5 Tips Membeli Ruko Untuk Investasi Masa Depan

Tips membeli ruko untuk investasi perlu anda perhatikan supaya tujuan investasi anda bisa tercapai dengan baik. Memang, investasi dalam bidang properti tidak pernah sepi peminat. Alasannya jelas, di samping menjanjikan retur yang besar, kebutuhan pasar akan properti juga tidak mungkin menurun. Apalagi untuk kebutuhan ruko. Seiring meningkatnya pertumbuhan usaha-usaha baru, banyak orang yang memilih ruko untuk dijadikan tempat tinggal sekaligus tempat bisnis mereka.

Kebanyakan investor yang bermain dengan instrumen ruko mengatakan bahwa jangka waktu penyewaan ruko yang panjang adalah salah satu alasan mereka terjun di investasi ini dibandingkan dengan investasi rumah saja. Jika anda tertarik untuk terjun dalam instrumen investasi yang satu ini, berikut adalah tips membeli ruko untuk investasi.

Cicilan

Aspek pertama yang harus anda perhatikan sebelum membeli ruko adalah skema cicilannya. Benar sekali, membeli ruko melalui cicilan KPR masih menjadi pilihan utama para investor saat ini. Jika anda akan mengajukan KPR atas sebuah ruko, maka anda perlu memerhatikan beberapa hal seperti status kepemilikannya dan juga masa pembayaran cicilan.

Tips membeli ruko untuk investasi

Tips membeli ruko untuk investasi

Usahakan untuk menghindari skema cicilan yang lebih cepat dibandingkan masa konstruksinya untuk menghindari kerugian di masa mendatang. Jadi semisal masa konstruksi membutuhkan waktu sekitar 8-12 bulan, maka ambillah cicilan dengan tenor 12-16 bulan saja agar tidak terlalu mahal. Anda bisa menggunakan aplikasi skema cicilan yang saat ini sudah banyak tersedia baik di website maupun aplikasi untuk menentukan angsuran yang ideal bagi anda.

Lokasi

Aspek yang kedua bisa jadi adalah aspek terpenting dalam daftar tips ini. Memilih lokasi ruko yang strategis jelas menentukan prospek investasi anda ke depannya. Jangan sampai anda salah memilih lokasi ruko dan retur dari investasi yang diharapkan pun tak kunjung datang.

Lokasi ruko yang ramai

Lokasi ruko yang ramai

Secara umum, ada beberapa tipe lokasi ruko yang bisa anda jadikan patokan. Lokasi yang pertama adalah kawasan perumahan. Sudah jamak ditemukan saat ini jika perumahan akan membangun ruko sebagai penggerak roda perekonomian penghuninya. Lokasi ruko tersebut layak anda jadikan investasi selama kehidupan di sekitar perumahan juga sudah berjalan dengan baik.

Lokasi kedua adalah dekat dengan jalan-jalan besar. Semakin dekat lokasi ruko yang anda beli dengan kantor-kantor keuangan dan juga ATM, maka potensi ruko tersebut juga semakin bagus. Banyak yang mempertimbangkan bahwa ATM dan kantor keuangan adalah tempat di mana transaksi banyak terjadi. Lokasi selanjutnya adalah ruko yang berada di dekat Trade Center. Ruko yang berlokasi di Trade Center jelas sudah memiliki pasarnya sendiri, jadi anda tidak perlu lagi bingung mencari penyewa atau pembelinya.

Model Ruko

Tips membeli ruko untuk investasi yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan modelnya. Model menjadi sangat berpengaruh terhadap minat sewa para calon pengusaha nantinya. Anda harus tahu benar apa kebutuhan para calon penyewa. Atau kalau tidak, anda bisa menyasar calon penyewa yang lebih spesifik untuk kemudian disesuaikan dengan model ruko anda. secara umum, ada dua model ruko yang saat ini banyak ditemukan.

Model Ruko

Model pertama yaitu ruko satu lantai. Ruko ini biasanya banyak diminati oleh para pengusaha yang tidak terlalu membutuhkan aspek rumah dari ruko tersebut. Maksudnya, calon penyewa tidak menjadikan ruko sebagai hunian utama dalam menjalankan usahanya tersebut. Sedangkan model yang kedua adalah ruko dengan dua lantai. Tercatat ruko model ini lebih banyak diminati karena mampu menyajikan hunian yang nyaman di lantai dua sedangkan lantai satu untuk menggelar usahanya. Ruko lantai dua biasanya banyak di cari oleh para pebisnis muda yang baru saja menikah supaya bisa lebih baik dalam memantau usahanya tersebut.

Harga Jual Ruko

Nah, aspek ini juga harus anda perhatikan. Anda harus tahu berapa harga jual sekaligus harga sewa yang baik untuk ruko yang anda beli. Harga ruko bisa dipengaruhi beberapa faktor seperti lokasi, jenis dan model ruko, dan lain sebagainya.

Lakukan survey kecil-kecilan dengan melihat harga ruko-ruko yang sekiranya memiliki spesifikasi sama dengan ruko yang anda beli. Dengan begitu, anda bisa menentukan harga yang bersaing saat nanti harus menjalankan sewa atas ruko tersebut. Anda juga bisa dengan baik memperkirakan budget yang anda miliki dengan harga yang ditawarkan. Jangan sampai harga ruko dan cicilannya memberatkan anda di masa depan karena jelas, tujuan anda membeli ruko adalah untuk investasi.

Buat Alur Investasi

Yang terakhir adalah membuat alur investasi anda. Tujuan investasi bisa tercapai jika anda membuat konsep yang matang atas ruko yang anda beli tersebut. perhitungkan segalanya mulai dari cicilan, skema pembayaran cicilan, harga sewa, dan lain-lain. hal tersebut untuk meminimalisir terjadinya kerugian yang sebenarnya bisa anda hindari sejak awal.

Nah, itulah tips membeli ruko untuk investasi yang bisa anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

kiat ternak ruko -

5 Tips Membeli Ruko Untuk Investasi Masa Depan | Malik | 4.5
error: Content is protected !!