Bisa Untuk Menambah Pendapatan, Inilah Kelebihan Vlog Dibanding Blog

Kelebihan vlog dibanding blog- Nama Raditya Dika dan Gita Savitri tentu saja sudah tidak asing lagi bagi pengguna blog maupun youtube. Baik Raditya Dika maupun Gita Savitri, keduanya dikenal luas sebagai seorang blogger sekaligus vlogger (youtuber). Tidak hanya itu, melalui media yang mereka miliki tersebut, keduanya sama-sama memiliki kesempatan untuk membukukan kisah mereka dan mengalih wahanakannya dalam bentuk film.

Kisah Raditya Dika dan juga Gita Savitri adalah salah dua dari begitu banyak contoh yang menunjukkan peran besar media digital dalam membangun karir seseorang. Tidak hanya sebagai media untuk menuliskan gagasan dalam bentuk tulisan ataupun video, kedua media tersebut juga telah berkembang sebagai media bisnis. Melalui media digital tersebut, orang-orang dapat memperoleh banyak hal. Media beropini, pendapatan, dan juga popularitas. Dengan segala kelebihan tersebut, tidak heran jika kedua media digital ini menjadi primadona bagi banyak orang.

Blog dan Vlog

Blog atau website log adalah sebuah kanal yang memiliki fungsi layaknya buku harian. Berbeda dengan buku harian dalam bentuk buku dan dicatat secara manual dengan bolpoin atau pensil, blog memiliki sistem kerja yang lebih modern, yaitu secara daring (online). Oleh karena itu, blog kerap kali digunakan sebagai media untuk membagikan cerita sehari-hari, berbagi opini, artikel, jurnal, dan informasi lainnya dalam bentuk teks atau tulisan.

Sementara itu, vlog atau video blog adalah sebuah konten layaknya blog yang memiliki fungsi untuk membagikan cerita maupun gagasan. Akan tetapi, konten yang ditampilkan pada kanal ini tidak terbatas pada tulisan, melainkan juga suara dan juga video. Orang-orang yang membuat konten ini disebut dengan vlogger. Saat ini, kebanyakan para vlogger menggunakan kanal Youtube sebagai salah satu pilihan untuk mempublikasikan konten vlog yang mereka miliki. Oleh karena menjamurnya Youtube saat ini, para vlogger tersebut seringkali lebih akrab disebut dengan youtuber dibanding dengan vlogger.

Kelebihan Vlog Dibanding Blog

1.            Tampilan Visual yang Menarik

Vlog banyak dikenal karena memiliki visual yang mampu memanjakan mata. Bagaimana tidak. Berbeda dengan blog yang hanya berisi tulisan dan gambar, konten vlog biasanya dilengkapi dengan suara dan video atau gambar gerak yang menarik. Oleh karena itulah, konten vlog ini banyak diminati. Belum lagi, dengan kedatangan kanal Youtube yang mulai populer beberapa tahun belakangan. Tidak heran jika vlog menjadi semakin populer di kalangan masyarakat. Akan tetapi, untuk membuat sebuah konten vlog, vlogger memerlukan bekal editing atau sunting video.

2.            SEO Mudah

Baik dalam blog ataupun vlog dikenal istilah SEO (Search Engine Optimization). SEO adalah sebuah upaya untuk mengoptimasi sebuah website atau laman agar berada di daftar pencarian paling atas. Pada vlog, terutama dalam kanal Youtube, teknik SEO cenderung lebih mudah. Untuk menempatkan video dalam posisi atas Youtube, Anda cukup menuliskan kategori, tag, judul video, deskripsi, dan juga thumbnail dengan keyword yang menarik dan tepat. Selebihnya, vlogger hanya perlu promosi melalui media sosial atau menggunakan fitur Youtube Ads untuk mengiklankan video atau akun Anda.

3.            Penerimaan AdSense Mudah

Kelebihan selanjutnya dari vlog, terutama di Youtube adalah proses monetisasi yang mudah. Pada Youtube, prses monetisasi cukup dilakukan dengan membuat sebuah video yang tidak melanggar TOS Google atau Youtube. Setelah itu, jika video telah menerima 10.000 penonton, akun akan masuk ke tahap review dan dalam waktu kurang lebih 3 minggu, akun Anda sudah termonetisasi. Namun sayangnya, pembagian Adsense pada Youtube cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan blog. Pasalnya, Revenue Share AdSense yang ditetapkan oleh Youtube adalah 55:45, dimana 55 persen untuk pemilik akun dan 45 persen untuk Youtube.

Kelebihan Blog Dibanding Vlog

1.            Proses Pembuatan Lebih Singkat

Kelebihan pertama dari blog tentu saja ada pada proses pembuatannya. Dibandingkan dengan vlog, pembuatan blog jauh lebih mudah. Pada Youtube, vlogger harus melewat proses pembuatan naskah, pengambilan gambar, dan juga editing. Namun, hal tersebut tidak berlaku pada blog. Untuk membuat konten blog, Anda cukup membuat sebuah artikel atau tulisan yang menarik. Selain mudah, pembuatan konten blog tentunya juga lebih murah, karena tidak membutuhkan banyak perlengkapan seperti kamera, lighting, dan sebagainya.

2.            SEO Lebih Rumit

Meskipun lebih mudah, SEO pada blog cenderung lebih rumit. Berbeda dengan Youtube, untuk menempatkan artikel pada pencarian paling atas. Untuk membuat traffic pada laman blog menjadi lebih tinggi, blogger harus optimasi laman website, membangun pengunjung dari nol, dan tentunya melakukan promosi secara rutin melalui media sosial ataupun media lainnya. Umumnya, SEO akan menunjukkan hasil yang cukup signifikan setelah enam bulan pemakaian.

3.            Penerimaan AdSense Lebih Besar

Jika Revenue Share Adsense pada Youtube hanya 55:45, maka berbeda dengan blog. Adsense yang diterima melalui blog cenderung lebih tinggi. Pasalnya, Google memberikan ketentuan pembagian Adsense 68:32. 68 persendiberikan kepada pemilik akun, dan 32 persen diberikan kepada Google. Akan tetapi, proses monetisasi pada blog sendiri terbilang cukup sulit. Pasalnya, setiap tahun, Google mengurangi penerimaan monetisasi.

Baca juga : Dapat Dijadikan Sebagai Lahan Bisnis, Inilah Perbedaan Blogger dan Vlogger !

Itulah berbagai kelebihan vlog dibanding blog dan juga sebaliknya. Pada dasarnya, baik blog maupun vlog, memilki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keduanya juga sama-sama dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber pendapatan. Akan tetapi, untuk mendapatkan keuntungan dari keduanya diperlukan sebuah usaha yang bersifat berkelanjutan. Pasalnya, mengembangkan sebuah akun blog maupun vlog memerlukan waktu dan keterampilan tersendiri. Oleh karena itu, keinginan untuk belajar serta kesabaran adalah kunci utamanya.

 

 

Bisa Untuk Menambah Pendapatan, Inilah Kelebihan Vlog Dibanding Blog | Malik | 4.5
error: Content is protected !!