3 CEO Indonesia Terpopuler 2018 di Perusahaan IT Terkemuka

CEO Indonesia terpopuler 2018 – Berita tentang keberhasilan CEO seringkali dijabarkan di berbagai media modern. Jabatan yang satu ini memang terkenal cukup penting dalam sebuah perusahaan. Pertanyaannya, apa yang dimaksud dengan CEO? Apa saja pekerjaannya? Dan Siapa saja saja CEO Indonesia paling populer? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda dapat menyimak ulasan berikut ini.

Mengenal tentang Chief Executive Office (CEO)

Pejabat eksekutif tertinggi atau yang lebih dikenal dengan CEO merupakan sebuah jabatan paling tinggi dalam perusahaan karena kebijakan yang diberikan oleh CEO lah yang nantinya menentukan kesuksesan serta pada arah mana perusahaan mengembangkan bisnisnya. Hanya saja istilah CEO masih jarang terdengar di Indonesia.

Alasannya, pemegang tertinggi perusahaan di Indonesia lebih sering menggunakan istilah Presiden Direktur (Presdir) atau Direktur Utama (Dirut). Perlu diketahui, saat ini sebutan Presdir mulai jarang digunakan dalam mengasosiasikan CEO. Pasalnya ada beberapa perusahaan yang menjadikan Presdir sebagai jabatan tersendiri yang berbeda dengan CEO. Dalam banyak kasus, perusahaan-perusahaan besar menjadikan CEO sebagai Board of Directors yang berperan sebagai pemegang saham terbesar.

Pekerjaan Apa yang Dilakukan oleh CEO

Anda pasti sering mendengar atau membaca berita terkait kesuksesan CEO di bidang IT seperti Larry Page (CEO Google) dan Mark Zuckerberg (CEO Facebook). Secara garis besar, tugas dari CEO adalah menentukan visi, misi, serta strategi perusahaan agar dapat berkembang serta mampu bersaing dengan kompetitor bisnis. Di tangan CEO lah nasib perusahaan bergantung.

Pekerjaan lain dari CEO yang tak kalah pentingnya adalah menentukan sebuah kebudayaan dalam lingkup perusahaan. Contohnya yakni bagaimana aturan penggunaan seragam, jam kerja, dan kebijakan-kebijakan penting lainnya. CEO pun memiliki kekuasaan penuh untuk memperkerjaan dan memecat siapa saja yang mereka inginkan. Tak hanya itu saja, CEO juga diharuskan mampu memotivasi anggota tim agar dapat bekerja dengan baik.

Bagaimana Cara Mengukur Kesuksesan CEO

Melihat dari penjelasan di atas, lingkup kerja CEO sangat luas karena merekalah yang bertugas menentukan strategi perusahaan hingga memilih tim-tim profesional untuk mengelola perusahaan tersebut. Untuk mengukur kesuksesan CEO adalah dengan cara menghitung keuntungan finansial perusahaan yang telah berjalan lama dalam jangka panjang.

Adapun maksud dari keuntungan finansial perusahaan adalah besaran profit serta langkah alokasi budget dan investasi perusahaan tersebut dianggap tepat atau tidak. Dalam hal ini, CEO akan bekerja sama dengan Chief Financial Officer (CFO) dan anggota tim tertinggi lain di perusahaan tersebut meskipun keputusan akhir ada di tangan CEO.

Daftar CEO Indonesia Paling Populer

Di Indonesia sendiri, ada beberapa CEO yang dikenal akan kesuksesan yang mereka dapat. CEO yang akan diulas pada kesempatan kali ini adalah CEO yang bergerak di bidang IT. Mengapa? Pasalnya perusahaan teknologi informasi menjadi sebuah bisnis yang mengalami perkembangan sangat pesat. Di samping itu, persaingan di bidang IT juga terbilang sangat ketat dengan adanya kompetitor bisnis serupa. Berikut adalah CEO Indonesia terpopuler 2018 di bidang IT.

Alex Janangkih Sinaga – CEO Telkom Indonesia

Alex Janangkih Sinaga

Alex Janangkih Sinaga

Seperti yang kita tahu, Telkom Indonesia menjadi salah satu perusahaan informasi dan komunikasi yang terbilang sangat sukses. Bagaimana tidak? Jumlah pengguna jasa Telkom Indonesia telah mencapai lebih dari 150 juta pelanggan. Semua kesuksesan tersebut didapatkan dari kerja keras Alex Janangkih Sinaga beserta para tim yang mendukungnya.

Sebelum menjadi CEO PT Telkom Indonesia, Alex Janangkih pernah menduduki jabatan tinggi di PT Telkom seperti General Manager of Telkom, Senior Manager of Performance, Head of Fixed Wireless Network Division, dan Head of Enterprise Service Division. Di tahun 2008, Alex Janangkih Sinaga menjadi Presiden Komisari dari PT Sigma Cipta Caraka. Selain itu, dia juga menjadi Vice President of Toba Lake Golf.

Alex Janangkih Sinaga pun pernah menjadi Direktur Utama Telkomsel di tahun 2012. Pertama kali menjadi Dirut Telkomsel, ia melakukan gebrakan dengan cara memacu pertumbuhan finansial perusahaan. Misalnya di tahun pertamanya menjadi Direktur Utama, keuntungan Telkomsel melejit 23% atau sekitar Rp 15,72 Triliun dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 12,82 Triliun.

Dengan berbagai keberhasilannya tersebut, Alex kemudian secara resmi ditunjuka sebagai CEO PT Telkom Indonesia Tbk melalui RUPS-LB (Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa). Alex menggantikan Arief Yahya yang akhirnya dipilih sebagai anggota Kabinet Kerja Presiden. Tak heran jika Alex Janangkih Sinaga menjadi salah satu CEO Indonesia terpopuler 2018 melihat perkembangan Telkom Indonesia yang semakin pesat.

Nadiem Makarim – CEO Go-Jek

CEO Indonesia terpopuler yang selanjutnya datang dari perusahaan start up teknologi, Go-Jek. Anda sendiri pun pasti menyadari bagaimana perkembangan Go-Jek yang kian masiv dari hari ke hari. Semua hal tersebut merupakan hasil jerih payah yang dilakukan oleh Nadiem Makarim.

Nadiem Makarim

Nadiem Makarim

Berdasarkan data yang dirangkum dari Flipit, perusahaan start up teknologi Go-Jek memegang popularitas tertinggi dalam hal penyebutan di media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Seperti yang kita tahu, aplikasi Go-Jek memang memberikan perubahan yang besar bagi kehidupan masyarakat. Hal ini karena perusahaan Go-Jek memberikan kemudahan bagi para penggunanya hingga memberikan alternatif dan solusi baru di bidang transportasi.

Tak hanya itu saja, Nadiem Makarim CEO start up teknologi Go-Jek turut serta memberikan sumbangsih besar terhadap perekonomian masyarakat. Menurut data, saat ini sudah lebih dari 100.000 warung dan restoran yang tersebar di 50 kota di Indonesia yang terhubung dengan Go-Jek. Disebut juga ada lebih dari satu juta keluarga yang memperoleh pendapatan sebagai mitra dan driver Go-Jek. Tak heran jika Nadiem Makarim menjadi CEO Indonesia Terpopuler.

Andreas Diantoro – CEO PT Microsoft Indonesia

CEO Indonesia Terpopuler 2018 dipegang oleh Andreas Diantoro sebagai CEO PT Microsoft Indonesia. Ia mulai memegang jabatan sebagai CEO di tahun 2012 lalu. Sebelum menjabat sebagai CEO Microsoft Indonesia, Andreas Diantoro pernah menjadi Managing Director Dell Asia di mulai tahun 2005 – 2012. Selama di perusahaan Dell Asia, ia pernah menjadi pemimpin 23 negara yang ada di Asia.

Andreas Diantoro

Andreas Diantoro

Andreas Diantoro juga pernah menjadi Managing Director HP Indonesia sejak tahun 1999 – 2005. Dengan kiprah serta pengalaman dalam meraih kesuksesan pada perusahaan-perusahaan tersebut, akhirnya Andreas dipilih sebagai CEO Microsoft Indonesia di tahun 2012.

Dalam 3 tahun masa kepemimpinannya, Andreas Diantoro menyabet penghargaan dalam ajang Indonesia Most Admired CEO Award 2016 di bidang Teknologi Informasi. Penghargaan tersebut adalah hasil polling dari 5.000 responden di Indonesia. Tak berhenti sampai di situ, tahun 2017 lalu ia juga mendapatkan penghargaan dalam ajang Obession Award 2017 dalam kategori Best CEO Private Sector.

Dengan kinerjanya yang sangat baik di PT Microsoft Indonesia, Andreas Diantoro juga menjadi salah satu CEO Indonesia dengan pendapatan tertinggi. Tak tanggung-tanggung, gaji per tahun yang ia peroleh adalah sebesar USD 18 juta atau sekitar Rp 244 Miliar. Gaji tersebut belum termasuk bonus sebesar USD 4,3 juta atau sekitar Rp 58,35 Miliar.

Itulah beberapa nama CEO Indonesia terpopuler 2018 dilihat dari perkembangan dan perubahan bisnis yang mereka lakukan.

3 CEO Indonesia Terpopuler 2018 di Perusahaan IT Terkemuka | Malik | 4.5
error: Content is protected !!