Cara Membangun Bisnis Startup dari Nol

Cara membangun bisnis startup dari nol – Berkembangnya dunia digital saat ini tentunya memberikan dampak positif yang cukup besar bagi aspek kehidupan lainnya. Salah satunya terdapat pada perkembangan ekonomi yang mencakup individu dan kelompok bahkan dapat mempengaruhi kondisi ekonomi di suatu negara. Salah satu bisnis yang memanfaatkan dunia digital dan menjadi tren saat ini adalah bisnis startup yang banyak digandrungi oleh pemula dalam dunia bisnis.

Motif ekspansi bisnis

Motif ekspansi bisnis

Meskipun bisnis startup telah berkembang dengan pesat, tetapi pada faktanya masih banyak yang tidak mengetahui arti atau makna dari bisnis startup ini. Pada dasarnya, startup sendiri dipergunakan sebagai salah satu kata serapan Bahasa Indonesia yang di ambil dari Bahasa Inggris. Sehingga secara bahasa, arti startup sendiri adalah tindakan atau proses memulai sesuatu.

Dalam hal ini tindakan tersebut dimaksudkan sebagai sebuah proses yang terjadi dalam membangun sebuah bisnis atau badan usaha yang benar – benar baru. Terdapat beberapa kategori dimana sebuah usaha dapat disebut sebagai bisnis startup. Kategori tersebut diantaranya adalah jumlah pegawai yang kurang dari 20 orang, usia perusahaan yang belum melebihi 3 tahun, umumnya memanfaatkan kemudahan teknologi dan melakukan kegiatan usaha melalui website.

Jika anda tertarik menjadi pengusaha muda yang berkecimpung dalam dunia bisnis startup ini, maka ada beberapa langkah yang wajib anda lakukan sebelum membangun perusahaan anda. Berikut beberapa tahapan – tahapan cara membangun bisnis startup yang bisa anda terapkan, diantaranya :

  1. Memilih ide bisnis yang benar.

Saat ini banyak sekali pengusahan skala kecil dan menengah mengalami kegagalan dalam menjalankan bisnis yang telah susah payah didirikan. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah ide bisnis yang membosankan dan memiliki daya tarik yang kurang di mata konsumen. Sehingga anda harus memiliki ide bisnis yang benar – benar baru tetapi tidak melenceng jauh dari tren yang sedang berjalan. Seperti misalnya saat ini wilayah usaha anak muda lebih di dominasi oleh bidang kuliner kreatif yang menyajikan berbagai makanan unik. Maka anda bisa membuat usaha kuliner yang menyajikan menu – menu unik atau menu yang lebih berkualitas.

  1. Membangun tim yang kuat.

Setelah menentukan ide bisnis startup yang akan anda bentuk maka langkah selanjutnya adalah mencari rekan kerja atau tim. Pastikan bahwa orang – orang yang akan bekerja sama dengan anda memiliki visi dan misi yang sama. Selain itu anda harus yakin bahwa tim ini memiliki ketertarikan yang sama dengan anda terhadap produk yang akan dipasarkan.

  1. Susun perencanaan bisnis yang jelas

Agar bisnis anda tidak bangkrut di tengah jalan maka anda harus memiliki tujuan dan target yang jelas serta terus berkembang. Tujuan yang jelas dalam sebuah bisnis startup sangat diperlukan sehingga dalam melakukan kegiatan bisnis, perusahaan anda nantinya tidak akan terpengaruh oleh konsep bisnis yang lainnya. Target yang terus dikembangkan membantu anda untuk terus memperbesar skala bisnis yang anda miliki.

  1. Jalankan teknik marketing yang tepat

Marketing menjadi salah satu kegiatan usaha yang harus selalu anda lakukan dengan trik dan teknik yang tepat. Sehingga sangat disarankan setidaknya anda memiliki karyawan khusus yang menangani hal ini. Pastikan juga bahwa iklan yang anda buat sesuai dengan pangsa pasar anda.

    5.  Rekrut Orang-orang yang Berkompeten

Selain menjalankan teknik marketing yang tepat, Anda juga perlu merekrut orang-orang yang tepat dan kompeten di bidangnya. Jangan sampai startup yang baru saja Anda bangun justru berantakan karena dikelola oleh orang-orang yang kurang kompeten di bidangnya. Jika diperlukan Anda bisa mempekerjakan seseorang yang ahli di bidangnya misalnya senior programmer, senior accounting dan senior marketing dengan gaji yang di atas rata2 para juniornya. Dengan cara motivasi yang demikian, akan membuat bisnis Anda berkembang lebih cepat karena dihandle oleh orang-orang yang berkompeten di bidangnya. Jika menurut Anda hal tersebut worth it, kenapa tidak?. Meminimalkan jumlah pengeluaran justru akan berdampak buruk bagi startup Anda. Bisa jadi pekerjaan akan terbengkalai karena kurangnya motivasi dalam hal finansial.

Demikian beberapa cara mudah memulai bisnis startup yang bisa anda terapkan. Semoga dapat membantu anda untuk memulai sebuah bisnis starup yang sudah anda impikan.

Cara Membangun Bisnis Startup dari Nol | Malik | 4.5
error: Content is protected !!