4 Tips Sukses Memulai Usaha Jualan Beras yang Wajib Anda Lakukan!

Tips sukses memulai usaha jualan beras – Nasi merupakan makanan pokok masyarakat di Indonesia.  Nasi merupakan hasil pengolahan dari beras, sebagian besar masyarakat Indonesia mengkonsumsinya sehingga tidak mengherankan jika berbisnis beras menjadi peluang usaha yang sangat potensial.  

Tingkat penjualan beras di Indonesia pun cukup tinggi. Terutama jika dibandingkan dengan negara Asia lainnya. Adanya peningkatan permintaan di pasaran menciptakan ide dan peluang bisnis. Bahkan berbisnis sembako maupun bahan makanan pokok ini lebih stabil dibandingkan dengan bisnis yang lainnya di masa pandemi seperti saat ini.

Untuk bisa memulai bisnis ini dibutuhkan cara yang tepat. Jangan sampai bisnis menjadi tidak maksimal karena dimulai dengan cara yang salah. Simak tips sukses memulai usaha jualan beras yang bisa Anda lakukan di bawah ini:

Siapkan Modal Awal dan Lokasi Usaha

Tips sukses memulai usaha jualan beras yang pertama adalah Anda bisa menyiapkan modal dan juga lokasi usaha Anda. Bisnis ini bisa Anda lakukan dengan cara grosir maupun eceran. Modal investasi yang harus Anda keluarkan adalah menyewa lokasi dan juga belanja stok beras untuk jualan Anda.

Untuk lokasi usaha ini sebaiknya Anda memilih yang strategis, mudah dijangkau oleh kendaraan besar, di pinggir jalan raya. Anda juga bisa berjualan di lokasi yang dekat dengan perumahan yang padat. Namun jika memulai bisnis dengan modal terbatas Anda bisa menjadikan rumah Anda sebagai lokasi bisnis. Anda bisa mulai menjualnya ke warga sekitar di rumah Anda.

Jangan lupa untuk belanja peralatan penunjang seperti meja, literan, tempat beras, timbangan dan beberapa alat pendukung yang lainnya. Siapkan plastik untuk tempat beras, nota dan lain-lain.

Perhatikan Biaya Operasional

Selain modal awal dan biaya investasi, Anda juga harus memikirkan biaya operasional. Karena baru memulai biaya operasional ini sebaiknya jangan terlalu besar karena membuat bisnis akan mengalami defisit. Barulah jika bisnis Anda sudah stabil biaya operasional bisa Anda sesuaikan dengan pemasukan bisnis Anda.

Saat memulai, biaya operasional yang Anda keluarkan untuk pembelian beras atau restock. Selain itu untuk membeli barang-barang lainnya yang habis seperti plastik, menambah tempat beras, biaya listrik, transportasi jika ada dan sebagainya. Untuk biaya karyawan ini Anda belum membutuhkannya, selama Anda masih bisa handle sendiri karyawan belum terlalu diperlukan.

Target Pasar

Tips sukses memulai usaha jualan beras selanjutnya adalah menentukan target pasar.  Target pasar ini menjadi hal penting yang harus Anda pikirkan sebelum memulai usaha. Hal itu karena Anda menjual beras atau produk. Anda harus tahu produk tersebut akan dijual dimana dan siapa yang akan membelinya. Tanpa memahami dan mengetahui target pasar, bisnis Anda tidak bisa berjalan dengan maksimal.

Anda bisa fokus pada kelompok tertentu. Menentukan target market ini bisa membuat Anda mengenal pembeli Anda lebih jauh lagi. Anda bisa mudah menyusun strategi marketing yang bisa Anda sesuaikan dengan target pasar. Dengan strategi yang maksimal ini peluang untuk memperbesar terjadinya penjualan sangat bisa terjadi.

Anda harus fokus dalam membidik target pasar misalnya masyarakat sekitar, tetangga komplek dan sebagainya. Di tahap awal jangan memikirkan jumlah keuntungan yang didapatkan terlebih dahulu. Fokuslah dengan siapa Anda akan menjual produk tersebut. Sebisa mungkin Anda mencari konsumen yang mau membeli produk Anda.

Tidak hanya konsumen namun Anda juga harus bisa mengubah mereka menjadi pelanggan. Pelanggan adalah konsumen yang berkali-kali melakukan pembelian di tempat Anda. Sulit mengubah konsumen menjadi pelanggan. Anda tidak perlu khawatir karena jika bisnis memiliki harga yang kompetitif, produk bagus dan pelayanan memuaskan mereka akan datang kembali ke bisnis Anda.

Tentukan Produk

Tips sukses memulai usaha jualan beras yang dilakukan terakhir adalah menentukan produk.  Semakin lengkap jenis beras yang Anda tawarkan maka semakin besar kesempatan bagi Anda untuk menarik konsumen. Konsumen tidak hanya mencari beras yang berkualitas saja namun ada yang mencari beras dengan harga murah untuk campuran, mencari beras yang pulen, beras organik dan beras wangi.

Pastikan sebelum memulai usaha jualan beras ketahui jenis beras yang akan dijual. Melakukan riset ini juga penting. Dengan riset Anda bisa menjual beras yang banyak diminati.

Selain itu Anda juga bisa menyesuaikan produk dengan target pasar, misalnya saja adalah tetangga Anda banyak kalangan menengah atas, kebanyakan mereka akan memilih beras yang menyehatkan seperti organik dan tekstur nasinya pulen. Selain itu Anda juga bisa menjual beras merah non gula yang cocok sekali dikonsumsi oleh penderita diabetes

Baca juga : 8 Cara Memulai Bisnis Sembako dari Nol yang Sukses

Setelah Anda berjualan beras, dalam jangka waktu beberapa bulan ke depan Anda jadi tahu selera pasar. Beras yang paling laku banyak diminati pasar dan yang kurang laku tidak banyak diminati. Dengan fakta ini Anda bisa memperbanyak stok beras paling banyak diminati dan sebaliknya.

Demikianlah beberapa tips sukses memulai usaha jualan beras yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

4 Tips Sukses Memulai Usaha Jualan Beras yang Wajib Anda Lakukan! | Malik | 4.5