Tips dan Cara Berjualan di Tokopedia agar Sukses

Cara berjualan di Tokopedia – Seiring dengan berkembangnya teknologi internet, belakangan ini hampir semua gaya hidup masyarakat mengalami perubahan. Contoh paling sederhana yang dapat ditemui adalah pada gaya belanja. Apabila beberapa tahun lalu manusia lebih suka berbelanja di toko atau swalayan, saat ini sebagian besar manusia lebih memilih berbelanja secara online. Hal ini tentu juga dipengaruhi oleh kemudahan yang diperoleh dari internet. Hanya dengan satu kali klik, maka barang belanjaan yang diinginkan dapat sampai di rumah dengan selamat.

Perubahan gaya hidup tersebut memicu munculnya berbagai toko online yang menyediakan beragam barang dan jasa, salah satunya adalah Tokopedia. Sekedar informasi, Tokopedia merupakan toko online yang digagas Leontinus Alpha Edison dan William Tanuwijaya pada tanggal 6 Februari 2009 lalu. Toko online ini kemudian resmi diluncurkan pada tanggal 17 Agustus 2009, bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan Indonesia. Sebagai salah satu toko online yang menjadi pionir di bidang bisnis online, Tokopedia berhasil menyabet penghargaan di tahun 2014 dan 2015.

Tokopedia

Tokopedia

Dengan slogan ‘Sudah Cek Tokopedia, Belum’, toko online ini berupaya membangun Indonesia agar menjadi lebih baik dengan memanfaatkan teknologi internet. Hal ini dibuktikan dengan beberapa program Tokopedia yang mendukung pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) ataupun Individu dalam menjalankan bisnis mereka melalui sistem online.

Tokopedia juga menyediakan beragam produk yang disesuaikan dengan apa yang menjadi kebutuhan pasar. Para pengguna Tokopedia dalam melihat dan membeli beragam produk mulai dari aksesoris, fashion, kesehatan, kecantikan, perawatan bayi, rumah tangga, alat-alat elektronik, hingga makanan dan minuman di toko online ini.

Bagaimana Langkah Berjualan di Tokopedia

Bagi Anda yang penasaran tentang bagaimana cara berjualan di Tokopedia, Anda tak perlu khawatir karena langkah-langkah yang dilakukan terbilang sangat mudah. Hal ini karena Tokopedia sendiri dapat menjamin kemudahan serta kenyamanan bagi calon penjual. Selain itu, penjual tidak akan dikenakan biaya apapun sehingga tak perlu lagi menyiapkan dana berlebih.

Lantas bagaimana cara berjualan di Tokopedia secara resmi? Untuk itu, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka situs resmi Tokopedia di laman www.tokopedia.com
  2. Apabila Anda belum memiliki akun Tokopedia, maka buatlah akun terlebih dahulu dengan mengklik tombol sign up. Isikan data lengkap Anda di sana. Sedangkan bagi Anda yang telah memiliki akun Tokopedia, cukup masukkan username dan password kemudian klik log in.
  3. Langkah selanjutnya, pada bagian kiri atas halaman Tokopedia, klik pilihan ‘Buka Toko’. Langkah ini juga dapat dilakukan dengan mengklik gambar ‘Toko’ yang telaknya ada di bagian atas menu.
  4. Setelah itu, Anda akan dihadapkan pada laman kosong yang harus diisi sesuai dengan kebutuhan Anda. Di sini, Anda harus mempersiapkan nama toko, slogan, deskripsi toko, hingga alamat toko tersebut.

Di samping itu, pada kolom domain toko, pastikan tidak sama dengan domain toko lain yang telah terdaftar. Untuk mengeceknya, Anda dapat mengklik ‘Cek Domain’. Domain toko merupakan alamat yang nanti menuju pada toko online Anda di Tokopedia. Misalnya nama toko Anda adalah “Kid Center”, maka gunakan nama domain yang tak jauh dari “Kid Center”. Misalnya www.tokopedia.com/kidcenter atau www.tokopedia.com/kidscenter.

  1. Unggah foto toko online Anda. Di sini Anda dapat menggunakan foto yang berhubungan dengan barang yang dijual di Tokopedia ataupun foto fisik dari toko Anda jika ada.
  2. Apabila Anda telah mengisi beberapa hal di atas, maka langkah selanjutnya yakni dengan memilih tulisan ‘Buka Toko’.
  3. Cara berjualan di Tokopedia yang selanjutnya yakni gunakan pilihan ‘Tambah Produk’ yang berguna untuk memasukkan produk atau item yang ingin Anda jual via Tokopedia.
  4. Pada laman ‘Tambah Produk’, isikan semua kelengkapan produk tersebut mulai dari jenis/golongan produk, berat produk, harga produk, serta foto yang digunakan untuk memasarkan produk tersebut. Dalam hal ini, Anda harus cermat memilih jenis/golongan produk atau kategori agar pembeli lebih mudah menemukan produk yang Anda jual. Selain itu, pastikan untuk menggunakan foto asli dari produk yang dijual agar pembeli tidak merasa tertipu.
  5. Tambahkan pula deskripsi pada produk tersebut. Semakin lengkap deskripsi produk, maka pembeli akan semakin yakin dalam memilih produk yang Anda jual.
  6. Jika langkah-langkah di atas telah selesai dilakukan, klik ‘Simpan’ untuk menambahkan produk Anda dalam database Tokopedia. Namun jika Anda ingin memasarkan produk lainnya, maka klik ‘Simpan dan Tambah Baru’.

Itulah langkah-langkah dan cara berjualan di Tokopedia. Jika nantinya terdapat pesanan terhadap produk Anda, maka pilih ‘Terima Pesanan’ kemudian klik ‘Respon Pesanan’. Namun jika Anda menolak pesanan tersebut dengan alasan kehabisan stock produk ataupun alasan lainnya, maka pilih ‘Tolak Pesanan’ dan berikan deskripsi atau penjelasan mengapa Anda menolak pesanan tersebut ada kolom ‘Alasan Penolakan’.

Tips Berjualan di Tokopedia

Setelah mengetahui cara berjualan di Tokopedia, Anda juga harus memahami bagaimana tips jitu agar Anda mendapatkan kesuksesan selama berjualan di Tokopedia. Adapun tips tersebut adalah sebagai berikut:

1. Menjadi Gold Merchant

Sekedar informasi, Tokopedia menyediakan sebuah fasilitas bernama Gold Merchant yakni sebuah layanan berbayar yang khusus ditujukan untuk penjual. Tips yang satu ini memang terbukti membuat barang-barang atau produk di Tokopedia cepat laku. Hal ini karena toko yang menggunakan fasilitas Gold Merchant akan menjadi partner yang direkomendasikan oleh Tokopedia.

Di samping itu, penjual juga dapat menggunakan fitur serta fasilitas promo. Keuntungan lain yang dapat diperoleh dengan menjadi Gold Merchant adalah produk Anda dapat muncul di halaman rekomendasi atau halaman pertama Tokopedia.

2. Gunakan Foto Produk Asli atau Foto yang Berbeda dari Toko Lainnya

Apabila Anda sering mengunjungi Tokopedia ataupun toko online lainnya, pasti menyadari bahwa tak sedikit toko online yang menggunakan satu foto yang sama dengan toko online lainnya. Alasannya mungkin penjual malas mengambil foto dari produk asli dan akhirnya memutuskan untuk mengambil foto produk dari toko online lain ataupun internet.

Meskipun terlihat sepele, namun hal tersebut dapat menjadi sangat fatal. Pasalnya, calon pembeli akan meragukan keaslian dari produk yang dijual. Dengan kata lain, produk-produk tersebut memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk laku. Oleh karena itu, meskipun membutuhkan waktu yang lama, namun sebisa mungkin gunakan foto produk asli dalam memasarkan produk Anda di Tokopedia.

3. Memberikan Respon Cepat

Tips selanjutnya adalah memberikan respon cepat bagi para calon penjual yang bertanya mengenai produk di toko online Anda. Respon cepat merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan keberhasilan dalam penjualan sebuah produk. Di Tokopedia sendiri, penjual memiliki batas waktu 3 hari dalam memberikan respon pada calon pembeli yang bertanya.

Oleh karena itu, agar Anda selalu dapat mendapatkan notifikasi terkait pemesanan barang ataupun pertanyaan dari calon customer, pastikan menginstall aplikasi Tokopedia di smartphone. Selain itu, Anda juga dapat meninggalkan nomor agar calon customer lebih mudah menghubungi Anda.

Demikian ulasan tentang tips serta cara berjualan di Tokopedia, semoga bermanfaat.

Tips dan Cara Berjualan di Tokopedia agar Sukses | Malik | 4.5
error: Content is protected !!