4 Cara Mengolah Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan yang Mudah

Cara mengolah sampah plastik menjadi kerajinan tangan banyak dicari. Masalah plastik di Indonesia ini belum terselesaikan dengan baik dikarenakan plastik ini masih digunakan untuk mengemas makanan maupun minuman, selain itu karena tidak di daur ulang sampah plastik ini banyak menumpuk dan mengganggu pemandangan kota.

Untuk mengurangi dampak sampah plastik terhadap lingkungan sampah plastik ini bisa dijadikan sebagai kerajinan tangan. Botol bekas dan kemasan plastik yang digunakan untuk kemasan bisa disulap berbagai macam kerajinan tangan yang cantik dan memiliki nilai jual yang tinggi seperti tas, lampu, dan lain sebagainya. Agar bisa menghasilkan kerajinan yang bagus diperlukan cara mengolah sampah plastik menjadi kerajinan tangan yang  baik dan benar seperti berikut ini:

Kumpulkan Bahan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengumpulkan bahan plastik yang akan Anda gunakan. Bungkus plastik yang bisa Anda manfaatkan adalah bungkus minuman instan, bungkus kemasan pewangi, makanan instan, mie instan, dan lain sebagainya. Anda juga membutuhkan alat lainnya seperti gunting, penggaris, jarum dan juga benang jahit, furing atau kan polos, dan juga ritsleting.

Pilah dan Bersihkan

Hal yang harus Anda ketahui adalah tidak semua plastik bisa digunakan untuk kerajinan tangan. Pilih plastik yang sudah bersih dan warnanya masih bagus atau cerah. Selain itu Anda bisa mengumpulkan sampah plastik dengan bungkus yang senada agar bisa menghasilkan barang kerajinan tangan yang elegan dan juga mewah.

Setelah Anda menemukan plastik yang senada dan juga seperti yang diharapkan bersihkan sampah plastik tersebut sampai tidak ada kotoran yang menempel pada kemasannya, Anda juga bisa menggunakan detergen agar tidak ada kuman dan bakteri yang menempel pada plastik tersebut. Setelah itu Anda bisa menjemurnya agar plastik menjadi benar-benar kering.

Potong Pola

Cara mengolah sampah plastik menjadi kerajinan tangan yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan memotong pola seperti yang diharapkan. Karena dikumpulkan di tempat yang berbeda maka tidak mengherankan jika sampah plastik ini akan memiliki berbagai macam bentuk seperti ada yang sobek pada bagian kanan, kiri, dan lain sebagainya. Untuk menyeragamkan Anda harus memotong pola seperti yang Anda inginkan.

Cara Pembuatan

Cara mengolah sampah plastik menjadi kerajinan tangan yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan melipat plastik  1 cm pada ujung atas dan juga bawah sehingga lebarnya menjadi 2 cm setelah itu Anda bisa membuat 1000 lipatan dari 500 bungkus atau sesuai dengan ukuran yang di inginkan. Buatlah anyaman pada keempat lipatan dan buat baling-baling, langkah selanjutnya adalah dengan menggabungkan hasil anyaman yang sudah menyerupai baling-baling satu per satu dan jangan sampai lupa membuat sudut tegak vertikal agar bisa di anyam ke arah atas.

Jika tas daur ulang kerajinan plastik ini sudah terbentuk Anda bisa dengan membuat tali tas dengan lipatan-lipatan yang tersisa dan membentuk segitiga setelah itu Anda bisa menggabungkan segitiga satu dengan lainnya. Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjahit pada keranjang tas sesuai dengan letak yang diinginkan setelah itu Anda bisa melapisinya dengan furing dan Anda bisa menambahkan ritsleting pada bagian atas.

Ide Kerajinan Tangan dari Sampah Plastik

Sebenarnya sampah plastik ini tidak hanya bisa dijadikan sebagai tas saja namun juga bisa digunakan untuk membuat berbagai macam kerajinan tangan lainnya. Semakin kreatif produk yang Anda hasilkan maka akan semakin bagus dan produk akan memiliki daya jual yang tinggi. Berikut ini adalah beberapa ide produk kerajinan tangan dari sampah plastik yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi:

  1. Pot tanaman

Sampah plastik tidak hanya yang berwujud bungkus kemasan saja namun botol plastik pun juga termasuk dalam sampah plastik. Anda bisa  menyulap botol plastik ini menjadi berbagai macam kerajinan tangan yang elegan dan juga mewah. Salah satu kerajinan tangan yang bisa Anda buat adalah pot tanaman. Jika pot tanaman sering terbuat dari plastik atau tanah liat kini Anda bisa membuatnya dari limbah plastik.

Caranya sangat mudah sekali dimana Anda bisa mendaur ulang botol minuman bekas berukuran 1 liter setelah itu Anda bisa memotong bagian bawah botol, tambahkan tali gantungan, kemudian lukis bagian luarnya dengan cat warna membentuk wajah kartun, atau membentuk pemandangan. Jemur agar cat mengering, setelah itu Anda bisa menjadikannya sebagai pot untuk tanaman hias kesayangan Anda.

  1. Tempat pensil

Jika Anda ingin menggeluti bisnis yang potensial dengan modal yang sedikit maka tempat pensil ini bisa menjadi ide yang tepat.  Caranya pun sangat mudah dimana bisa mencari botol bekas  1 literan, setelah itu cuci bersih dan sikat menggunakan  detergen agar lebih mengkilap. Setelah itu Anda bisa menjemurnya, potong menjadi dua bagian, manfaatkan bagian bawah botol dan potong botol bagian alasnya.

Baca juga : Pelajari 4 Langkah Cara Mengolah Sampah Plastik Menjadi Bensin

Potong gabus berwarna putih membentuk lingkaran, setelah itu cat dengan menggunakan warna yang cerah dan warna yang Anda sukai, letakkan pada bagian dasar botol, setelah itu letakkan pensil atau bolpoin pada bagian atasnya.

Demikianlah cara mengolah sampah plastik menjadi kerajinan tangan yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

 

 

 

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

teknik yang digunakan untung mengolah plastik menjadi kerajinan -

4 Cara Mengolah Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan yang Mudah | Malik | 4.5
error: Content is protected !!