8 Ide Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga Modal Minim

Ide usaha sampingan untuk ibu rumah tangga – Menjadi seorang ibu rumah tangga nyatanya tidak akan menghalangi Anda untuk terus berkarya. Di tengah-tengah kesibukan mengurus keluarga, Anda bisa mencoba merintis usaha sendiri. Agar tidak dipusingkan dengan masalah modal, Anda bisa mencari peluang usaha yang minim modal.

Dengan mengembangkan jiwa entrepreneur, nantinya Anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan yang bisa digunakan untuk membantu menopang perekonomian keluarga. Berikut ini beberapa ide bisnis sampingan yang cocok untuk dijalankan oleh ibu rumah tangga:

1.     Laundry

Laundry

Membuka usaha laundry bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang bisa dicoba oleh para ibu rumah tangga. Untuk menjalankan bisnis ini, Anda perlu menyiapkan beberapa peralatan untuk mencuci dan menyetrika pakaian. Tak ada keterampilan khusus yang diperlukan untuk bisa membuka usaha yang satu ini.

Peluang usaha ini cukup menjanjikan karena sekarang jasa laundry semakin dibutuhkan oleh banyak orang. Beberapa kalangan masyarakat mulai dari mahasiswa, karyawan kantoran, maupun pasangan suami istri yang sama-sama sibuk bekerja sering memakai jasa laundry.

Baca juga : Memulai Usaha Laundry Skala Besar dan Analisa Usahanya

2.     Jasa Penulis Online

Penulis artikel

Penulis artikel

Menjadi penulis online bisa jadi salah satu usaha ibu rumah tangga sukses. Ya, di era digital seperti sekarang ini, jasa penulis online semakin dibutuhkan untuk membuat banyak konten di website, aplikasi, dan juga untuk konten media sosial.

Anda dapat menulis di sela-sela kesibukan Anda mengurus keluarga. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kalau pekerjaan ini akan mengganggu tugas utama Anda sebagai ibu rumah tangga. Untuk menjadi penulis online, Anda harus punya keahlian dalam bidang kepenulisan, memiliki laptop, dan juga koneksi internet.

3.     Menjadi Dropshipper

Metode dropshipping

Metode dropshipping

Semakin berkembangnya e-commerce membuat peran dropshipper semakin dibutuhkan. Bisnis ini merupakan usaha sampingan ibu rumah tangga tanpa modal. Dengan berbekal smartphone, Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini di mana saja dan kapan saja. Dalam bisnis ini, salah satu hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah Anda perlu mencari supplier yang terpercaya sehingga customer akan semakin menaruh kepercayaan pada bisnis online yang Anda jalankan.

4.     Membuat Kerajinan Tangan

Di sela-sela kesibukan menjalankan peran sebagai ibu dan istri, Anda bisa mencoba berkreasi dengan menciptakan berbagai kerajinan tangan yang berkualitas dan bernilai jual tinggi. Ya, membuat kerajinan tangan bisa jadi sebuah ide usaha sampingan untuk ibu rumah tangga yang hasilnya menguntungkan. Dengan memanfaatkan barang-barang yang tidak terpakai, Anda bisa menyulapnya menjadi beragam benda cantik yang bisa Anda pasarkan. Kerajinan tangan tersebut banyak diburu untuk dijadikan sebagai souvenir, penghantar seserahan, ataupun untuk dijadikan sebagai kado untuk hari-hari spesial.

5.     Membuka Bimbingan Belajar di Rumah

Les Privat

Les Privat

Bagi Anda yang menyukai dunia pendidikan dan ingin mencari tambahan penghasilan, maka Anda bisa mencoba menekuni usaha bimbingan belajar yang dijalankan di rumah. Saat ini ada banyak anak yang membutuhkan bimbingan belajar, seperti bahasa Inggris, matematika, maupun mata pelajaran lainnya.

Apabila Anda punya keahlian dalam mapel tersebut, maka Anda bisa menawarkan jasa sebagai guru les mereka. Dengan membuka usaha bimbel di rumah, Anda bisa lebih leluasa mengatur sendiri jam mengajar sehingga tugas Anda sebagai ibu rumah tangga tidak terbengkelai. Karena itulah, usaha bimbel bisa disebut sebagai alternatif usaha untuk ibu rumah tangga.

6.     Vlogger

Perkembangan media sosial yang begitu pesat akhirnya memunculkan peluang bisnis baru yang menggiurkan. Salah satunya adalah menjadi vlogger. Dengan menjadi vlogger, Anda bisa membagikan berbagai macam hal melalui media sosial. Jika Anda adalah ibu rumah tangga yang gemar memasak, maka Anda bisa mencoba membagikan pengalaman saat mencoba menu masakan baru.

Untuk menjadi vlogger, Anda hanya perlu memanfaatkan media sosial dan keterampilan mengemas konten yang menarik dalam bentuk video. Hanya dengan berbekal smartphone, Anda sudah bisa eksis sebagai seorang vlogger. Semakin banyak orang yang melihat vlog Anda, maka pundi-pundi uang pun akan lebih mudah untuk Anda dapatkan.

Baca juga : Bisa Untuk Menambah Pendapatan, Inilah Kelebihan Vlog Dibanding Blog

7.     Membuka Usaha Menjahit

Membuka usaha menjahit bisa menjadi salah satu bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan. Jika Anda punya keterampilan dalam menjahit, maka Anda bisa menjalankan usaha ini di rumah. Dengan demikian, Anda tetap bisa menjalankan tugas sebagai ibu rumah tangga sembari menjalankan bisnis ini.

Bisnis menjahit

Agar bisnis jahitan Anda bisa cepat berkembang dan dikenal banyak orang, cobalah untuk memasarkannya pada orang-orang di sekitar Anda, seperti tetangga maupun komunitas yang Anda kenal. Tunjukkan pada mereka bahwa jahitan Anda benar-benar rapi, bagus, dan bisa menyesuaikan keinginan para konsumen.

Baca juga : 6 Peluang Usaha dengan Modal Kecil Paling Prospektif

8.     Menjadi Admin Medsos

Menjadi admin medsos bisa jadi satu pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang. Di tengah berkembangnya teknologi, keberadaan media sosial menjadi suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Bahkan, media sosial seperti Facebook, Instagram, dan juga Twitter kini telah banyak dimanfaatkan untuk media pemasaran dan branding produk.

Peluang ini bisa dimanfaatkan oleh ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan. Ya, jika Anda punya ketertarikan pada media sosial, tak ada salahnya untuk menjadi admin medsos. Anda hanya perlu memposting foto produk, membuat caption, dan mengelola media sosial tersebut.

Itulah beberapa ide usaha sampingan untuk ibu rumah tangga. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

8 Ide Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga Modal Minim | Malik | 4.5
error: Content is protected !!