3 Cara Membuat Web Masuk ke Mesin Pencari Google dengan Menerapkan SEO

Cara Membuat Web Masuk ke Mesin Pencari Google- Di era digital seperti saat ini, internet telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari keseharian kita. Melalui internet, kita dapat memperoleh berbagai macam informasi mulai dari berita terkini hingga tips-tips bermanfaat. Saat berselancar di Google atau biasa disebut dengan googling, kebanyakan orang pasti akan melakukan klik pada website di halaman pertama. Semakin seringnya website tersebut dikunjungi, maka keuntungan yang didapatkan oleh pemilik website akan semakin besar.

Kini, giliran Anda untuk memperkenalkan bisnis online Anda dengan membuat website yang bisa tembus di halaman pertama mesin pencarian Google. Untuk membuat website Anda masuk ke halaman pertama, Anda perlu menerapkan SEO dalam berbagai macam konten yang Anda buat.  Apakah Anda masih bingung bagaimana caranya? Berikut ini beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan agar website muncul di halaman pertama Google.

Pengertian SEO

3 Cara Membuat Web Masuk ke Mesin Pencari Google dengan Menerapkan SEO

Sebelum kita membahas tentang cara membuat web masuk ke mesin pencari Google, terlebih dulu Anda harus memahami apa itu SEO. SEO atau Search Engine Optimazation merupakan proses untuk meningkatkan volume serta kualitas traffic kunjungan melalui mesin pencarian menuju ke situs web dengan menggunakan algoritme tertentu yang dilakukan secara sistematis. Apabila website tersebut berada di halaman pertama mesin pencarian Google atau bahkan berada di posisi paling atas, maka potensi pengunjung pada web tersebut pun akan semakin meningkat. Jika jumlah pengunjungnya semakin besar, maka website tersebut akan semakin terkenal. Dengan demikian, bisnis yang Anda iklankan melalui blog tersebut akan semakin dilirik oleh para customer.

Cara Mudah Agar Web Agar Masuk ke Halaman Pertama Mesin Pencarian Google

  1. Tingkatkan Kecepatan Akses Website

Cara membuat web masuk ke mesin pencari Google yang dapat Anda lakukan pertama kali adalah dengan meningkatkan kecepatan akses website. Kecepatan akses tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal, misalnya ukuran gambar, dimensi, script dan juga cache. Apabila gambar yang Anda gunakan pada website ukurannya terlalu besar, script yang berlebihan, dan tidak memperhatikan cache, maka kecepatan akses website tersebut akan menjadi lambat sehingga tidak bisa masuk di halaman pertama Google. Untuk itu, Anda perlu melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Melakukan Optimalisasi Gambar

Ukuran gambar sangat mempengaruhi kecepatan akses sebuah website. Semakin besar ukuran gambar, semakin lambat pula kecepatan aksesnya. Karena itu, Anda perlu melakukan optimalisasi gambar hingga 70-80 persen dari ukuran asli dengan menggunakan Photoshop. Pastikan juga format yang Anda gunakan adalah JPEG/JPG ataupun PNG.

  • Mengoptimalisasi Cache Browser

Cache akan menyimpan sesuatu yang pernah diakses. Karena itulah, cache akan berpengaruh pada kecepatan akses website pada mesin pencarian Google. Karena itulah, Anda perlu menggunakan W3 Total Cache atau W3 Super Cache untuk mengoptimalisasi cache browser.

  • Mengoptimalisasi Script Website

Pastikan Anda tidak menggunakan Javascript dan juga CSS secara berlebihan. Penggunaan Javascript yang berlebihan akan membuat kecepatan akses website menjadi semakin melambat. Karena itulah, Anda perlu menggunakan teknologi yang disebut dengan minify atau minifying.

  1. Mengoptimalisasi Mobile

Melakukan optimalisasi mobile bisa menjadi salah satu cara membuat web masuk ke mesin pencari Google. Google telah menerapkan Mobile First Indexing atau disebut juga dengan Mobile SEO. Metrik tersebut bertujuan untuk mengetahui peringkat suatu website berdasar kualitas jenis website tersebut. Semakin cepatnya website tersebut diakses melalui browser mobile, maka peluang website tersebut untuk berada di halaman pertama Google akan semakin besar. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan web versi mobil, di antaranya:

  • Buat Tampilan Web Versi Mobile yang Semenarik Mungkin

Anda perlu menggunakan desain web versi mobile yang responsive agar terlihat semakin menarik. Tak hanya itu saja, penggunaan desain yang sesuai juga akan memudahkan para customer pada saat mengakses web tersebut.

  • Tingkatkan Performa Web Versi Mobile

Untuk meningkatkan performa web versi mobile, hindari penggunaan gambar dengan ukuran yang terlalu besar. Gambar yang memiliki ukuran yang terlalu besar akan membuat waktu loading menjadi semakin lama.

  • Buat Konten yang Ringkas, Padat, dan Jelas

Agar para pengunjung tidak malas untuk membaca konten di website Anda, buatlah konten yang ringkas, padat, dan jelas. Dengan membuat konten yang to the point, website Anda pun akan lebih mudah masuk ke halaman pertama Google.

  1. Buat Konten yang Menarik dengan Tetap Memperhatikan SEO

Anda harus membuat konten yang menarik dengan tetap memperhatikan penggunaan aturan SEO. Dengan menggunakan SEO, Google akan menampilkan website Anda pada saat pengguna internet melakukan pencarian yang terkait dengan website tersebut. Untuk membuat web Anda semakin mudah masuk ke halaman depan mesin pencarian Google, Anda juga perlu melakukan research keyword dari konten yang ingin Anda tulis. Setelah itu, Anda dapat memberikan link-link yang sesuai dengan konten yang Anda buat.

Itulah beberapa cara membuat web masuk ke mesin pencari Google yang dapat Anda lakukan. Selamat mencoba!

 

3 Cara Membuat Web Masuk ke Mesin Pencari Google dengan Menerapkan SEO | Malik | 4.5
error: Content is protected !!