Pengertian SEO: Teknik Optimasi dan Cara Kerjanya

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah memahami pengertian SEO. SEO (Search Engine Optimization) merupakan setiap hal yang berhubungan dengan langkah optimasi website di search engine atau mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain sebagainya. Dengan menerapkan SEO, maka sebuah website memiliki kesempatan yang lebih besar untuk muncul di halaman pertama mesin pencari sehingga memungkinan menarik lebih banyak pengunjung organik pada website tersebut.

Tak hanya website yang berisi tentang informasi saja, penerapan SEO juga harus dilakukan untuk jenis website lain seperti toko online, blog pribadi, dan lain masih banyak lagi yang lainnya. Dengan kata lain, SEO dapat disebut sebagai langkah pemasaran sebuah website pada mesin pencari.

Alasan Mengapa Anda Harus Menerapkan SEO

SEO

SEO

Sebagai salah satu langkah optimasi website yang paling banyak digunakan oleh blogger, tentunya Anda harus mengetahui mengapa SEO benar-benar penting untuk diterapkan pada situs Anda. Setidaknya terdapat 3 hal alasan penting yang mendasarinya, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Pada dasarnya, SEO merupakan sebuah teknik yang dirancang untuk mengembangkan website agar dapat berada di tingkat teratas mesin pencari. Selain mendapatkan ketenaran, otomatis website tersebut akan lebih mampu menarik banyak pengunjung.
  • Bagi pengelola website yang pihak ketiga penyedia iklan seperti Google Adsense, banyaknya pengunjung tersebut dapat dikonversikan sebagai uang. Di samping itu, untuk pengelola website berbasis toko online, kondisi tersebut akan memancing banyaknya konsumen yang kemungkinan besar membeli produk-produk dari toko online tersebut. Tentu saja hal ini menjadikan banyak orang menganggap bahwa optimasi SEO dinilai paling tepat untuk mempromosikan website.
  • Website yang mampu bertengger di peringkat satu mesin pencari dapat mengalahkan kompetitor lain di bidang serupa. Seperti halnya usaha atau bisnis nyata, kompetisi di dunia SEO pun juga berlaku. Sebagai langkah optimasi website, penerapan SEO yang tepat akan mampu mengalahkan kompetitor lain yang bergerak di bisnis serupa.

Setidaknya itulah pengertian SEO dan alasan mengapa SEO sangat penting diterapkan pada website. Dengan begitu, bagi Anda yang masih pemula di dunia blogging, sebaiknya mempelajari cara kerja SEO serta bagaimana cara penerapannya untuk mengenalkan situs Anda di mesin pencari.

Teknik SEO yang Harus Anda Kuasai

Berbicara mengenai SEO, tentunya berhubungan erat dengan teknik optimasi SEO. Secara garis besar, terdapat 2 macam teknik SEO yang harus Anda pahami yakni SEO on Page dan SEO off Page. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. SEO on Page

SEO on Page

Pengertian SEO on Page adalah sebuah teknik optimasi website yang berasal dari dalam laman website itu sendiri. Maksudnya adalah bagaimana Anda menerapkan tulisan yang standar untuk SEO. Misalnya peletakan kata kunci di judul tulisan, sub judul, hingga penyebaran kata kunci pada sebuah artikel. Hal lain yang dapat Anda terapkan untuk mengoptimasi sebuah situs dengan SEO on Page adalah:

  • Riset Keyword

Hal penting pertama yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara Anda melakukan riset keyword. Ini penting diperhatikan mengingat persaingan keyword di mesin pencari sangat ketat. Untuk itu, Anda dapat mencari keyword tepat yang memiliki jumlah atau tingkat persaingan yang rendah.

Dalam hal ini, setidaknya terdapat 3 langkah yang perlu diperhatikan. Pertama adalah kemungkinan kata kunci yang dimasukkan oleh user pada mesin pencari. Kedua adalah seberapa ketat persaingan keyword tersebut. Dan yang ketiga adalah mencari keyword yang sedang trending dibicarakan dan dicari oleh pengguna.

  • Meta Tags dan URL

Langkah kedua yang juga harus diperhatikan adalah mengenai meta tags dan URL situs. Meta tag merupakan deskripsi singkat tentang tulisan pada sebuah artikel. Di mesin pencari, meta tag terletak tepat di bawah alamat situs yang berupa penjelasan terkait isi artikel tertentu.

Adapun jumlah karakter yang paling tepat untuk meta tags adalah maksimal 150 karakter. Namun belakangan ini, mesin pencari Google melakukan pembaruan algoritma sehingga jumlah ideal untuk meta tag menjadi 120 karakter. Sedangkan untuk URL, sebaiknya mengaplikasikan URL yang memiliki kata kunci dan tidak terlalu panjang.

  • Optimasi Konten

Langkah selanjutnya adalah melakukan optimasi konten. Dalam hal ini, sebaiknya Anda menggunakan H-tags (H1, H2, H3, dan seterusnya). H1 merupakan judul, H2 adalah sub judul, H3 adalah sub-sub judul, dan seterusnya.

  • Optimasi Gambar

Selain melakukan optimasi konten, Anda juga harus mengoptimasi setiap gambar yang Anda cantumkan pada artikel. Caranya adalah dengan mengisi deskripsi dan judul gambar dengan keyword atau judul artikel yang Anda gunakan.

  • Internal Link

Ini adalah langkah terakhir yang dapat dilakukan untuk optimasi SEO on Page. Pada langkah ini, Anda dapat mencantumkan link situs Anda sendiri pada sebuah artikel tertentu. Hal ini bertujuan agar tulisan Anda yang lain juga menarik perhatian lebih banyak pengunjung. Selain itu, mesin pencari Google juga cenderung menyukai artikel dengan internal link daripada artikel yang tidak menerapkan internal link sama sekali.

2. SEO off Page

SEO Off Page

SEO Off Page

Pengertian SEO off Page adalah sebuah teknik optimasi website yang berasal dari luar website itu sendiri. Maksudnya adalah Anda mempromosikan tulisan artikel pada laman website yang terdapat di internet. Contohnya adalah media sosial, forum-forum, blog comment, dan lain sebagainya. Untuk mempromosikan website menggunakan media sosial, Anda dapat share tulisan Anda pada Twitter, Facebook, Google Plus, dan sebagainya.

Selain itu, Anda juga dapat mempromosikan situs dengan mengaplikasikan metode backlink. Backlink merupakan link yang terpasang pada website lain dan mengarah pada situs Anda. Backlink tak kalah pentingnya dengan internal link karena mesin pencari Google juga dapat lebih cepat mengetahui keberadaan website Anda sehingga kemungkinan untuk tampil di laman pertama mesin pencari semakin besar.

Cara Kerja Search Engine / Mesin Pencari

Search Engines

Search Engines

Setelah mengetahui sedikit tentang pengertian SEO dan pentingnya untuk website, Anda juga harus memahami tentang cara kerja mesin pencari. Hal ini bertujuan agar nantinya Anda dapat mengambil langkah tepat untuk melakukan optimasi SEO ataupun cara lain demi meningkatkan peringkat situs Anda pada mesin pencari. Adapun cara kerja dari mesin pencari adalah sebagai berikut:

1. Crawling

Perayapan atau yang sering disebut dengan crawling merupakan proses pengambilan data pada setiap halaman website tertentu. Hal ini dilakukan oleh perangkat lunak yang dimiliki mesin pencari bernama spider atau crawler. Untuk mesin pencari Google, mereka memiliki produk sendiri untuk crawling bernama Googlebot.

2. Indexing

Indexing adalah pembuatan indeks yang terdapat pada semua halaman website dan nantinya akan disimpan pada database mesin pencari. Pada dasarnya, proses indexing berjalan dengan cara mengindentifikasi kata-kata, tulisan, atau deskripsi yang dapat membuat sebuah laman tertentu pada mesin pencari. Proses tersebut sangat berhubungan dengan kata kunci atau keyword yang menjadi salah satu dasar SEO.

3. Processing

Processing merupakan cara kerja mesin pencari yang selanjutnya. Dalam hal ini, mesin pencari akan memproses setiap kata kunci yang dimasukkan oleh user dan membandingkannya dengan website lain yang memiliki kata kunci serupa. Contohnya adalah ketika Anda memasukkan kata kunci ‘Pengertian SEO’, dalam dalam sepersekian detik mesin pencari akan mengumpulkan semua data website yang mengandung kata kunci tersebut lalu menampilkannya pada halaman pencarian.

4. Retrieving Result

Cara kerja mesin pencari yang terakhir adalah mengambil semua hasil kata kunci yang relevan dan menampilkannya di halaman pencarian. Setiap bulannya, mesin pencari raksasa seperti Google dan Yahoo akan melakukan beragam pembaruan algoritma yang berhubungan langsung dengan teknik optimasi SEO. Hal ini bertujuan agar pengguna atau user mendapatkan informasi yang paling relevan saat memasukkan kata kunci tertentu.

Semoga ulasan mengenai pengertian SEO, teknik optimasi SEO, dan cara kerja mesin pencari di atas bermanfaat bagi Anda.

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

biaya seo -cara membuat blog pribadi -

Pengertian SEO: Teknik Optimasi dan Cara Kerjanya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!