Langkah Awal Dalam Membangun Bisnis Startup Agar Sukses

Dunia bisnis saat ini semakin berkembang di Indonesia mulai dari bisnis offline maupun online. Selain itu era bisnis global semakin memudahkan para pebisnis pemula untuk mendominasi pasar sesuai dengan kategori bisnis yang diusung. Mulai dari fashion, manufaktur dan lain sebagainya.

Dengan kemudahan teknologi bisnis saat ini, maka bermunculan bisnis-bisnis startup yang digawangi oleh para pengusaha muda. Namun, tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk bisa membangun bisnis startup. Pasalnya, tidak sedikit juga bisnis startup yang harus gulung tikar dalam waktu singkat karena tak mampu menghadapi persaingan yang sangat ketat di dunia bisnis.

Untuk itu, sangat diperlukan edukasi dan langkah-langkah yang tepat jika ingin membangun bisnis startup. Ada beberapa faktor yang akan menentukan keberhasilan dari berbagai bisnis startup, dan ini tentunya tidak bisa kita abaikan jika tidak mau berakhir dengan kebangkrutan. Dan berikut beberapa hal penting yang wajib diperhatikan sebelum membangun bisnis startup.

Jalani Bisnis Sesuai Dengan Passion

bisnis dan passion

bisnis dan passion

Sebelum berbisnis tentunya riset sangat dilakukan, apakah akan cocok dengan passion kita atau tidak. Seperti yang dikatakan oleh Bob Sadino dalam bukunya yang berjudul “pandai dalam mengelola pasar”, passion merupakan hal yang sangat penting dalam berjalannya suatu bisnis.

Pasalnya, jika kita tidak memahami atau tidak menyukai suatu bisnis, maka malah dekat dengan kebangkrutan. Oleh karena itu, pilih bisnis yang sesuai dengan passion atau hobi Anda agar bisa berjalan dengan baik dan Anda pun ikhlas dalam mengerjakannya.

Riset Pasar dari Bisnis Anda

Riset Pasar dari Bisnis Anda

Riset Pasar dari Bisnis Anda

Sebelum menjalankan suatu bisnis, sebelumnya Anda sangat wajib melakukan riset pasar. Karena ini sangat berhubungan dengan penjualan dari bisnis Anda. Bagaimana bisa kita mengetahui laku atau tidaknya barang dan jasa yang kita jual jika kita tidak tahu berapa banyak barang yang ada di pasar.

Oleh karenanya, Anda wajib terjun langsung ke lapangan untuk mengetahui kondisi pasar dari bisnis yang akan Anda jalankan. Riset pasar juga berfungsi untuk menarik calon klien atau pelanggan dengan sangat tepat. Jadi Anda tidak akan tersesat di dunia bisnis yang malah mengakibatkan usaha Anda pailit.

Perhitungkan Modal Awal Dengan Baik

Modal tentunya salah satu hal yang penting dalam menjalankan bisnis. Tanpa modal, suatu bisnis tidak akan berjalan. Namun, Modal tidak sembarang digunakan, butuh perhitungan yang tepat dan pembagian yang apik sehingga bisnis Anda bisa berjalan dengan baik.

Mengenai permodalan ini sangat sensitive, tidak sedikit para pebisnis startup harus gulung tikar karena penggunaan modal yang asal-asalan. Biasakan menggunakan pembukuan yang rapi, sehingga modal tidak keluar begitu saja dan tetap bisa dipantau dengan cermat. Selain itu, jangan pernah berfikir bahwa dengan modal besar usaha Anda bisa langsung sukses.

Modal awal

Modal awal

Modal besar tidak bisa dijadikan patokan untuk kesuksesan suatu bisnis. Namun, ketelitian dan usaha yang keras yang bisa menentukan kesuksesan dari usaha.

Dari tiga poin diatas membuktikan bahwa membangun bisnis startup bukanlah hal yang mudah. Banyak faktor yang akan mempengaruhi perkembangan bisnis tersebut. Oleh karenanya, tetap perhatikan berbagai titik penting sebelum Anda membangun bisnis startup. Karena kedepannya Anda akan berhadapan dengan berbagai masalah yang rumit dan jika Anda salah langkah, maka bisnis akan terancam.

Pilihlah bisnis dengan modal yang sesuai dengan kemampuan Anda dan jalankan dengan tekun sehingga nantinya Anda mampu membaca ke mana alur bisnis Anda akan berjalan.

Langkah Awal Dalam Membangun Bisnis Startup Agar Sukses | Malik | 4.5
error: Content is protected !!