Peluang Usaha Kopi di Indonesia dan Analisis Usahanya

Peluang usaha kopi – Kopi menjadi minuman yang disukai oleh banyak orang. Tidak hanya laki-laki namun saat ini pun banyak wanita yang juga menyukai kopi. Cita rasa kopi yang khas membuat siapapun menyukainya. Tidak cukup sampai di situ saja, kopi ini juga menjadi teman setia saat ngobrol bersama dengan teman atau saudara sambil menikmati nuansa di malam hari, bahkan orang yang suka bergadang pun menjadikan kopi ini sebagai minuman yang istimewa. Tidak mengherankan jika saat ini kopi memiliki banyak penggemar yang luar biasa di seluruh nusantara. Melihat hal tersebut Anda bisa menjadikan kopi ini sebagai peluang usaha yang potensial. Bagi Anda yang tertarik dengan peluang usaha kopi, ada beberapa informasi yang harus Anda perhatikan seperti berikut ini:

Prospek Bisnis Kopi

Prospek Bisnis Kopi

Jika Anda tertarik dalam menggeluti bisnis kopi hal yang penting untuk diperhatikan adalah bagaimana prospek bisnis kopi tersebut. Mungkin hari ini peluang usaha kopi sangat terbuka dengan lebar dan sedang bagus-bagusnya tapi Anda harus tahu prospeknya beberapa tahun ke depan. Untuk menjawab prospek bisnis kopi ini ada baiknya Anda melakukan analisa terlebih dahulu. Bisa dikatakan peluang usaha kopi saat ini masih terbuka dengan lebar bahkan untuk beberapa tahun ke depan kopi masih tetap menjadi minuman favorit masyarakat.  Hal ini bisa terlihat dari perkembangan kopi itu sendiri dimana dahulu hanya tersedia satu atau dua jenis kopi saja, namun saat ini banyak sekali varian kopi yang bisa dipilih mulai dari kopi hitam robusta, kopi luwak, latte, dan masih banyak lagi lainnya.

Minat masyarakat akan kopi yang semakin meningkat membuat berbagai macam produk dan jenis kopi bermunculan. Diperkirakan ke depannya akan banyak lagi merek dan varian kopi yang akan menemani keseharian masyarakat Indonesia ini. Oleh sebab itu untuk bisa menggeluti bisnis ini penting bagi Anda untuk mengetahui selera terbaru dari masyarakat ini karena memang setiap harinya selera dari masyarakat sering berubah.

Modal Awal

Tidak hanya peluang usaha kopi saja yang penting untuk Anda perhatikan namun modal awalnya pun wajib untuk Anda perhatikan. Modal awal ini merupakan biaya yang harus dikeluarkan saat pertama kali menggeluti bisnis. Biaya ini digunakan untuk pembelian peralatan bisnis. Modal yang harus Anda siapkan untuk usaha kopi kurang lebih 11 juta rupiah dengan modal ini Anda bisa membeli peralatan meja bar, meja dan kursi, cangkir set, gelas, mesin pembuatan kopi, termos air, sendok, cup sealer, dan beberapa perlengkapan lainnya.

Biaya Operasional

Tidak hanya modal awal saja yang harus Anda perhatikan namun biaya operasionalnya pun juga wajib diperhatikan. Biaya operasional dikeluarkan untuk keberlangsungan bisnis Anda, semakin banyak konsumen maka semakin besar biaya operasional yang dikeluarkan. Biaya operasional sebulan yang harus Anda keluarkan kurang lebih 3 juta rupiah dimana dengan biaya tersebut Anda harus membayar karyawan, sewa tempat, biaya listrik dan air. Tidak hanya itu saja Anda harus membeli bahan baku kopi, creamer, gula, teh, kemasan cup, dan masih banyak lagi lainnya.

Keuntungan

Analisa keuntungan usaha kopi menjadi hal yang menarik disimak. Semakin banyak konsumen yang datang ke lokasi bisnis Anda maka semakin banyak penghasilan yang akan Anda dapatkan. Untuk menghitung estimasi pendapatan dari usaha kopi ini Anda bisa menghitungnya dengan jumlah penjualan yang didapatkan kemudian dikalikan dengan harga jual. Misalnya saja adalah untuk harga per cup dihargai mulai dari 6 ribu rupiah, untuk cangkir 4 ribu rupiah. Dalam sehari Anda bisa menjual 30 cup kopi dan 20 cangkir maka dalam sehari penghasilan Anda 30 x 6 ribu  180 ribu rupiah, untuk cangkir 20 x 4 ribu rupiah = 80 ribu rupiah.

Peluang usaha kopi

Peluang usaha kopi

Jika performa bisnis Anda stabil maka dalam sebulan penghasilan Anda sebesar 260 ribu x 30 = 7,8 juta rupiah. Dikurangi dengan biaya operasional maka keuntungan bersih sebesar 4,8 juta rupiah. Dengan keuntungan ini Anda bisa mengembalikan modal awal dengan cara mencicilnya. Misalnya Anda mengambil gaji 2 juta rupiah, kemudian sisanya digunakan mengembalikan modal awal. Dengan 2,8 juta rupiah Anda akan bisa BEP dalam waktu kurang lebih 4 bulan.

Strategi Mengembangkan Bisnis Kopi

Tidak hanya Anda saja yang memiliki pikiran atau angan-angan untuk menggeluti bisnis kopi ini tapi orang lain pun akan memiliki pemikiran yang sama, sehingga jumlah kompetitor bisnis ini akan banyak. Jika Anda menggeluti bisnis secara biasa-biasa saja, maka hasilnya tidak akan sesuai dengan ekspektasi. Strategi pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menganalisis kompetitor, selain itu Anda juga harus memberikan harga yang kompetitif tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah.

Jangan lupa untuk memberikan promosi yang bisa menarik minat konsumen dan pelanggan Anda misalnya satu minggu sekali diberikan pengundian doorprize dan lain sebagainya.  Yang terakhir adalah teruslah kreatif dan inovatif. Buatlah cita rasa kopi yang berbeda dibandingkan yang lainnya, selain itu Anda bisa mengembangkan bisnis ke yang lainnya seperti penjualan bubuk kopi, biji kopi, dan lain sebagainya.

Meski banyak kompetitor, nyatanya peluang usaha kopi masih terus menggiurkan untuk dijalani, tetaplah yakin dan tidak pantang menyerah supaya Anda bisa meraih sukses dengan bisnis ini.

Peluang Usaha Kopi di Indonesia dan Analisis Usahanya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!