Peluang Usaha Fotografi dan Analisa Usahanya Paling Lengkap

Peluang usaha fotografi – Fotografi tidak lekang dari kehidupan manusia. Hal itu dikarenakan ada saat momen-momen penting yang membutuhkan jasa fotografi ini seperti saat pernikahan, wisuda, syukuran kelahiran anak, dan masih banyak lagi lainnya. Karena hal tersebut bisnis fotografi berkembang dengan pesat seiring dengan perkembangan dunia digital. Meski begitu usaha fotografi tidak semudah kelihatannya, sehingga sebelum Anda menggeluti bisnis ini ada baiknya mengetahui beberapa informasi penting tentang bisnis fotografi ini terlebih dahulu.

Mengapa Bisnis Fotografi Potensial?

Bisa dikatakan bahwa peluang usaha fotografi tidak pernah lekang oleh masa. Alasannya adalah hampir semua orang sangat suka di potret. Tidak hanya itu saja, semua orang pasti memiliki momen istimewa yang ingin di abadikan dalam sebuah karya fotografi sehingga membuat bisnis ini selalu dibutuhkan. Saat ini banyak orang menggeluti bisnis membuat mereka membutuhkan jasa fotografi yang  bisa memotret produk mereka dengan baik.

Usaha fotografi

Hal yang membuat bisnis fotografi menggiurkan karena memiliki cakupan yang luas tidak hanya digunakan memotret orang saja namun juga bisa berupa object. Jasa fotografi profesional juga sering digunakan untuk memotret berbagai macam produk seperti fashion, makanan, kosmetik, dan lain sebagainya. Foto yang dipotret secara profesional akan terlihat lebih hidup dan menarik dibandingkan dengan dipotret ala kadarnya. Selain itu banyak perusahaan juga membutuhkan jasa fotografi profesional untuk kepentingan company profile mereka sehingga Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan tersebut untuk menjalin kerja sama bisnis yang saling menguntungkan.

Memulai Bisnis Fotografi

Salah satu hal yang harus diketahui adalah peluang usaha fotografi ini tidak bisa digeluti oleh semua orang. Hanya yang memiliki kemampuan saja yang bisa menggeluti bisnis ini. Anda yang ingin terjun ke bisnis fotografi ini harus memiliki kemampuan untuk bisa memotret object foto secara pas dan indah. Tanpa kemampuan ini mustahil bisnis fotografi akan bisa berjalan dengan lancar.

tips memulai usaha fotografi

tips memulai usaha fotografi

Yang diperhatikan selanjutnya bagi Anda yang ingin berbisnis fotografi adalah menentukan pangsa pasarnya. Fotografi ini memiliki pangsa pasar yang luas sehingga Anda harus fokus dalam menentukan siapa yang menjadi pangsa pasar Ana. Pangsa pasar fotografi ada wedding atau wedding party, kuliner, produk, pariwisata, dan jurnalistik. Terlalu banyak menentukan pangsa pasar hanya akan membuat Anda tidak fokus terutama dalam hal pemasaran. Langkah lainnya yang bisa dilakukan adalah membangun tim solid minimal Anda bisa menggeluti bisnis ini dengan anggota 2 orang bisa Anda bersama dengan teman Anda karena hasil foto akan lebih maksimal.

Analisa Usaha

Tidak hanya peluang usaha fotografi saja yang penting diperhatikan namun analisa usahanya juga perlu diperhatikan. Dengan analisa usaha ini Anda bisa tahu berapa modal dan biaya yang harus dikeluarkan. Untuk modal awal ini Anda harus mengeluarkan budget kurang lebih 25 juta rupiah dimana dengan modal tersebut Anda bisa membeli kamera DSLR dan lensa tambahan, alat cetak, peralatan lainnya seperti tripod, lampu blitz, dan juga payung.

Untuk penunjang lainnya yang dibutuhkan adalah papan nama, spanduk, brosur, dan juga pembuatan website. Selain modal awal, biaya operasional pun juga penting diperhatikan. Anda harus mengeluarkan budget kurang lebih 4 juta rupiah per bulan untuk gaji 1 orang karyawan, bahan cetak, perlengkapan lain yang dibutuhkan, dan juga biaya promosi.

Keuntungan

Membicarakan usaha fotografi tidak akan terasa lengkap jika tidak membahas analisa keuntungan usaha. Jika tahu bagaimana cara menggeluti bisnis fotografi yang baik dan benar, Anda akan bisa mendapatkan keuntungan yang sangat lumayan. Misalnya adalah dalam sebulan Anda mendapatkan pesanan 8 paket foto wedding dengan harga paket 2,5 juta rupiah maka dalam sebulan penghasilan Anda sebesar 20 juta rupiah. Maka keuntungan atau laba bersih yang bisa didapatkan adalah 16 juta rupiah karena dikurangi biaya operasional sebesar 4 juta rupiah.

Dengan laba besar seperti itu Anda bisa mencapai BEP dalam waktu 1 bulan lebih namun itu artinya Anda tidak akan bisa mendapatkan gaji untuk diri Anda sendiri. Anda bisa menyisihkan 10 juta rupiah untuk bulan ini dan bulan depan, yang terakhir adalah 5 juta rupiah sehingga Anda akan tetap diberikan gaji untuk usaha dan kerja keras Anda.

Hambatan Memulai Usaha Fotografi

Setiap bisnis ini akan memiliki hambatannya masing-masing begitu pula dengan bisnis fotografi. Meski peluang usaha fotografi terbuka dengan lebar, namun tetap saja ada hambatan yang harus diwaspadai. Hambatan yang pertama adalah persaingan yang ketat. Sudah bukan hal yang rahasia lagi jika banyak yang membuka bisnis fotografi tersebut baik yang bentuk usahanya perusahaan maupun personal, hal ini memaksa Anda untuk selalu bersikap kreatif an inovatif supaya konsumen selalu tertarik menggunakan jasa Anda.

Hambatan yang terakhir adalah melonjaknya bahan cetak. Saat menawarkan bisnis Anda tidak hanya menawarkan jasa saja namun sekaligus jasa cetaknya. Bahan cetak seperti kertas, tinta, dan yang lainnya akan mengalami kenaikan harga sehingga Anda harus bisa mengantisipasinya.

Peluang usaha fotografi akan menguntungkan dan menggiurkan jika Anda tahu bagaimana cara memulai dan menggelutinya dengan baik dan benar, semoga beberapa informasi yang telah disebutkan di atas bermanfaat bagi Anda yang tertarik untuk menggeluti bisnis fotografi ini.

Peluang Usaha Fotografi dan Analisa Usahanya Paling Lengkap | Malik | 4.5
error: Content is protected !!