SEM vs SEO Mana yang Bagus Untuk Promosi Bisnis?

SEM vs SEO mana yang bagus untuk promosi bisnis? Pertanyaan yang satu ini kerap kali ditanyakan oleh mereka yang baru terjun dalam dunia bisnis. SEM dan SEO sendiri merupakan dua hal yang sangat berkaitan erat dengan yang namanya digital marketing. Jadi, sudah barang tentu keduanya sering dimanfaatkan oleh para pengusaha dalam mempromosikan bisnisnya. Meski sama-sama bisa dijadikan sebagai tools yang dapat mengefektifkan kegiatan promosi secara digital, namun keduanya jelas punya perbedaan. Lantas, manakah yang paling bagus untuk promosi bisnis? Simak pembahasannya berikut ini!

Pengertian SEM dan SEO

SEM dan SEO

Sebelum kita membahas tentang SEM vs SEO mana yang bagus untuk promosi bisnis, terlebih dulu Anda harus mengetahui apa itu SEM dan SEO. SEM atau Search Engine Marketing merupakan bentuk pemasaran secara digital melalui kegiatan promosi website dengan meningkatkan visibilitas website pada mesin pencarian Google. Beberapa contoh dari SEM adalah iklan dan kegiatan Pay Per Click (PPC).

Sementara itu, SEO atau Search Engine Optimazation merupakan proses optimasi terhadap website yang terkait konten, sistem, dan lain sebagainya. Tujuan dari SEO adalah untuk membuat website tersebut menempati peringkat tertinggi di mesin pencarian Google.

SEM vs SEO

SEM vs seo

  1. SEM vs SEO dari Segi Traffic

Jika Anda bertanya-tanya SEM vs SEO mana yang bagus untuk promosi bisnis, maka salah satu faktor yang bisa dilihat adalah dari segi traffic atau pengunjung situs. SEM dianggap lebih cepat menghasilkan traffic dibanding SEO. Dalam waktu kurang dari satu jam, SEM dapat menarik banyak pengunjung situs. Sementara itu, SEO membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menghasilkan traffic.

Namun SEO juga bisa saja meningkatkan jumlah penggunjung bila Anda membuat lebih banyak konten. Semakin banyak konten yang dibuat, maka akan semakin banyak pula pengunjung yang masuk ke dalam website tersebut.

  1. SEM vs SEO dari Segi Jangkauan Pengunjung

SEM memungkinkan Anda menggunakan kombinasi kata kunci tanpa adanya batasan sehingga iklan dapat dilihat oleh para pengunjung. Sementara itu, SEO hanya dapat menggunakan beberapa kata kunci. Meski demikian, SEO justru memungkinkan situs masuk rangking pada kata kunci yang serupa meski sebenarnya tidak Anda targetkan. Hal ini menjadi kelebihan tersendiri dari SEO. Dengan demikian, SEO secara berkala dapat menambah jumlah pengunjung.

  1. SEM vs SEO dari Segi Tingkat Kesulitan

Jika kita lihat dari tingkat kesulitannya, SEO bisa dibilang lebih rumit dibanding dengan SEM. Hal ini dikarenakan Google selalu mengembangkan logaritma dengan menggunakan machine learning dalam menentukan rangking. Karena itulah, sulit bagi kita untuk menentukan formulasi bagaimana sebuah situs dapat tembus pada halaman pertama mesin pencarian Google. Sementara untuk SEM, Google justru lebih banyak memberi fasilitas sehingga orang bisa tahu bagaimana cara agar iklan lebih mudah dilihat oleh banyak pengunjung.

  1. SEM vs SEO dari Kepercayaan (Trust)

Para pengguna situs umumnya mengklik iklan SEM karena mereka tertarik dengan penawaran sementara. Sementara itu, para pengguna situs mengklik hasil pencarian organik (SEO) karena adanya kepercayaan (trust) pada situs tersebut. Jadi, jika dilihat dari segi trust, tentu saja SEO lebih unggul dibandingkan dengan SEM.

  1. SEM vs SEO berdasarkan Biaya Investasi

Besarnya biaya investasi SEM tergantung pada dana promosi yang Anda miliki. Sementara itu, SEO biasanya membutuhkan biaya investasi yang lebih besar di awal. Biaya besar tersebut digunakan untuk membuat situs dan konten yang berkualitas. Namun jika SEO sudah berjalan baik dan telah mendapatkan kepercayaan dari Google, maka situs tersebut akan lebih mudah masuk sistem perangkingan di halaman pertama mesin pencarian Google. Jadi, sebaiknya gunakan SEM untuk kampanye jangka pendek dan SEO untuk branding jangka panjang.

SEM Sebenarnya Bisa Mendukung SEO

Jika Anda bertanya-tanya SEM vs SEO mana yang bagus untuk promosi bisnis, sebenarnya SEM dan SEO justru dapat digunakan beriringan untuk membantu Anda dalam melakukan promosi secara digital. Berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan sehingga SEM dapat mendukung usaha SEO:

  1. Jika Anda ingin Google mencari kata kunci yang tepat bagi situs Anda, Anda bisa menggunakan “Dynamic Search Ads” pada akun Adwords. Hal tersebut akan memudahkan Google mencocokkan permintaan yang sesuai dengan situs Anda. Sehingga Google akan merekomendasikan pengguna untuk masuk ke situs Anda.
  2. Jika Anda sudah melakukan optimasi SEO, Anda juga dapat mencoba melakukan uji coba situs terhadap penawaran yang berikan dengan Adwords sehingga dapat menarik pengunjung dengan cepat. Hal ini akan lebih menguntungkan mengingat proses kampanye SEO yang membutuhkan waktu yang lama.

Itulah penjabaran yang semoga bisa menjawab pertanyaan Anda tentang SEM vs SEO mana yang bagus untuk promosi bisnis. Semoga bermanfaat!

SEM vs SEO Mana yang Bagus Untuk Promosi Bisnis? | Malik | 4.5
error: Content is protected !!