8 Strategi Internet Marketing bagi Pemula yang Harus Diperhatikan

Setiap orang yang baru pertama kali terjun ke dunia bisnis internet marketing tentu membutuhkan strategi internet marketing bagi pemula. Mengapa? Ini karena internet marketing bukanlah sebuah hal mudah yang dapat dipahami. Kesalahan dalam mengambil langkah dapat menjadikan kegiatan promosi produk-produk Anda tidak akan berjalan dengan optimal.

internet marketing

internet marketing

Seperti namanya, internet marketing merupakan sebuah langkah pemasaran yang memanfaatkan media internet. Langkah yang satu ini dinilai paling tepat diaplikasikan di jaman yang serba maju seperti sekarang. Bagaimana tidak? Saat ini internet seolah menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Tak hanya itu saja, jangkauan internet yang semakin luas memberikan peluang yang lebih besar bagi para pelaku bisnis pemasaran internet untuk menjaring lebih banyak calon konsumen.

Hanya saja, terjun ke dunia pemasaran baru seperti internet marketing bukanlah hal yang mudah. Terdapat beberapa tips yang perlu Anda lakukan dan pertimbangkan agar pemasaran produk Anda dengan memanfaatkan internet dapat berjalan dengan baik. Untuk itulah, pada kesempatan kali ini akan diulas tentang strategi internet marketing bagi pemula yang harus Anda aplikasikan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Memiliki Hasrat Tinggi untuk Belajar

Meskipun perkembangan teknologi dewasa ini membuat apapun dapat dilakukan secara instan, namun faktanya melakukan pemasaran internet juga tak berbeda jauh dengan pemasaran dunia nyata. Dalam hal ini dibutuhkan proses pelatihan dan pembelajaran matang agar hasilnya sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Untuk itulah, Anda pun harus memiliki hasrat mempelajari sistem dan cara kerja internet marketing.

Adapun cara pembelajaran paling mudah yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan media sosial. Anda dapat mempelajari bagaimana cara interaksi brand produk tertentu dengan para pengguna sosial media. Misalnya bagaimana cara mereka membuat postingan, membalas komentar, mengiklankan konten produk yang tepat, dan sebagainya.

Di samping itu, Anda juga harus memahami secara detail mengenai istilah-istilah yang biasanya digunakan pada internet marketing. Misalnya SEO, SEM, PPL, PPC, dan sebagainya.

Membangun Image Positif, Menarik, dan Profesional

Strategi internet marketing bagi pemula yang selanjutnya yakni membangun sebuah citra positif, menarik, dan profesional terhadap brand yang ingin diusung. Hal ini karena satu-satunya alasan mengapa banyak konsumen yang membeli produk dari brand tertentu adalah kepercayaan mereka terhadap produk tersebut.

Dalam hal ini, Anda membutuhkan sebuah proses yang cukup panjang agar mampu membangun kepercayaan konsumen. Mulailah dengan mempromosikan produk-produk Anda pada media sosial ataupun website. Selain itu, bangun integritas dan jangan pernah mengecewakan konsumen dengan produk-produk yang tak sesuai dengan deskripsi yang Anda berikan selama promosi. Dengan begitu, sedikit demi sedikit akan lebih banyak konsumen yang tertarik menggunakan dan membeli produk Anda.

Rutin Update

Seperti yang kita tahu, perkembangan dunia digital atau internet memang sangat cepat. Satu-satunya hal yang dapat dilakukan untuk bersaing dengan kompetitor ketika Anda memanfaatkan internet adalah selalu update. Dalam hal ini, pelajarilah trend yang sedang terjadi, teknik internet marketing terbaru, strategi apa saja yang dilakukan oleh kompetitor raksasa, dan lain sebagainya. Semua hal tersebut akan menjadi kekuatan tersendiri bagi Anda yang menjalankan bisnis internet marketing.

Membangun Jaringan

Strategi internet marketing bagi pemula yang selanjutnya adalah dengan membangun jaringan secara perlahan. Hal ini karena jaringan merupakan kunci utama sukses atau tidaknya langkah pemasaran online yang Anda lakukan. Semakin luas jaringan yang Anda miliki, peluang mendapatkan kesuksesan pun akan semakin terbuka lebar. Bahkan dapat dikatakan bahwa jaringan menjadi tulang punggung yang berfungsi menopang semua kegiatan internet marketing.

Dalam dunia internet, membangun jaringan dapat dikatakan lebih mudah apabila dibandingkan dengan cara-cara konvensional. Kemudahan tersebut diperoleh ketika Anda dapat mengambil langkah networking yang tepat. Contohnya adalah bergabung dengan grup atau forum aktif yang membicarakan tentang bidang internet marketing yang Anda geluti. Jika perlu, telusuri pula akun-akun yang sejalan dengan bisnis Anda.

Fokus pada Satu Bidang

Bagi seorang pemula, akan lebih baik apabila Anda fokus pada satu bidang bisnis terlebih dahulu. Tujuannya agar konsentrasi dan usaha Anda tidak terpecah. Selain itu, memilih untuk fokus pada satu bisnis tertentu akan memudahkan Anda dalam mengambil langkah tepat ketika bisnis mengalami masalah. Contoh-contoh bidang internet marketing yang dapat Anda dalami adalah SEO, SEM, HTML, PPC, PPL, pembuatan konten, dan lain sebagainya.

Apabila Anda sudah menentukan bidang internet marketing yang akan dijalankan, maka tugas Anda adalah menguasai bidang tersebut secara detail dan mendalam. Adapun indikator yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah Anda benar-benar menguasai satu bidang internet marketing tertentu adalah seberapa peka dan kreatif Anda dalam menyelesaikan semua masalah yang muncul pada bidang bisnis tersebut.

Meski demikian, bukan berarti Anda harus menyepelekan jenis internet marketing yang lainnya. Anda tetap dapat mempelajari berbagai jenis dan cara kerja internet marketing namun pilihlah satu jenis saja untuk didalami.

Memiliki Sosok Mentor

Tips internet marketing yang selanjutnya adalah memiliki seorang mentor. Pengalaman memang menjadi guru terbaik, namun apabila tak ada orang yang mengingatkan terhadap kesalahan yang Anda perbuat, bukankah hal itu buruk untuk bisnis internet marketing yang dijalankan? Oleh karena itulah, sebaiknya Anda memiliki seorang mentor yang dapat membantu mengasah kemampuan Anda dalam menjalankan bisnis internet marketing.

Untuk memilih seorang mentor, akan lebih baik apabila Anda menunjuk seorang yang telah berpengalaman di dunia internet marketing baik itu rekan kerja, teman kampus, atau orang lain yang telah Anda kenal. Apabila Anda benar-benar kesulitan mencari mentor, coba manfaatkan layanan kursus online yang saat ini sudah banyak tersedia.

Tentukan Jalan Karir Anda Sendiri

Seperti yang dijelaskan di atas, internet marketing tak memiliki perbedaan yang terlalu jauh dengan langkah promosi konvensional. Dalam hal ini, Anda pun harus memutuskan jalan karis seperti apa yang akan dijalani. Apakah Anda ingin menggunakan internet marketing untuk bisnis pribadi ataukah untuk perusahaan.

Jika Anda memilih untuk mengembangkan bisnis pribadi dengan internet marketing, tentu saja keuntungan yang diperoleh lebih besar meskipun risikonya juga besar. Namun jika Anda memilih untuk menjalankan internet marketing untuk perusahaan, maka Anda akan sulit berkembang karena tidak bebas melakukan eksplorasi terhadap internet marketing. Dua pilihan inilah yang terkadang membuat seseorang bingung. Jadi, untuk Anda yang ingin terjun ke dunia internet marketing, sebaiknya pertimbangkan jalan karir apa yang ingin dilakukan.

Terus Berlatih dan Mengasah Kemampuan

Strategi internet marketing bagi pemula yang juga tak boleh dilewatkan adalah terus berlatih serta mengasah kemampuan dalam menjalankan bisnis internet marketing. Hal ini karena akan ada titik dimana Anda dapat benar-benar menguasai serta mendapatkan keuntungan yang menggiurkan dari internet marketing. Oleh karena itu, jangan pernah berhenti berusaha. Tetap belajar dan carilah cara yang paling tepat untuk menghasilkan uang dari internet marketing.

Itulah beberapa strategi yang dapat diterapkan demi mendapatkan kesuksesan di dunia internet marketing. Semoga ulasan mengenai strategi internet marketing bagi pemula di atas bermanfaat bagi Anda.

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

cara belajar internet marketing -

8 Strategi Internet Marketing bagi Pemula yang Harus Diperhatikan | Malik | 4.5
error: Content is protected !!