Pelajari 4 Langkah Cara Mengolah Sampah Plastik Menjadi Bensin

Cara mengolah sampah plastik menjadi bensin – Banyak yang mengira plastik adalah barang bekas yang sudah tidak berguna padahal kenyataannya plastik ini bisa di recycle menjadi barang yang lebih berguna dan bermanfaat. Selama ini banyak yang mengolah plastik menjadi barang kerajinan saja padahal plastik ini bisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam bentuk lainnya.

Akhir-akhir ini sedang trend pengolahan sampah plastik menjadi bensin. Hal ini membuat banyak masyarakat bertanya-tanya, bagaimana cara mengubah sampah plastik yang tidak berguna menjadi bensin tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa bensin ini menjadi kebutuhan penting bagi setiap masyarakat karena dijadikan sebagai bahan bakar kendaraan maupun mesin pertanian maupun mesin-mesin lainnya. Berikut ini adalah beberapa cara mengolah sampah plastik menjadi bensin yang menarik untuk disimak:

Memecah Plastik Menjadi Minyak

Memecah Plastik Menjadi Minyak

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengolah sampah plastik menjadi bensin adalah dengan memecahnya menjadi minyak kembali. Belum banyak yang tahu jika sampah plastik ini di buat dengan menggunakan minyak bumi. Jika pembuatan sampah plastik ini dengan menggunakan proses polimerisasi atau metode pirolisis maka tugas Anda adalah dengan memecah polimer-polimer plastik tersebut. Memang terlihat mudah namun memecah polimer tersebut membutuhkan waktu dan alat khusus.

Siapkan Alatnya

Selanjutnya dengan menyiapkan alatnya. Tanpa alat ini proses pengolahan sampah plastik menjadi bensin tidak akan berjalan dengan lancar. Untuk mendapatkan alat ini Anda harus merogoh kocek mulai dari 5 juta rupiah dimana sudah banyak anak bangsa yang sudah menjualnya. Selain itu Anda juga bisa membuat alat ini sendiri dimana biaya yang harus Anda keluarkan ini jauh lebih hemat atau murah.

Bersihkan Sampah Plastik

Langkah selanjutnya adalah membersihkan sampah dari kotoran-kotoran yang bukan plastik tidak perlu di cuci bersih yang penting plastik dalam kondisi kering dan mudah terbakar saat dipanaskan langsung. Langkah selanjutnya adalah Anda bisa memasukkannya ke dalam kaleng kemudian di padatkan sampai penuh kemudian di tutup rapat.

Kaleng harus di klem agar tidak mendapatkan kebocoran pada sisi-sisinya setelah itu pada bagian bawahnya harus dipanaskan dengan api. Anda harus memanasi terus menerus agar plastik meleleh dan minyak bisa menetas pada bagian ujung pipa.  Konsep ini begitu sederhana dimana setelah hal tersebut dilakukan Anda akan mendapatkan tetesan bensin yang bisa Anda tampung pada wadah penampung terlebih dahulu.

Perhatikan Temperatur

Cara mengolah sampah plastik menjadi bensin yang penting untuk diperhatikan adalah perhatikan temperatur. Temperatur ini sangat penting untuk pemrosesan sampah plastik menjadi bensin ini dimana jika temperaturnya kurang tepat akan membuat plastik kurang sempurna dalam mencair. Untuk bisa mencairkan sampah plastik ini bisa dimulai dengan sedikit demi sedikit dimana Anda bisa mengaturnya dengan temperatur 90 derajat terlebih dahulu dimana ditandai dengan penguapan air yang terkandung di sampah plastik dan juga ditandai dengan uap  yang menyerupai asap putih.

Anda bisa mengaturnya menjadi 180 derajat celcius dimana BBM akan mulai keluar, setelah itu Anda bisa mulai mengatur temperaturnya menjadi 250 derajat celcius dimana BBM akan mengalir dengan deras. Dengan temperatur 300 derajat bahan baku akan mulai habis dimana ditandai dengan aliran BBM yang semakin terbatas. Setelah itu matikanlah reaktor pemanas kemudian Anda bisa melanjutkannya dengan menunggu tabung reaktor dingin dan juga suhu normal.

Hasil

Tidak hanya cara pengolahannya saja yang harus ketahui tapi hasil dari pengolahan dan pemrosesan sampah plastik menjadi bensin in juga penting untuk Anda ketahui. Untuk di aplikasikan ke kendaraan Anda membutuhkan alat penjernih sebab dengan mengaplikasikan secara langsung dikhawatirkan akan berdampak pada performa mesin kendaraan tersebut. Untuk bisa menghasilkan oktan yang bagus ini Anda bisa dengan membakar aromanya terlebih dahulu agar bensin yang dihasilkan berkualitas bagus.

Terobosan Terbaru Untuk Menanggulangi Sampah Plastik

Indonesia sendiri sedang darurat sampah plastik, terutama plastik single use. Yang dimaksud dengan single use adalah plastik sekali pakai dimana setelah digunakan sampah ini dibuang. Akibatnya sampah ini menumpuk dimana-mana dan menyebabkan masalah yang sangat serius terutama bagi lingkungan. Cara mengolah sampah plastik menjadi bensin dengan membakarnya ini banyak menimbulkan pro kontra dimana bisa menyebabkan kanker pada manusia. Oleh sebab itulah proses pengolahan sampah plastik menjadi bensin ini harus tepat dan benar.

Dalam proses pembakaran yang benar Anda hanya membutuhkan udara atau pencampuran hidrogen dan juga memerlukan tekanan tinggi. Jika dilakukan dengan cara tertutup tidak akan ada polutan yang keluar sehingga pengolahan ini sangat aman. Yang menguntungkan lagi adalah dengan pemrosesan yang benar, bensin tersebut tidak akan mengandung zat korosif yang mampu merusak mesin.

Sampah plastik tidak hanya dijadikan sebagai kerajinan saja.  Sampah plastik bisa ditingkatkan nilai dan manfaatnya dengan mendaur ulangnya dengan mengubahnya menjadi bensin. Dibutuhkan cara mengolah sampah plastik menjadi bensin yang tepat karena salah prosedur akan membuat bensin yang dihasilkan kurang berkualitas, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Pelajari 4 Langkah Cara Mengolah Sampah Plastik Menjadi Bensin | Malik | 4.5
error: Content is protected !!