Pengertian dan Contoh Internet Marketing untuk Mendukung Bisnis Anda

Pengertian dan contoh internet marketing – Di jaman yang serba canggih seperti sekarang, teknologi internet menjadi salah satu hal yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Banyak sekali kelebihan yang ditawarkan internet, salah satunya adalah sebagai media bisnis dan pemasaran yang paling ampuh. Hal ini karena internet mampu menjangkau semua kalangan dari berbagai tempat yang berbeda dengan mudah.

Sebagai media pemasaran produk, ada banyak sekali orang yang mencari cara bagaimana menjalankan bisnis internet marketing secara tepat. Setidaknya terdapat beberapa alasan yang menjadikan para pemain bisnis akhirnya memilih internet marketing sebagai salah satu langkah mengembangkan bisnis mereka. Apa sajakah itu? Daripada penasaran, sebaiknya Anda simak ulasan berikut ini.

Pengertian Internet Marketing

Internet Marketing

Internet Marketing

Sebelum mengulas lebih jauh tentang internet marketing, ada baiknya apabila Anda memahami apa pengertian dan contoh internet marketing. Pemasaran internet atau yang lebih akrab disebut dengan internet marketing merupakan cara yang dilakukan baik oleh perusahaan atau individu yang ingin menawarkan produk dan jasa dengan media internet.

Konsep pelaksaan internet marketing meliputi berbagai macam kegiatan yang tujuannya adalah memperkenalkan, mempromosikan, dan menjual produk ataupun jasa. Aktivitas dari internet marketing sendiri dapat berupa pembuatan produk periklanan, mencari calon pembeli yang tepat, hingga memberikan daya tarik berupa konten digital dan kalimat menarik untuk menjual barang dan jasa.

Manfaat Internet Marketing

Seperti yang dijelaskan di atas, teknologi internet memungkinkan setiap orang untuk memasarkan produk dan jasa secara cepat dan masif. Jangkauan internet yang sangat luas, bahkan mencapai seluruh dunia, akan memberikan keuntungan tersendiri bagi pemasaran produk. Setidaknya berikut adalah manfaat internet marketing yang dapat dirasakan apabila dibandingkan dengan sistem pemasaran konvensional. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Tak Ada Batasan Waktu

Manfaat pertama internet marketing tak memiliki batasan waktu yang menjadi kendala dalam proses pemasaran produk. Anda dapat memperhatikan bahwa pada bisnis konvensional, rata-rata langkah pemasaran dibatasi oleh waktu. Contohnya adalah iklan televisi yang semakin malam akan semakin berkurang jumlah iklannya. Hal ini karena begitu memasuki tengah malam, iklan tidak akan berfungsi secara efektif untuk merangkul konsumen.

Kondisi di atas tentu saja sangat berbeda dengan internet marketing. Kapan pun dan dimana pun, baik perusahaan ataupun individu tetap dapat memasarkan produk mereka selama 24 jam non-stop. Terlebih seperti saat ini dimana pengguna teknologi smartphone sudah semakin banyak.

2. Jangkauan Pasar yang Lebih Luas

Manfaat selanjutnya adalah jangkauan pasar yang semakin luas. Ini adalah keunikan yang diusung oleh internet marketing. Pasalnya, biaya yang dibutuhkan oleh konsumen dalam memasarkan produk-produk mereka baik di wilayah lokal ataupun lain benua dibanderol dengan harga yang sama. Semakin luas jangkauan pasar, tentu saja akan semakin besar pula calon konsumen yang dapat dijaring.

3. Dapat Menekan Biaya Pemasaran

Apabila jenis pemasaran konvensional membutuhkan beragam biaya untuk mencetak spanduk, brosur, dan lain sebagainya, maka kini internet marketing dapat mengatasi hal itu semua. Mengapa? Karena media yang digunakan adalah internet, maka pengguna bisnis internet marketing tak perlu lagi memproduksi barang-barang fisik untuk promosi. Dengan begitu, biaya pemasaran dapat dialihkan untuk hal lain yang lebih efektif.

Cara Terbaik untuk Menjadi Internet Marketer

Internet Marketer

Pada ulasan tentang pengertian dan contoh internet marketing kali ini, akan diulas pula tentang bagaimana cara untuk menjadi seorang internet marketer yang sukses. Hal ini tentu akan sangat mendukung langkah bisnis Anda. Adapun cara yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Membangun Relasi yang Baik

Cara pertama adalah dengan membangun relasi yang baik. Hal ini karena relasi bisnis tak hanya perlu dibangun dalam pekerjaan dunia nyata saja, promosi menggunakan internet marketing pun membutuhkan jaringan relasi yang baik. Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan berbagai media online seperti Twitter, Facebook, Instagram, LinkedIn, Google Plus, dan lain sebagainya.

Manfaatkan semua media tersebut untuk mempromosikan bisnis Anda. Dengan begitu, maka akan muncul lingkaran pertemanan yang mampu membangun brand dan citra perusahaan agar lebih baik. Dengan brand yang baik, maka calon konsumen akan lebih mempercayai bisnis tersebut.

2. Memahami Produk yang Ingin Dipromosikan

Cara kedua yakni memahami secara detail tentang produk yang akan dipromosikan. Dalam hal ini, Anda dapat menggali berbagai kelebihan yang dimiliki oleh produk tersebut sebelum akhirnya mencari konsumen yang akan membelinya. Dengan memahami produk secara baik, tentunya langkah untuk mempromosikan produk tersebut pada konsumen dapat lebih meyakinkan.

3. Buat Target Tinggi

Dalam bisnis internet marketing, Anda harus memiliki patokan atau target setinggi mungkin. Jangan pernah merasa puas terhadap pencapaian yang diperoleh dari internet marketing. Hal ini karena mudah puas dapat menjadi boomerang yang nantinya akan membuat bisnis Anda surut. Untuk itu, Anda juga harus memiliki capaian berupa misi dan visi serta target penjualan sebuah produk.

Setidaknya itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis internet marketing. Dengan begitu, Anda tak akan salah mengambil langkah yang nantinya dapat menunjang kesuksesan.

Jenis-Jenis Internet Marketing

Jenis-Jenis Internet Marketing

Setelah mengetahui tentang pengertian dan contoh internet marketing serta langkah untuk melakukannya, kini saatnya Anda mengetahui tentang jenis internet marketing. Mengapa? Hal ini bertujuan agar Anda dapat memilih model internet marketing seperti apa yang cocok untuk bisnis Anda. Di antaranya adalah:

1. SEO (Search Engine Optimization)

Ini adalah salah satu bentuk paling umum dari internet marketing. Pemasaran SEO sendiri merupakan jenis pemasaran yang tujuannya adalah meningkatkan jumlah kunjungan konsumen pada laman situs tertentu. Melakukan optimasi SEO secara tepat akan membantu laman situs berada di posisi pertama mesin pencari. Dengan begitu, maka akan semakin banyak konsumen yang berkunjung ke situs Anda.

2. Pemasangan Iklan

Model internet marketing yang selanjutnya adalah dengan memasang iklan pada situs tertentu untuk mempromosikan produk Anda. Dalam hal ini, Anda membutuhkan jasa pihak ketiga yang memasang banner iklan pada laman mereka. Banner iklan tersebut akan diarahkan langsung pada website Anda bagi setiap konsumen yang tertarik dengan produk yang diiklankan. Salah satu contoh jasa pemasangan iklan adalah Google Adword.

3. Social Media Marketing

Merupakan jenis pemasaran yang memanfaatkan media sosial seperti Twitter, Facebook, Path, Instagram, dan lain sebagainya. Seperti yang kita tahu, sebagian besar masyarakat di dunia memiliki media sosial yang digunakan untuk saling berinteraksi satu sama lain. Dengan menggunakan social media marketing, maka Anda dapat lebih mudah menjaring calon konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.

4. Affiliate Marketing

Merupakan jenis pemasaran yang mengandalkan sistem kerjasama. Pada sistem affliate marketing, pihak pengiklan akan memberikan komisi dalam jumlah yang disepakati apabila berhasil menarik konsumen dalam membeli produk tertentu. Adapun jumlah pembagian hasil yang umumnya diterapkan pada sistem affiliate marketing adalah 30 hingga 50 persen dari target penjualan produk tertentu.

Itulah sedikit ulasan mengenai pengertian dan contoh internet marketing, semoga bermanfaat.

 

Pengertian dan Contoh Internet Marketing untuk Mendukung Bisnis Anda | Malik | 4.5
error: Content is protected !!