuntungan Menggunakan Layanan Google Adword

Keuntungan menggunakan Google Adword

Setelah mengetahui tentang pengertian Google Adword, hal penting lain yang harus Anda ketahui adalah mengenai keuntungan apa saja yang dapat diperoleh dengan layanan iklan yang satu ini. Setidaknya terdapat beberapa keuntungan begitu Anda melakukan pemasangan iklan melalui Google Adword. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pengiklan dapat Mengatur Iklannya Sendiri

Keuntungan menggunakan Google Adword adalah Anda sebagai pengiklan dapat mengatur dan membuat iklan sendiri. Hal ini karena Google Adword memberikan kesempatan terhadap setiap pengiklan yang ingin melakukan modifikasi atau memberikan sentuhan lain terhadap iklan yang nantinya ditampilkan di mesin pencari. Dengan begitu, maka Anda tak perlu lagi khawatir bahwa iklan yang ditampilkan tidak sesuai dengan harapan.

Meski demikian, bagi Anda yang belum mempersiapkan apapun terkait iklan, tak perlu khawatir. Google Adword juga menyediakan tampilan iklan default atau iklan standar yang sesuai dengan website atau produk yang ingin dipromosikan.

2. Biaya yang Terjangkau

Apabila dibandingkan dengan layanan iklan yang lain, biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan Google Adword dinilai lebih terjangkau. Penilaian terhadap terjangkaunya biaya pengiklanan tersebut dibandingkan dengan efektivitas pemasangan iklan. Dengan jangkauan yang sangat luas, yakni seluruh dunia, maka iklan tersebut dapat dilihat oleh siapa saja.

3. Iklan yang Tertarget

Salah satu alasan mengapa seseorang ingin memasang iklan adalah agar target audience dapat terbidik sesuai dengan harapan. Misalnya ketika Anda ingin mengiklankan produk sepatu, tentunya target audience yang paling tepat dalam hal ini adalah seseorang berusia 18 – 40 tahun, berdomisili di sekitar tempat Anda, dan memiliki hobi atau ketertarikan terhadap fashion khususnya pada sepatu. Dengan begitu, maka potensi penghasilan yang dapat Anda peroleh akan semakin besar.

4. Pembayaran yang Sesuai dengan Hasil Iklan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Google Adword hanya akan meminta pembayaran apabila ada pengunjung yang tertarik dan mengklik iklan Anda. Hal ini tentunya menjadi sangat adil mengingat Anda pun dapat melihat kinerja dan efektivitas dari iklan yang Anda pasang. Di samping itu, sistem ini tak akan memberatkan para pengiklan.

5. Dapat Dimanfaatkan oleh Siapa Saja

Keuntungan lain yang diberikan oleh Google Adword adalah layanan ini bebas digunakan oleh siapa saja, baik untuk perusahaan bisnis berskala besar ataupun bagi Anda yang ingin memperkenalkan website baru pada pengguna Google. Hal ini dipengaruhi oleh biaya atau tarif rendah yang diterapkan oleh Google Adword sehingga siapapun dapat mendapatkan manfaatnya.

Cara Mendaftar Google Adword

Anda telah mengetahui pengertian Google Adword dan apa saja keuntungan yang diberikan. Pada ulasan selanjutnya, Anda akan diajak untuk memahami tentang cara daftar Google Adword. Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkan jenis layanan periklanan dari Google ini. Adapun cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Membuat Akun Google Adword

Langkah pertama adalah Anda harus memiliki akun Google Email atau Gmail. Jika Anda telah mempunyai Gmail, maka Anda sudah dapat mendaftar di Google Adword. Sedangkan apabila Anda belum memilikinya, silahkan buat akun Gmail terlebih dahulu.

2. Kunjungi Laman Google Adword

Setelah memiliki akun Gmail, langkah selanjutnya adalah dengan mengunjungi situs Google Adword. Anda dapat memasukkan kata pencarian ‘Google Adword’ di mesin pencari atau dengan mengunjungi URL berikut https://adwords.google.com. Jika sudah, maka silahkan klik tombol ‘Start Now’ atau ‘Mulai Sekarang’ yang berwarna biru. Letaknya ada di bagian pojok kiri laman.

3. Klik ‘Skip the Guide Setup’

Selanjutnya, akan muncul tampilan persyaratan pengguna. Anda hanya perlu klik ‘I Agree’ dan ikuti langkah selanjutnya. Apabila muncul tampilan pop up lain, silahkan pilih ‘Skip the Guide Setup’ agar Anda tak perlu lagi mengikuti proses pembuatan iklan untuk pertama kali.

4. Masukkan Informasi Akun

Jika sudah, langkah selanjutnya adalah memasukkan informasi lengkap terkait akun Anda. Pada laman ini, Anda harus memasukkan alamat email, negara, zona waktu, serta mata uang yang akan digunakan nantinya. Pada langkah ini sebaiknya Anda isikan data tersebut dengan benar agar pihak Google lebih cepat memverifikasi akun Anda.

Setelah semuanya terisi, silahkan klik ‘Save and Continue’. Jika muncul pemberitahuan dari Google Adword yang menyatakan bahwa email Anda sudah digunakan, maka Anda dapat memasukkan alamat Gmail Anda yang lainnya.

5. Pembuatan Akun Google Adword Telah Selesai

Jika semua langkah-langkah di atas sudah dilakukan, maka pembuatan akun Google Adword Anda telah selesai. Biasanya Google akan mengirimkan email notifikasi dan mengarahkan Anda pada halaman dasar Google Adword. Tampilannya adalah sebagai berikut:

Semua langkah mudah di atas tentunya dapat dilakukan oleh siapa saja. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut dari awal hingga akhir, Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam mendaftarkan diri pada Google Adword. Semoga ulasan mengenai pengertian Google Adword, kelebihan, dan cara daftar di atas bermanfaat bagi Anda.

Pengertian Google Adword Cara Daftar dan Keuntungan yang Diperoleh | Malik | 4.5
error: Content is protected !!