Tutorial Membuat Akun Adsense dari Nol hingga Akhir

Tutorial membuat akun adsense – Siapa yang tak tahu dengan Google Adsense? Ya, ini adalah salah satu layanan terbaik dari Google dalam bentuk iklan yang paling banyak diminati oleh pengelola blog ataupun website demi mendapatkan pundi-pundi rupiah. Meski demikian, seiring berjalannya waktu, tahap penyeleksian website atau blog dari Google Adsense semakin sulit. Pasalnya semakin hari semakin banyak pengelola website yang mendaftarkan diri pada Google Adsense untuk menjalankan bisnis lewat internet.

Hal lain yang menjadi pertimbangan Google dalam menerapkan seleksi ketat pada setiap situs yang mendaftar di Adsense adalah untuk meminimalisir situs dengan konten asal-asalan dan berkualitas rendah. Contohnya adalah situs yang isinya mengutip atau copy paste dari situs lain yang telah terkenal. Untuk itu, diperlukan trik dan tips jitu agar Anda dapat lolos tahap penyeleksian Adsense dari Google.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Membuat Akun Google Adsense

Akun adsense

Akun adsense

Bagi Anda yang ingin mendaftar Adsense namun belum mengerti tentang bagaimana langkah tepat agar situs atau blog Anda lolos tahap pendaftaran Google Adsense, tak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini akan diulas secara lengkap tentang tahapan mendaftar Adsense agar diterima. Namun sebelum itu, alangkah baiknya apabila Anda mempertimbangkan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu:

1. Mempunyai Website dengan Konten Unik dan Original

Sekedar informasi, sebuah website yang memiliki konten unik, berkualitas, dan original lebih disukai oleh Google Adsense dibandingkan dengan website yang isinya hanya kutipan atau copy paste dari website lainnya. Hal ini karena website copy paste tak akan memberikan manfaat apapun pada banyak orang. Selain itu, Google Adsense juga lebih menyukai desain website yang ringan dengan penataan yang membuat pengunjung website nyaman.

Oleh karena itu, apabila Anda ingin mendaftarkan Adsense, akan lebih baik apabila konten yang dituangkan pada website memiliki gaya tulisan yang unik dan original. Dalam arti Anda tidak boleh melakukan copy paste dari website lainnya. Di samping itu, pastikan template desain website yang digunakan tidak terlalu berat saat diakses baik dari browser komputer ataupun smartphone.

2. Memenuhi Persyaratan Jumlah Konten Website yang Memadai

Hal lain yang perlu dipersiapkan adalah jumlah konten pada website tersebut. Pihak Google sendiri tidak memberikan batasan minimal untuk situs yang ingin mendaftar Adsense. Hanya saja, situs dengan jumlah konten yang cukup banyak lebih dilirik oleh Google Adsense. Setidaknya konten pada website Anda minimal terdiri dari 20 hingga 40 artikel atau bahkan lebih banyak.

Selain jumlah konten atau postingan website, salah satu syarat membuat blog Adsense adalah jumlah pengunjung harian yang mampir ke situs Anda. Usahakan website tersebut memiliki pengunjung sekitar 500 hingga 1.000 orang setiap harinya.

3. Website Minimal Berumur 3 Bulan

Pertimbangkan pula umur website sebelum daftar ke Adsense. Hal ini karena Google Adsense lebih memilih website dengan umur yang lebih lama dibandingkan website baru. Setidaknya minimal umur website sebelum didaftarkan ke Adsense adalah 3 bulan. Apabila kurang dari itu, maka siap-siap untuk ditolak oleh Google Adsense.

4. Pertimbangkan untuk Menggunakan Blogger atau Youtube

Seperti yang kita tahu, untuk membuat akun Google Adsense, Anda dapat memanfaatkan fasilitas hosting gratis seperti Blogger.com ataupun Youtube.com yang menjadi produk Google. Namun apabila Anda ingin menggunakan domain TLD atau domain berbayar, maka peluang Anda akan lebih besar untuk diterima oleh Google Adsense.

Untuk itu, Anda harus mempertimbangkan pada layanan hosting seperti apa yang cocok dilakukan, apakah hosting gratis atau berbayar dan lebih memilih mendaftar lewat Youtube atau Blog. Bagi yang suka menulis, tentu saja mendaftar Adsense melalui website dinilai lebih baik. Sebaliknya, apabila Anda suka membuat dan mengedit video, Youtube dapat menjadi alternatif terbaik untuk daftar Google Adsense.

Langkah-Langkah Membuat Akun Google Adsense untuk Pemula

Anda telah mengetahui beberapa hal penting yang tak boleh dilewatkan saat ingin mendaftarkan Google Adsense. Kini saatnya mengulas tentang tutorial membuat akun Adsense dari awal hingga akhir. Setidaknya terdapat beberapa langkah penting yang tak boleh Anda lewatkan, di antaranya adalah:

1. Mengajukan Permohonan ke Google Adsense

Langkah pertama, ajukan permohonan Adsense baru dengan mengunjungi laman pendaftaran Google Adsense melalui situs www.google.com/adsense/apply. Pada situs tersebut, lakukan beberapa tahapan berikut:

  1. Pada laman pendaftaran, Anda dapat melihat pilihan untuk membuat akun Google baru khusus Adsense atau menggunakan akun Google yang lama. Sangat disarankan untuk menggunakan alamat Gmail yang telah terkait dengan situs yang sedang Anda kelola.
  2. Setelah itu, masukkan alamat URL situs Anda serta pilih bahasa yang ingin digunakan. Kemudian klik ‘Save and Continue’.
  3. Langkah ketiga yakni memasukkan data pribadi Anda. Beberapa data yang dibutuhkan di sini adalah zona waktu negara, nama lengkap, nama akun, kota, telepon, dan lain sebagainya. Setelah mengisikan secara lengkap informasi tersebut, klik ‘Submit my Application’.

Jika sudah melakukan langkah di atas, maka Anda hanya perlu menunggu tanggapan email dari pihak Google. Tanggapan email tersebut berisi pemberitahuan terkait status website yang Anda daftarkan. Umumnya, proses tersebut akan berjalan sekitar 7 hari.

Sekedar informasi, apabila Anda menggunakan layanan Google seperti blogger ataupun Youtube, sebaiknya langsung mendaftar Adsense dari layanan tersebut. hal ini karena setiap layanan memiliki prosedur yang berbeda antara satu dan lainnya.

2. Menghubungkan Situs ke Google Adsense

Kode Iklan adsense

Kode Iklan adsense

Jika permohonan telah diajukan, tutorial membuat akun Adsense yang berikutnya yakni dengan menghubungkan situs yang telah Anda daftarkan ke Google Adsense. Pada langkah ini, sebenarnya akun Adsense Anda belum diterima sepenuhnya. Hal ini dapat dilihat dari bila merah pada laman Adsense yang menunjukkan bahwa pihak Google sedang melakukan peninjauan. Dengan kata lain, Anda belum dapat mengaktifkan akun Adsense. Meski demikian, situs Anda harus melakukan uji coba terlebih dahulu dengan cara memasang iklan pertama.

Langkah yang perlu Anda lakukan yakni dengan menyalin kode iklan yang terdapat di halaman Adsense pada website Anda yang telah memiliki traffic tinggi. Tempatkan kode iklan tersebut pada bagian kode HTML situs dan letakkan setelah tag <head>. Pada tahapan ini, iklan yang muncul umumnya hanya berupa tampilan putih saja. Kondisi tersebut akan berlansung beberapa hari ke depan.

3. Menunggu Peninjauan dari Google

Kini Anda hanya perlu menunggu proses peninjauan dari pihak Google agar akun Adsense Anda benar-benar dapat diterima. Jika lolos, maka Google akan mengirimkan email pemberitahuan tentang status permohonan Adsense yang telah Anda lakukan. Namun jika tidak disetujui, maka Anda dapat memulai dari awal serta memperbaiki kekurangan apa saja yang diperlukan agar lolos peninjuan Google.

4. Akun Google Adsense Telah Disetujui

permohonan adsense disetujui

permohonan adsense disetujui

Jika tutorial membuat akun Adsense di atas berbuah manis, yakni munculnya persetujuan dari Google, maka akun Adsense Anda telah aktif. Tandanya adalah pada laman Google Adsense bilah merah di bagian atas laman akan hilang. Di samping itu, website Anda sudah dapat memasang iklan yang disediakan oleh pihak Google.

5. Pengiriman PIN

Pengiriman PIN

Pengiriman PIN

Tahapan terakhir yang pastinya ditunggu oleh semua penggiat Adsense adalah pengiriman PIN. Umumnya pihak Google akan mengirimkan PIN melalui pos. PIN tersebut akan dikirim ke alamat Anda jika penghasilan dari Adsense telah mencapai 10 dollar. Jika Anda sudah mendapatkan PIN, maka masukkan PIN tersebut pada kolom PIN yang terdapat pada laman Google Adsense Anda. Adapun minimal pencairan PIN adalah sebesar 100 dollar.

Itulah langkah-langkah serta tutorial membuat akun Adsense yang harus Anda ketahui, semoga bermanfaat.

Tutorial Membuat Akun Adsense dari Nol hingga Akhir | Malik | 4.5
error: Content is protected !!