12 Tips Agar Online Shop Banyak Pembeli Paling Jitu

Tips agar online shop banyak pembeli – Online shop adalah salah satu cara untuk membuat bisnis menjadi semakin lancar. Sayangnya persaingan online shop menjadi semakin ketat. Pebisnis yang mengelola online shop harus tahu bagaimana cara mengelola online shop dengan baik dan benar.  Kesalahan dalam mengelola online shop ini akan menyebabkan bisnis menjadi kalah saing sehingga pembeli sedikit. Agar bisnis Anda menjadi lancar, lakukanlah beberapa tips agar online shop banyak pembeli seperti berikut ini:

Desainer Website Profesional

jasa design web

jasa design web

Tips agar online shop banyak pembeli yang pertama adalah Anda bisa menggunakan desainer website dan juga programmer yang berpengalaman atau profesional. Saat ini sudah banyak yang menawarkan jasa desain website atau pembuatan toko online secara profesional. Untuk bisa membuat toko online Anda banyak pembeli tentu saja harus memperhatikan beberapa aspek seperti desain yang eye catching, perpaduan warna di dalam website yang tepat, adanya navigasi, dan lain-lain. Desainer website yang profesional tentunya akan paham dengan itu semua karena sangat berpengaruh terhadap penjualan.

Fokus Pada Produk

Fokus menjual perlengkapan bayi

Fokus menjual perlengkapan bayi

Agar memuat jualan Anda semakin laris, harus selalu fokus pada produk. Tidak bisa Anda menjual berbagai macam produk di online shop, sebab akan menyebabkan penjualan menjadi tidak fokus. Oleh sebab itu fokuslah pada produk yang akan dijual misalnya jika konsep toko online di bidang fashion remaja maka juallah berbagai macam baju dan aksesoris untuk remaja, berbeda jika fashion Anda khusus untuk bayi maka juallah berbagai macam perlengkapan atau peralatan bayi.

Informasi Detail Produk

Informasi detail size produk

Informasi detail size produk

Hal yang pertama dicari oleh konsumen adalah informasi yang lengkap tentang detail produk. Konsumen akan ragu dengan produk yang Anda jual jika tidak ada detail produk yang dilampirkan. Sebagai contohnya Anda berjualan fashion remaja, hal yang harus dilampirkan dalam produk adalah lingkar dada, panjang, ukuran tubuh seperti M, XL, bahan terbuat dari apa, dan lain sebagainya. Jika Anda menjual barang elektronik maka penting untuk mencantumkan dayanya, kelebihan, cara pemakaiannya, dan lain-lain.

Menguasai Produk

Toko online perlengkapan dan skincare

Toko online perlengkapan dan skincare

Jika Anda memberikan informasi dengan modal copy paste saja, informasi penting tentang produk tersebut tidak akan Anda kuasai. Oleh sebab itu cara tepat untuk bisa meyakinkan konsumen Anda harus menguasai produk terlebih lagi jika produk yang dijual berhubungan dengan obat-obatan herbal, kosmetik, dan skin care. Akan lebih bagus jika Anda menguasai semua produk tersebut. Jika semua orderan dan lain-lainnya diserahkan ke admin, maka dia juga harus bisa menguasai produknya.

Fast Response

Tips agar online shop banyak pembeli Anda harus membiasakan fast response. Smartphone menjadi teman yang harus Anda bawa kemanapun. Selain itu sediakanlah fitur chat di website atau sertakan nomor yang bisa dihubungi. Fitur fast response ini sangat disukai penting sebab konsumen akan malas jika pelayanannya slow response.

Menjadi Model Produk

model fashion

model fashion

Tips agar online shop laris selanjutnya adalah cobalah untuk menjadi model produk, terutama jika online shop Anda lingkupnya adalah fashion. Pembeli akan percaya jika modelnya adalah Anda sendiri. Mereka akan sering kepo atau ingin tahu siapa yang ada di balik online shop tersebut sehingga sebelum membeli mereka akan stalking sosial media yang Anda sertakan di dalam online shop. Jika profil Anda kurang meyakinkan maka konsumen akan ragu membeli produk di tempat Anda. Oleh sebab itu sesuaikanlah dengan diri Anda sendiri, misal jika menjual fashion maka usahakan setiap penampilan harus fashionable. Ketika menjual skin care, Anda juga bisa memberikan testimoni dari diri Anda sendiri. Saat ini banyak online shop yang bermunculan di media sosial, namun mereka hanya sebagai penjual saja bukan pemakai. Sehingga Anda bisa menggunakan trik ini untuk menarik pembeli lebih banyak.

Produk Terbaru dan Terlaris

Produk terlaris blog

Produk terlaris blog

Jika Anda pernah belajar tentang desain website, maka akan mengetahui seberapa penting produk terbaru dan terlaris di dalam toko online. Ada tipe pembeli yang malas untuk menjelajah lebih jauh isi produk dalam toko online Anda sehingga mereka banyak mengandalkan dua hal ini terbaru dan terlaris. Produk terlaris adalah yang paling banyak dibeli oleh konsumen, sedangkan terbaru adalah produk yang baru saja diluncurkan di online shop Anda. Dengan mengamati kedua produk ini Anda bisa membentuk mindset pembeli.

Up to Date

Akan sangat disayangkan jika Anda memiliki toko online namun tidak pernah up to date. Toko online yang tidak up to date seperti rumah usang yang ditinggalkan penghuninya. Konsumen akan melihat tanggal terakhir update toko online tersebut jika sudah terlalu lama tidak update maka mereka akan pergi meninggalkan toko online Anda.

Harga

Harga produk

Harga produk

Agar bisa bersaing dengan pesaing Anda buatlah harga yang kompetitif. Tidak hanya itu saja buatlah konsumen untuk mudah mengecek berapa harga yang ditawarkan pada toko online Anda. Ada pebisnis yang sengaja menyembunyikan harganya agar konsumen bertanya. Tapi untuk toko online ini disarankan bagi Anda untuk menyediakan price tag yang jelas

Iklan

Bisnis tanpa iklan bagaikan sayur tanpa garam. Anda bisa mengiklankan toko online Anda menggunakan Fb Ads, Google AdWords, Instagram Ads, jasa endorse dan lain sebagainya untuk menarik pembeli. Untuk iklan ini Anda bisa tidak melampirkan price tag pada postingan iklan, namun lebih mengutamakan untuk bertanya melalui jalur pribadi seperti inbox, WA atau BBM. Tujuannya agar percakapan lebih intense, dan peluang untuk closing lebih besar. Jika hanya menanggapinya lewat komentar peluang closing lebih sedikit.

chat online

chat online

Hampir 90% postingan iklan dikomentari soal harga. Jika Anda menjawabnya pada kolom komentar, kalau harganya tidak cocok pembeli akan kabur tanpa jejak selain itu tidak akan menarik netizen lain untuk berkomentar. Berbeda jika percakapan dilanjutkan ke WA, BBM atau Inbox, Anda akan bisa mengetahui latar belakang mengapa pembeli ingin produk tersebut sebelum akhirnya menyebutkan harga. Anda juga lebih detail menjelaskan keunggulan produk, dan melakukan praktik marketing lainnya sehingga closing bukanlah hal yang mustahil setelah melakukan percakapan intense dengan pembeli. Kuncinya adalah bagaimana cara berkomunikasi dengan pembeli yang benar agar mencapai closing.

Pentingnya SEO

SEO

SEO

Untuk bisa mengalahkan pesaing Anda, sebaiknya memberikan SEO pada toko online Anda. SEO yang baik dan benar akan membuat toko online Anda muncul pada halaman pertama di mesin pencarian. Salah satu teknik optimasi SEO onsite yang bisa diterapkan adalah membuat meta deskripsi unik agar peluang melakukan klik link pada website atau toko online Anda semakin besar.

Testimoni

Tips agar online shop banyak pembeli terakhir Anda bisa menyertakan testimoni. Meskipun menggembor-gemborkan produk Anda bagus dan berkualitas namun tanpa ada testimoni maka seperti tong kosong berbunyi nyaring. Oleh sebab itu toko online dengan testimoni merupakan syarat wajib yang tidak boleh dilupakan.

Testimonial toko online

Testimonial toko online

Tidak ada bisnis yang langsung sukses, semuanya butuh proses dan kesabaran. Pebisnis yang saat ini sudah sukses pun mereka pernah memulainya dari nol dan sabar dengan semua proses yang dilaluinya dimana tidak hanya membutuhkan satu sampai dua bulan saja. Oleh sebab itu lakukanlah tips agar online shop banyak pembeli seperti yang disebutkan di atas tanpa mengenal lelah agar bisnis cepat berkembang dan kemudian menjadi sukses.

12 Tips Agar Online Shop Banyak Pembeli Paling Jitu | Malik | 4.5
error: Content is protected !!