6 Contoh Usaha Ternak Modal 1 Juta yang Paling Menguntungkan

Bagi Anda yang ingin mulai untuk menjalankan usaha peternakan dengan modal yang terbatas, Anda perlu mempelajari beberapa contoh usaha ternak modal 1 juta. Saat ingin memulai usaha peternakan, sebisa mungkin Anda harus memilih ternak yang tak hanya mudah untuk dipelihara, namun Anda juga harus memilih bisnis ternak yang bisa dijalankan dengan modal yang seminimal mungkin. Kali ini kita akan mengulas beberapa jenis usaha ternak yang cukup mudah untuk dilakukan, modal yang harus dikeluarkan pun relatif kecil, namun keuntungan yang dihasilkan bisa dibilang cukup menggiurkan. Simak pembahasannya berikut ini!

1.     Ternak Ikan Lele

Usaha ternak ikan lele banyak diminati oleh masyarakat karena mudahnya perawatan dan rendahnya biaya operasional yang harus dikeluarkan. Untuk bisa beternak lele, Anda tidak harus menyiapkan kolam yang luas. Cukup dengan menggunakan drum atau tong, Anda sudah bisa memelihara jenis ikan ini di rumah. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan terpal untuk dijadikan sebagai kolam.

Beternak ikan lele semakin banyak dijalankan oleh masyarakat karena waktu panennya yang relatif cepat. Dalam jangka waktu 40-50 hari, Anda sudah bisa memanen ikan lele yang Anda ternak. Selain waktu panen yang relatif cepat, biaya pakan yang harus Anda keluarkan juga dirasa tidak begitu besar.

2.     Ternak Entok

Perawatan Bibit entok

Contoh usaha ternak modal 1 juta yang cukup mudah untuk dijalankan dan mendatangkan keuntungan yang lumayan adalah usaha ternak entok. Usaha ternak jenis unggas ini tidak membutuhkan modal usaha yang sebesar ternak ayam.  Hal ini dikarenakan biaya pakannya tak semahal harga pakan ayam. Selain itu, entok juga memiliki imunitas yang lebih baik dibandingkan ayam sehingga lebih jarang terserang penyakit. Karena itulah, resiko kematian entok lebih kecil dibandingkan dengan ayam.

Beternak entok juga bisa menjadi peluang usaha yang cukup menggiurkan karena pesaingnya masih lebih sedikit dibandingkan dengan persaingan dalam beternak ayam. Dengan menjalankan usaha ternak entok di rumah, diharapkan Anda bisa mendapatkn keuntungan yang lumayan besar dengan bermodalkan uang dalam jumlah yang terbatas.

3.     Ternak Kroto

Pakan kroto

Beternak kroto juga bisa menjadi salah satu contoh usaha ternak modal 1 juta yang cukup menguntungkan bagi Anda. Semakin banyak orang yang memelihara burung kicau menjadi salah satu faktor mengapa ternak kroto menjadi semakin menguntungkan. Sebab, kroto dianggap sebagai salah satu akan favorit bagi burung kicau. Karena itulah, permintaan kroto untuk dijadikan sebagai pakan burung semakin besar di pasaran.

Untuk menjalankan usaha ternak ini Anda tidak memerlukan modal yang besar karena memang media yang dibutuhkan untuk dijadikan sebagai rumah kroto hanyalah berupa toples. Selain itu, kroto juga tidak membutuhkan pakan yang mahal.

4.     Ternak Jangkrik

Ternak jangkrik

Beternak jangkrik juga menjadi salah satu contoh usaha ternak modal 1 juta yang paling menguntungkan. Selain kroto, jangkrik juga terkenal sebagai salah satu pakan favorit bagi burung kicau. Karena itulah, banyak pemilik burung kicau yang membeli jangkrik sebagai pakan bagi burung-burung kicau yang mereka pelihara. Hal ini tentu saja menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan bagi Anda.

Untuk menjalankan usaha ternak jangkrik, Anda hanya perlu membeli bibit atau telur jangkrik untuk kemudian dikembangkan dalam media berupa kotak berukuran besar. Untuk pakannya, Anda dapat memberikan dedaunan kering, ubi, dan sayuran. Karena itulah, usaha ternak ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang punya modal usaha yang terbatas.

5.     Ternak Cacing

Siapa sangka ternyata beternak cacing bisa menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Meski terlihat sepele, namun nyatanya cacing sangat dibutuhkan untuk dijadikan sebagai pakan untuk ikan hias dan juga ikan konsumsi. Modal yang Anda butuhkan untuk menjalankan usaha ternak ini pun relatif kecil. Jadi, pantas kalau ternak cacing dikategorikan sebagai salah satu contoh usaha ternak modal 1 juta yang paling menguntungkan.

Cacing yang biasa diternakkan adalah cacing jenis lumbricus sp atau jenis cacing tanah. Cacing-cacing tersebut nantinya bisa Anda letakkan di suatu wadah yang sederhana. Untuk pakannya sendiri Anda dapat memberikan kotoran ternak.

6.     Ternak Bebek Petelur

Anda dapat mencoba menjalankan usaha ternak bebek petelur dengan modal yang relatif kecil. Usaha ini cukup menjanjikan mengingat banyak masyarakat yang membutuhkan telur bebek untuk dijadikan sebagai bahan olahan makanan. Selain dapat menjual telur mentah, Anda juga meningkatkan nilai jual telur bebek dengan cara menjadikannya sebagai telur asin ataupun telur asap. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Itulah beberapa contoh usaha ternak modal 1 juta yang bisa mendatangkan keuntungan yang menggiurkan. Berbagai usaha ternak yang telah disebutkan tadi juga cukup mudah untuk dijalankan sehingga bisa dikerjakan oleh para peternak pemula yang masih minim pengalaman.

 

 

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

yang harus di perhatikan masyarakat untuk memulai sebuah usaha peternakan -

6 Contoh Usaha Ternak Modal 1 Juta yang Paling Menguntungkan | Malik | 4.5
error: Content is protected !!