Maksud dari Uang Bekerja untuk Kita dan Cara Menjalankannya

Banyak orang yang masih belum paham dengan maksud dari uang bekerja untuk kita. Istilah ini mulai populer saat sering di ucapkan pada seminar-seminar tentang cara menjadi kaya di berbagai kesempatan. Banyak para pengusaha atau jutawan dunia yang menerapkan prinsip ini sehingga bisa mendapatkan posisi tinggi dalam hal kekayaan. Beberapa orang menghubungkan istilah uang bekerja untuk kita dengan jenis penghasilan kebanyakan orang, yaitu penghasilan aktif dan penghasilan pasif. Namun benarkan demikian? berikut adalah penjelasan maksud dari uang bekerja untuk kita.

Sumber Pendapatan

Sumber Pendapatan

Sumber Pendapatan

Untuk memahami istilah tersebut, maka anda harus tahu apa saja jenis sumber pendapatan umumnya orang-orang di dunia. Mungkin tidak ada standar yang pasti jika berbicara mengenai jenis sumber pendapatan, namun pada artikel ini, jenis sumber pendapatan akan diambil dari seorang pakar investasi dunia yang saat ini memiliki kekayaan jutaan dolar dan aset investasi di lebih dari puluhan negara, Robert T. Kiyosaki. Menurutnya, sumber pendapatan terbagi menjadi tiga sebagai berikut:

  1. Pendapatan Aktif

Jenis pendapatan yang pertama adalah pendapatan atau pemasukan aktif. Pendapatan ini adalah pendapatan yang anda dapatkan jika anda bekerja setiap hari seperti menjadi karyawan, pegawai swasta, dokter, pengacara, dan lain-lain. ciri utama dari pendapatan aktif adalah akan berhenti jika anda berhenti bekerja. Dengan kata lain, pendapatan aktif hanya akan menghasilkan jika anda terus bekerja.

  1. Pendapatan Portofolio

Nama lain dari pendapatan ini adalah pendapatan kertas. Maksudnya, pendapatan portofolio adalah semua pendapatan yang anda dapatkan dari investasi pada aset-aset kertas. Bagi anda yang belum tahu apa itu investasi kertas, maka berikut adalah penjelasannya.

Investasi secara garis besar terdiri dari dua jenis, yaitu investasi kertas dan investasi riil. Investasi kertas adalah segala jenis investasi pada aset kertas seperti reksadana, saham, kontrak, dan lain-lain. Sedangkan investasi riil lebih kepada barang yang bisa dilihat secara nyata seperti rumah, perhiasan, kendaraan, undan lain sebagainya.

  1. Pendapatan Pasif

Jenis pendapatan yang terakhir adalah pendapatan pasif. Ciri yang paling menonjol dari pendapatan ini adalah ketika anda berhenti bekerja dan bahkan tidak melakukan apapun, pendapatan akan terus mengalir ke dalam kantong anda. Pendapatan tersebut bisa terus masuk karena ada satu sistem yang mengaturnya sehingga meskipun anda diam saja di rumah (pasif), anda tetap bisa mendapatkan penghasilan anda. Contoh sederhana dari penghasilan pasif adalah bisnis menyewakan rumah, memiliki pom bensin, dan lain-lain.

Melihat Cara Kerja Pendapatan Pasif

Selanjutnya, anda akan fokus pada bagaimana cara pendapatan pasif bekerja. Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana mungkin sebuah sistem bisa mendatangkan uang secara terus menerus ke dalam kantong anda sementara anda hanya duduk-duduk saja di rumah?

Prinsip dasar dari memulai pendapatan pasif berada pada alokasi pendapatan aktif yang anda dapatkan. Jika biasanya anda mengalokasikan pendapatan dari anda bekerja untuk kebutuhan sehari-hari dan baru menabung sisanya, maka tidak dengan model pendapatan pasif. Dalam pendapatan pasif, anda akan mengonversi sebagian besar pendapatan anda ke dalam bentuk aset-aset investasi. Bentuk asetnya bisa sangat bermacam-macam.

Namun untuk bisa mencapai pendapatan pasif, anda harus benar-benar jeli dalam memilih instrumen investasi. Pada tahap awal umumnya, pemasukan aktif akan dialihkan untuk membeli aset dengan hasil retur yang cenderung cepat meskipun tidak begitu besar. Nantinya, hasil atau retur dari investasi aset tersebut akan kembali di alokasikan untuk membeli aset lagi. Begitu seterusnya hingga anda bisa mencapai penghasilan pasif yang anda inginkan.

Lalu apa saja keuntungan dari penghasilan pasif?

Keuntungan Penghasilan Pasif

Dapatkan penghasilan pasif

Dapatkan penghasilan pasif

Tentu saja sangat banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dari pendapatan pasif. Pertama, anda memiliki fleksibilitas waktu yang tidak terbatas. Anda bisa tetap bersama keluarga anda seharian sedangkan sistem menggandakan uang anda di luar sana dan membuat anda semakin kaya. Hal ini tentu tidak bisa dinikmati oleh para karyawan yang harus bekerja 8 jam per hari di kantor setiap harinya.

Keuntungan kedua adalah menjadi pribadi yang bebas secara finansial. Mungkin anda sendiri merasakan bagaimana anda harus bekerja mati-matian hanya untuk mencukupi butuh anda selama sebulan. Rutinitas ini akan terus berulang hingga anda menua dan pensiun tanpa sempat menikmati hasil dari pendapatan anda setiap harinya. Robert mengatakan ini sebagai lomba balap tikus, di mana para pekerja hanya berputar-putar mengejar ekornya sendiri tanpa henti. Maka bayangkan jika anda sudah memiliki pendapatan pasif yang bahkan lebih besar dari pendapatan aktif anda. Mungkin dari situlah hidup baru bisa dimulai.

Itulah penjelasan maksud dari uang bekerja untuk kita yang bisa anda ketahui. Anda bisa memilih untuk ikut dalam balapan tikus atau kuar dan menjadi pribadi yang merdeka secara finansial mulai dari sekarang. Semoga bermanfaat.

Maksud dari Uang Bekerja untuk Kita dan Cara Menjalankannya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!