5 Perbedaan Emas Putih dan Emas Kuning yang Paling Menonjol

Perbedaan emas putih dan emas kuning – Emas tidak hanya dijadikan sebagai perhiasan saja namun juga sering menjadi investasi dengan nilai ekonomi tinggi. Meski sempat mengalami penurunan namun diperkirakan harga emas ini akan naik kembali kemudian harganya cenderung stabil. Hal itulah yang menjadikan investasi emas ini memiliki banyak peminat. Tidak cukup sampai di situ saja, emas juga digandrungi oleh kaum hawa karena bisa mempercantik penampilannya.

Logam mulia emas tidak hanya berwarna kuning saja, namun juga ada yang berwarna putih. Perhiasan emas kuning dan putih ini memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing. Masyarakat kerap membandingkan antara emas kuning dan juga emas putih. Perbandingan dan perbedaan emas putih dan emas kuning ini sering diperhatikan terutama saat akan melakukan pembelian. Berikut ini adalah beberapa perbedaan yang wajib untuk diketahui:

Bentuk

Emas kuning ini sering dijadikan sebagai perhiasan dan juga emas batangan. Sebagai perhiasan emas kuning ini akan mudah tergores sehingga penggunaannya harus hati-hati karena memang wujudnya lebih lunak. Untuk emas putih ini kebanyakan dijadikan sebagai perhiasan dan jarang dijadikan sebagai emas batangan. Emas putih ini juga cocok digunakan berbagai macam kulit berbeda dengan emas kuning yang hanya cocok digunakan oleh kulit tertentu saja.

Kesan yang Ditimbulkan

Bagi Anda yang ingin membeli emas putih dan emas kuning ada baiknya tahu kesan yang akan ditimbulkan.  Untuk emas kuning cocok bagi Anda yang ingin berpenampilan klasik dan mewah. Emas kuning juga disarankan bagi yang memiliki alergi karena tidak mengandung nikel dimana bisa meminimalkan kemungkinan reaksi alergi saat penggunaan. Untuk emas putih ini akan menciptakan kesan anggun dan juga modern, emas putih ini juga tidak disarankan bagi yang memiliki alergi.

Kilau Emas

Perbedaan emas putih dan emas kuning yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah kilau dari emas tersebut. Untuk emas kuning dengan kadar 24 karat ini memiliki kilau yang lebih lama jika dibandingkan dengan yang emas putih. Untuk emas kuning dengan kadar yang lebih rendah memang kilau akan cepat memudar meskipun tidak digunakan untuk beraktivitas setiap hari. Begitu pula dengan emas putih ini, kilau akan lebih cepat memudar dibandingkan dengan emas kuning. Agar emas kuning dan emas putih tetap bersinar hal yang bisa dilakukan melakukan pemolesan ulang ketika warna emas tersebut sudah pudar.

Harga Beli dan Harga Jual

Perbedaan emas putih dan emas kuning yang paling menonjol adalah harga beli dan harga jualnya. Membahas harga dari emas ini sangat menarik karena perbedaannya sangat signifikan.  Untuk emas kuning ini harga belinya memang lebih rendah dibandingkan dengan emas putih, namun untuk harga jualnya emas kuning ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan emas putih. Bisa dikatakan bahwa penurunan harga dari emas putih ini sangat banyak sehingga banyak orang yang tidak mau menjadikan emas putih ini sebagai investasi.

Menjual emas kuning jauh lebih mudah dibandingkan dengan emas putih karena minat pasar akan emas kuning ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan emas putih. Jika emas kuning ini cocok untuk semua kalangan mulai dari bawah sampai dengan atas, tidak dengan emas putih dimana hanya cocok untuk kalangan menengah atas saja. Mereka yang memiliki emas putih ini dijadikan sebagai koleksi bukan untuk dijadikan sebagai investasi.

Bahan Pembuatan

Perbedaan emas putih dan emas kuning yang wajib diketahui adalah bahan pembuatannya.  Emas putih menggunakan bahan campuran dimana sekitar 75% emas, kemudian sisanya adalah nikel, perak, dan juga platinum. Sedangkan untuk emas kuning ini bahan pembuatannya adalah 75% emas dan sisanya adalah tembaga dan juga seng. Saat masih baru emas putih juga akan dilapisi dengan logam lainnya seperti rhodium. Hal ini dilakukan agar kilau emas putih semakin cantik. Banyak yang mengira bahan pelapis emas putih platinum padahal rhodium. Meski bersinar rhodium ini akan pudar dan perlu di poles ulang setiap 12 sampai dengan 18 bulan sekali.

Melihat Potensi Investasi dari Emas Putih

Tidak hanya perbedaan emas putih dan emas kuning saja yang haru diketahui, namun potensi investasi dari emas putih dan kuning ini juga perlu untuk Anda ketahui. Pada umumnya harga emas putih menjadi tidak menentu dibandingkan dengan emas biasa yang berwarna kuning. Karena harga yang tidak menentu tersebut maka emas putih ini tidak cocok untuk dijadikan sebagai investasi. Alasan lainnya mengapa emas putih ini tidak cocok dijadikan sebagai investasi karena banyak dijadikan sebagai perhiasan.

Sebenarnya semua perhiasan dalam wujud emas ini tidak cocok untuk investasi karena biaya dalam proses pembentukan tidak akan bisa memberikan imbal balik yang maksimal. Emas dalam bentuk perhiasan bisa dijadikan sebagai pelindung dari nilai kekayaan namun tidak cocok menjadi aset investasi terutama dalam jangka waktu singkat.

Emas memang seringkali dijadikan sebagai pilihan dalam investasi. Maka setelah membaca perbedaan emas putih dan emas kuning di atas disimpulkan bahwa emas batangan berwarna kuning menjadi pilihan yang tepat dibandingkan dengan emas putih dan kuning dalam bentuk perhiasan.

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

PERBEDAAN EMAS PUTIH DAN KUNING -

5 Perbedaan Emas Putih dan Emas Kuning yang Paling Menonjol | Malik | 4.5
error: Content is protected !!