7 Penyebab Usaha Tidak Berkembang atau Bahkan Mengalami Kegagalan

Sebagai pelaku usaha, Anda harus benar-benar memahami apa saja penyebab usaha tidak berkembang. Hal ini penting untuk diperhatikan agar nantinya bisnis yang Anda jalankan bisa tumbuh dengan maksimal dan berkembang sesuai harapan. Jangan sampai tenaga dan waktu yang Anda keluarkan untuk mengelola usaha tersebut berakhir sia-sia karena bisnis yang tak jua mengalami peningkatan yang signifikan.

Anda perlu mencari tahu apa saja faktor yang membuat sebuah usaha mengalami pertumbuhan yang lambat atau stagnan. Dengan demikian, nantinya Anda akan lebih mudah dalam mengambil solusi terbaik untuk menghindari kemungkinan resiko yang menghambat perkembangan usaha Anda. Berikut ini akan dijabarkan beberapa sebab yang membuat sebuah usaha mengalami perkembangan yang tidak maksimal atau bahkan gagal.

1.     Tidak Menerapkan Strategi Pemasaran yang Tepat

Salah satu hal yang membuat sebuah usaha mengalami perkembangan yang lambat adalah tidak diterapkannya strategi pemasaran yang tepat. Banyak pengusaha yang terkesan terlalu terburu-buru dalam mendirikan bisnisnya hingga mengabaikan penggunaan strategi pemasaran. Akibatnya, bisnis yang dijalankan hanya akan menghasilkan lead yang  sedikit dan justru akan membuat Anda merasa frustasi. Sebelum menjalankan sebuah usaha, sebaiknya Anda perlu memikirkan secara matang strategi pemasaran apa yang paling tepat untuk usaha Anda. Pastikan strategi pemasaran yang akan diterapkan mampu menyentuh dan kegiatan promosi yang dilakukan dapat menarik minat konsumen.

2.     Memberikan Harga Jual yang Terlalu Rendah

Meskipun harga jual yang rendah memang mampu menarik minat konsumen, namun pemberian harga yang terlalu rendah justru bisa menjadi salah satu penyebab usaha gagal. Pasalnya, harga jual yang terlalu rendah hanya akan mendatangkan keuntungan yang tidak seberapa dan bahkan tidak sebanding dengan kerja keras Anda selama ini. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan perencanaan agar nantinya produk yang Anda tawarkan dapat dijual dengan harga yang terendah namun tetap bisa mendatangkan keuntungan yang sesuai dengan tenaga dan biaya yang telah dikeluarkan. Dengan demikian, usaha yang Anda jalankan bisa terus mengalami peningkatan dan tidak mengalami pertumbuhan yang stagnan.

3.     Enggan Menjalin Hubungan Bisnis

Menjalin hubungan bisnis dengan pihak-pihak tertentu, seperti misalnya dengan sesama pengusaha, influencer, ataupun afiliasi bisa menjadikan sebuah usaha terus berkembang. Sebab, mereka nantinya akan membantu Anda dalam membuka jalan untuk mengembangkan bisnis Anda saat ini, misalnya dengan memberikan suntikan dana, mempromosikan produk, dan lain sebagainya. Sebaliknya, apabila Anda enggan menjalin hubungan bisnis, maka akibatnya usaha yang Anda jalankan akan mengalami perkembangan yang lambat atau bahkan gagal. Maka dari itu, mulailah untuk membangun hubungan bisnis dengan pihak lain. Namun, pastikan Anda tidak salah dalam memilih orang yang akan diajak bekerja sama dalam membangun usaha. Sebab, orang yang tidak tepat justru akan membuat usaha Anda mengalami masalah.

4.     Bertahan di Zona Nyaman

Sebagai pelaku usaha, Anda harus berani menghadapi tantangan yang Anda temui dalam menjalankan usaha saat ini. Apabila Anda hanya memilih bertahan di zona nyaman dan tidak berani mengambil perubahan, maka hal ini bisa jadi penyebab usaha tidak berkembang. Pelaku usaha yang enggan beranjak dari zona nyamannya cenderung akan berhenti pada satu titik saja. Bahkan mereka pun terkesan enggan berekspektasi terlalu tinggi pada usaha yang dijalankannya.

5.     Terlalu Fokus pada Berbagai Hal Kecil

Terlalu fokus memperhatikan dan memikirkan berbagai hal kecil justru akan membuang-buang waktu sehingga Anda tidak sempat memikirkan berbagai hal yang jauh lebih penting. Hal ini akhirnya hanya akan menghambat perkembangan usaha Anda. Sebaiknya, serahkan hal-hal kecil pada orang lain atau karyawan dan lakukanlah tugas yang lebih besar sebagai seorang bos. Dengan demikian, Anda bisa lebih fokus memikirkan hal-hal penting yang berguna dalam meningkatkan pertumbuhan  usaha Anda.

Baca juga : Waspada! 5 Bisnis yang Terancam Bangkrut di Tengah Pandemi

6.     Tidak Mengotomatiskan Proses Bisnis

Proses bisnis yang tidak diotomatiskan ternyata bisa menjadi salah satu penyebab usaha gagal. Sebab, tanpa otomatisasi bisnis, Anda harus mengeluarkan tenaga dan waktu yang lebih banyak dalam menjalankan kegiatan operasional sehingga tidak punya waktu banyak untuk memikirkan pertumbuhan bisnisnya. Untuk itu, cobalah untuk mengotomatiskan berbagai aktivitas bisnis sehingga Anda bisa lebih leluasa dalam memikirkan perkembangan usaha Anda.

7.     Tidak Mengukur Perkembangan

Apabila Anda tidak mengukur perkembangan usaha Anda setiap harinya, bagaimana mungkin Anda mengambil keputusan yang tepat terkait dengan kondisi usaha Anda. Saat ini masih banyak pengusaha yang mengabaikan data-data bisnis yang ada dan cenderung lebih suka menebak tanpa adanya data yang jelas. Akibatnya, mereka tidak mengetahui secara pasti bagaimana perkembangan usahanya saat ini. Oleh karena itu, perhatikan dan perbaharui secara berkala setiap data bisnis yang ada dan ukur pencapaian usaha Anda.

Demikianlah penjelasan tentang penyebab usaha tidak berkembang. Dengan memahami berbagai hal yang dapat menghambat usaha, diharapkan Anda lebih bisa mengambil strategi terbaik agar usaha Anda bisa berjalan sesuai harapan.

7 Penyebab Usaha Tidak Berkembang atau Bahkan Mengalami Kegagalan | Malik | 4.5
error: Content is protected !!