Peluang Bisnis Adsense: 5 Trik Jitu Mendulang Keuntungan dari Google Adsense

Di zaman yang dengan kemajuan internet seperti saat ini, banyak pengguna internet yang memanfaatkan peluang bisnis Adsense dalam mengeruk keuntungan. Google Adsense sendiri merupakan salah satu jenis bisnis yang menarik, terutama bagi mereka yang ingin belajar internet marketing. Dengan menguasai Adsense, maka penggiat internet dapat memperoleh keuntungan melalui iklan yang terpasang pada blog atau situs mereka.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Google Adsense

 Google Adsense

Google Adsense

Secara garis besar, Google Adsense merupakan layanan bisnis yang dikeluarkan oleh pihak Google dengan sistem PTC atau Paid to Click, dimana pengelola situs yang sudah terdaftar ke Google Adsense akan memperoleh uang dari pengunjung yang mengklik ikan tersebut. Singkatnya, Anda dapat menaruh kode iklan dalam bentuk script pada situs Anda. Setelah iklan tampil dan terdapat pengunjung situs yang mengklik iklan tersebut, maka Anda akan memperoleh bayaran tergantung dari nilai klik yang telah ditentukan oleh Google.

Membaca penjelasan di atas, tentu Anda berpikir bahwa ini adalah hal yang sangat mudah dilakukan. Benar, kan? Namun faktanya, mendapatkan uang dari Google Adsense tidak semudah yang Anda bayangkan. Hal ini karena terdapat banyak pesaing lain yang mengincar keuntungan dari Adsense.

Meski demikian, Anda tak perlu khawatir karena terdapat beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan peluang bisnis Adsense. Bahkan apabila Anda dapat mengalahkan para pesaing, kemungkinan untuk mendapatkan gaji mulai dari 5 hingga 10 juta per bulan dari Google Adsense bukanlah hal yang mustahil. Lantas bagaimana langkah untuk sukses dengan Google Adsense? Daripada penasaran, sebaiknya Anda simak ulasan berikut ini.

Trik Sukses Memanfaatkan Peluang Bisnis dengan Google Adsense

Langkah paling utama yang harus Anda persiapkan sebelum terjun ke Google Adsense adalah fokus. Hal ini karena tak sedikit pemula dalam bisnis Adsense yang harus menelan pil kegalalan karena tidak fokus. Ini juga disebabkan adanya banyak pesaing sehingga apabila Anda tidak fokus, maka para pesaing tersebut akan mengambil langkah cepat untuk bergerak lebih maju dan menghasilkan banyak uang dari Google Adsense.

Peluang Bisnis Adsense

Peluang Bisnis Adsense

Sekedar informasi, memanfaatkan peluang bisnis Google Adsense sangat berkaitan erat dengan bagaimana cara menulis di blog atau situs yang Anda kelola. Hal ini karena nantinya iklan Google Adsense akan dipasang pada situs tersebut sehingga mau tidak mau, suka tidak suka, Anda harus membangun sebuah situs yang mampu menarik perhatian pengunjung untuk mengklik banner Adsense tersebut.

Dengan kata lain, semakin tinggi nilai klik yang Anda dapatkan dari Google Adsense, maka akan semakin tinggi pula pendapatan yang dapat Anda peroleh. Hal ini akan dapat Anda temukan ketika memiliki tema atau niche situs yang spesifik. Jadi misalnya Anda mengelola sebuah situs olahraga, maka lebih baik membangun situs yang mengulasi satu atau dua cabang olahraga. Fokuslah membangun situs tersebut untuk memancing para pengunjung.

Langkah Menulis untuk Google Adsense

Menulis untuk Adsense

Menulis untuk Adsense

Anda mungkin bertanya-tanya? Mengapa harus mengetahui langkah tepat menulis untuk memanfaatkan peluang bisnis Google Adsense? Hal ini agar nantinya Anda dapat membangun sebuah situs yang memiliki ranking tinggi di mesin pencarian Google. Dalam hal ini, carilah topik tulisan yang menjadi hobi Anda. Misalnya Anda hobi menonton film, maka bangun sebuah situs yang mengulas tentang film tersebut. Begitu juga untuk Anda yang tertarik dengan kesehatan, bangun sebuah situs yang mengulas tentang tips kesehatan.

Langkah Sukses dengan Google Adsense

Setelah mengetahui langkah utama memanfaatkan peluang bisnis Adsense, terdapat hal lain yang secara spesifik dapat dilakukan agar sukses di bidang Adsense. Hal seperti apa sajakah itu? Berikut adalah beberapa langkah sukses memanfaatkan peluang bisnis Adsense yang harus Anda lakukan langkah demi langkah:

1. Memilih Tema atau Niche Blog

Seperti yang dijelaskan di atas, semakin spesifik sebuah tema blog, maka akan semakin bagus pula ranking situs tersebut dalam mesin pencarian. Hal ini juga berbanding lurus dengan besarnya pendapatan yang diperoleh dari banner iklan pada situs tersebut. Semakin tinggi peringkat website, maka nilai untuk setiap klik pada banner iklan akan semakin tinggi. Misalnya pada website dengan peringkat rendah, 1 kali klik banner iklan memiliki nilai 0.2 dollar, maka untuk website yang memiliki peringkat bagus di mesin pencarian, angkanya dapat mencapai 0.5 dollar untuk 1 kali klik.

2. Memilih Domain Situs yang Tepat

Bagi Anda yang memiliki modal untuk membeli sebuah situs, pilihlah domain TLD seperti .com, .co.id, web.id, dan lain sebagainya. Hal ini karena domain berbayar atau TLD memiliki nilai yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan situs gratis dari platform seperti wordpress ataupun blogspot.

Meski demikian, bagi Anda yang tidak memiliki modal untuk membeli domain berbayar, tak perlu khawatir karena Anda masih memiliki kemungkinan mendapatkan bayaran yang tinggi dari Google Adsense. Kunci utamanya adalah fokus dan melakukan optimasi pada blog gratis tersebut demi mendapatkan pengunjung harian yang banyak. Untuk itu, setidaknya Anda harus meraih sekitar 500 hingga 1.000 pengunjung harian agar blog gratis dapat tetap memberikan penghasilan menggiurkan dari Google Adsense.

3. Lakukan Optimasi SEO on Page dan SEO off Page

Sekedar informasi, SEO on Page dan SEO off Page adalah salah satu cara untuk mengoptimalkan peringkat situs dalam mesin pencarian Google. Di sini, Anda harus benar-benar mempelajari SEO dengan benar agar situs yang Anda kelola dapat menarik banyak pengunjung. Salah satu contoh optimasi SEO on Page adalah dengan menaruh keyword atau kata kunci pada setiap tulisan yang Anda publikasikan pada situs Anda.

4. Mulai Mengisi Website dengan Tulisan

Mulailah membangun sebuah website dengan cara menulis minimal 3 kali sehari atau 1 kali sehari apabila Anda sedang sibuk. Hal ini karena agar website Anda mudah diterima pada Google Adsense, minimal jumlah target tulisan pada situs tersebut adalah sebanyak 100 artikel. Semakin banyak tulisan pada sebuah situs, maka akan semakin besar pula kemungkinan situs tersebut diterima oleh Google Adsense.

5. Memasang Script Iklan pada Website

Apabila situs Anda telah diterima oleh Google Adsense, maka pasang script iklan pada situs Anda. Pihak Google sendiri akan memantau seberapa spesifik situs yang Anda bangun untuk Adsense. Anda sendiri mungkin sadar, bahwa situs yang mengulas tentang olahraga akan memunculkan banner iklan yang berhubungan dengan olahraga.

Jika semua langkah tersebut sudah dilakukan, maka Anda hanya perlu melihat statistik dalam situs Google Adsense dari waktu ke waktu. Hal ini perlu dilakukan agar nantinya Anda dapat mengambil langkah tepat apabila statistik pada website mengalami penurunan. Namun untuk situs-situs yang telah terkenal, biasanya hanya perlu menunggu hingga nominal pembayaran dari Google Adsense menyentuh minimal syarat pencarian.

Itulah beberapa cara memanfaatkan peluang bisnis Adsense yang harus Anda coba, semoga bermanfaat.

Peluang Bisnis Adsense: 5 Trik Jitu Mendulang Keuntungan dari Google Adsense | Malik | 4.5
error: Content is protected !!