10 Peluang Usaha Ternak Paling Menguntungkan bagi Pemula

Bagi Anda yang tertarik untuk merintis bisnis dalam bidang peternakan, terlebih dahulu Anda harus mencari tahu bagaimana peluang usaha ternak yang paling menguntungkan dan relatif mudah dijalankan oleh para pemula. Jika Anda memang punya passion untuk menggeluti dunia peternakan, maka bisnis ini bisa mendatangkan penghasilan yang lumayan besar. Bahkan, hanya dengan berbekal modal usaha yang tidak begitu besar,

Anda sudah dapat menjalankan usaha yang satu ini. Anda pun dapat memanfaatkan lahan yang tidak terpakai di sekitar rumah sebagai tempat untuk beternak. Untuk itu, sebelum Anda terjun dalam usaha peternakan, ada baiknya jika Anda menyimak rekomendasi usaha peternakan yang menguntungkan berikut ini:

1.     Ternak Ayam

Beternak ayam menjadi salah satu pilihan usaha menjanjikan. Selain bisa diambil dagingnya, ayam juga dapat diambil telurnya. Hal ini yang membuat peluang usaha peternakan ayam menjadi cukup menggiurkan. Biasanya, usaha peternakan ayam dibagi menjadi tiga jenis, di antaranya:

  • Ternak Ayam Petelur

Tingginya kebutuhan akan telur membuat usaha peternakan ayam petelur menjadi semakin menggiurkan. Perawatan ayam petelur juga relatif mudah untuk dilakukan. Dengan beternak ayam petelur, Anda tidak perlu repot-repot memasukkan maupun mengeluarkan ayam dari kandang setiap harinya.

  • Ternak Ayam Potong

Kebutuhan akan daging ayam terbilang cukup tinggi. Karena itulah, usaha ternak ayam potong menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Nantinya, Anda dapat menjual daging ayam tersebut untuk menyuplai restoran, hotel, dan juga untuk konsumsi masyarakat.

  • Ternak Ayam Kampung

Meski waktu pemeliharaannya lebih lama dibandingkan ayam petelur maupun ayam pedaging, namun ayam kampung ternyata lebih disukai oleh masyarakat Indonesia. Di pasaran, harga ayam jenis ini pun terbilang lebih mahal dibanding ayam jenis petelur dan pedaging.

2.     Ternak Ikan Hias

Bagi para penghobi ikan hias, kini saatnya Anda menjadikan hobi Anda tersebut untuk meraup penghasilan. Ya, bisnis ikan hias kini prospeknya semakin menjanjikan. Untuk bisa beternak ikan hias, Anda bisa memanfaatkannya akuarium ataupun kolam kecil yang bisa Anda buat di lahan yang tidak terpakai di sekitar rumah Anda. Beberapa jenis ikan hias yang memiliki banyak peminat di antaranya ikan lohan, ikan cupang, ikan lohan, dan lain sebagainya.

3.     Ternak Kelinci

Selain bisa dijadikan sebagai binatang peliharaan, kelinci juga bisa diambil dagingnya untuk diolah menjadi berbagai kuliner lezat. Di pasaran, kelinci berusia 2-3  bulan per ekornya biasa dipatok dengan harga sekitar Rp 25.000 – Rp 35.000. Sementara itu, untuk kelinci lokal sepasangnya dibanderol dengan harga Rp 120.000 – Rp 150.000. Usaha ini rasanya dapat dijadikan sebagai rekomendasi usaha ternak yang cukup menggiurkan.

4.     Ternak Marmut

Meski harga jualnya di bawah harga kelinci, namun beternak kelinci lebih mudah untuk dikerjakan. Sama seperti kelinci, marmut juga biasa dijadikan sebagai peliharaan dan juga diambil dagingnya untuk dikonsumsi.

5.     Beternak Ikan Lele

Untuk beternak lele, Anda tidak harus menggunakan kolam berukuran besar. Bahkan, dengan memanfaatkan ember Anda sudah dapat memelihara beberapa ekor lele di dalamnya. Untuk mendapatkan hasil panen yang lebih banyak dan cepat, Anda bisa mencoba beberapa peralatan yang lebih modern.

Baca lebih lengkap : 7 Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Tanah Khusus Pemula Dijamin Berhasil

6.     Budidaya Belut

Peluang usaha ternak belut juga terbilang cukup menjanjikan dan mudah untuk dilakukan oleh pemula. Untuk membudidayakan belut, Anda dapat memanfaatkan drum. Dengan modal yang relatif kecil, Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan.

7.     Jangkrik

Jangkrik mengandung banyak protein yang baik untuk pertumbuhan burung peliharaan. Karena itulah, jangkrik biasa digunakan sebagai pakan untuk burung peliharaan. Hal inilah yang membuat usaha ternak jangkrik kini peluangnya semakin menjanjikan.

8.     Ternak Kroto

Kroto atau telur semut rangrang juga biasa dijadikan sebagai pakan untuk burung peliharaan. Semakin banyaknya orang yang menjalankan hobi memelihara burung kicau, semakin bagus pula prospek ternak kroto. Untuk menjalankan usaha ternak ini, Anda tidak butuh lahan yang besar.

Baca lebih lengkap : 7 Cara Budidaya Kroto Dengan Media Paralon Agar Hasilnya Melimpah

9.     Ternak Ulat Hongkong

Rekomendasi usaha ternak yang paling menguntungkan selanjutnya yang dapat dicoba oleh para pemula adalah ternak ulat hongkong. Besarnya permintaan pasar membuat usaha ternak ulat hongkong semakin menggiurkan. Biasanya ulat hongkong dijadikan sebagai pakan untuk burung, ikan arwana, dan juga udang windu. Dengan memanfaatkan lahan yang terbatas, Anda sudah bisa menjalankan usaha yang satu ini.

10.  Ternak Bebek

Ternak bebek juga bisa menjadi salah satu pilihan usaha yang cukup menjanjikan. Bebek diternak untuk diambil daging dan juga telurnya. Nantinya, daging maupun telur bebek dapat dimanfaatkan untuk dijadikan berbagai jenis kuliner yang lezat. Daging bebek yang digoreng memiliki cita rasa yang sangat enak. Sementara itu, telurnya dapat diolah menjadi telur asin yang kaya akan gizi. Untuk harganya sendiri, per ekornya dibanderol dengan harga sekitar Rp 42.000.

Peluang usaha ternak ternyata cukup menjanjikan , bukan? Semoga informasi yang disajikan dapat menjadi referensi bagi Anda yang masih bingung menentukan usaha ternak yang tepat untuk dijalankan.

10 Peluang Usaha Ternak Paling Menguntungkan bagi Pemula | Malik | 4.5
error: Content is protected !!