5 Cara Mengenali Investasi Bodong Agar Anda Tidak Tertipu

Cara mengenali investasi bodong – Investasi memang salah satu cara untuk mengamankan sekaligus memperbanyak kekayaaan kita. Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda jalani mulai dari saham, deposito, property dan lain sebagainya. Namun, ternyata  investasi juga bisa menjadi masalah bagi kita jika tidak cemat dalam memilih jenis  investasi. Semakin banyaknya orang yang lebih memilih untuk berinvestasi menjadi salah satu modus baru bagi para penipu untuk meraup uang dari para korbannya, mereka menawarkan investasi dengan banyak kemudahan dan keuntungan yang diluar akal sehat. Dengan menawarkan keuntungan yang besar, mereka berhasil menarik minat dari para korbannya.

investasi bodong

investasi bodong

Oleh karena itu, Anda wajib waspada jika memang ingin menjalankan  investasi. Berikut 5 cara mengenali investasi bodong agar Anda tidak tertipu dan terhindar dari kerugian.

Jangan Tergiur Dengan Bunga Tinggi Yang Ditawarkan

Jika ada yang menawarkan bunga sangat tinggi bahkan diatas bunga bank, Anda wajib waspada. Bisa saja  investasi yang ditawarkan tersebut bodong atau tidak memiliki izin. Pasalnya, bunga yang tinggi hingga diatas bunga bank sudah diluar akal sehat. Banyak para penipu yang menawarkan bunga sebesar 1% perhari, hal tersebut membuat para korbannya tergiur. Padahal bunga di bank saja tidak sebesar itu.

Selalu jadikan bunga bank sebagai patokan saat Anda akan berinvestasi. Jangan terlalu bernafsu untuk mendapatkan keuntungan yang besar namun dengan ketentuan yang tidak jelas. Lebih baik Anda mencari investasi dengan keuntungan kecil namun keamanan tetap terjaga. Investasi bukan masalah keuntungan tapi tabungan untuk kebutuhan Anda di masa depan.

Menawarkan Investasi Secara Online Bukan Melalui Media Penyiaran Ternama

Cara mengenali investasi bodong yang selanjutnya adalah dengan mengetahui apakah  yang ditawarkan pada Anda memiliki slot iklan baik di televisi, radio dan media penyiaran lainnya? Jika hanya ditawarkan secara online, bisa dipastikan Anda akan menjadi korban dari penipuan. Para penipu biasanya menawarkan  investasi secara online tanpa memberikan info alamat kantor yang jelas.

Para korban akan dibawa dengan penjelasan yang bertele-tele dengan berbagai iming-iming agar terfokus pada produk yang mereka tawarkan sehingga lupa dengan beberapa hal penting seperti alamat kantor, izin usaha mereka dan lain sebagainya. Bahkan si korban lupa bahwa  yang ditawarkan pada mereka tidak pernah ada di televisi dan radio.

Selalu cermat dalam memilih  investasi, coba tanyakan alamat, no telepon kantor dan izin yang mereka miliki jika Anda mendapatkan penawaran  investasi secara online. Karena bisa jadi Anda salah satu korban penipuan jika tidak cemat dan terlalu bernafsu dengan keuntungan yang ditawarkan.

MLM Dengan Kedok Investasi

Saat ini sangat banyak para penipu yang menjajakan MLM dengan kedok  investasi. MLM atau member get member merupakan salah satu  yang saat ini banyak dihujat karena menguntungkan satu pihak saja. Biasanya, para pelakunya menawarkan  investasi dengan keuntungan selangit, namun dengan syarat si investor harus bisa membawa member baru sesuai dengan ketentuan.

Dengan bahasa marketing yang apik,  penipuan ini mampu membuat para korbannya tergiur karena keuntungan yang ditawarkan sangat menggiurkan, ditambah foto-foto  member mereka yang mampu membeli berbagai barang mewah membuat para korbannya semakin ingin bergabung.  Investasi bodong ini sudah banyak memakan korban. Menurut berbagai informasi sudah hampir ribuan orang di Indonesia yang tertipu dengan cara  ini.

Oleh karena itu, selalu perhatikan bagaimana alur  invesasi yang ditawarkan pada Anda.  Investasi sendiri berarti Anda menginvestasikan dana, barang ataupun lainnya untuk nantinya dikembangkan oleh si pemilik usaha, bukan membuat Anda harus repot bekerja lagi, Jika caranya seperti itu, Anda mendaftar sebagai karyawan bukan sebagai investor.

Menawarkan Bonus Jika Bisa Membawa Member Baru

Sama seperti MLM, jenis  bodong ini menawarkan keuntungan lebih jika Anda membawa member baru. Investasi bodong ini biasanya berkedok  trading. Anda diwajibkan menginvestkan dana sesuai dengan aturan mereka. Namun, Anda juga diwajibkan membawa member baru agar mendapatkan keuntungan lebih diluar dari keuntungan investasi Anda. Biasanya, para pelaku akan berkilah bahwa Anda tidak aktif membawa member baru saat akan akan menarik atau menagih keuntungan investasi Anda.

Pasa saat itulah, Anda baru sadar bahwa sudah tertipu.  Jenis investasi yang satu ini banyak mengincar ibu rumah tangga yang sedang mencari  tambahan untuk pemasukan bulanan mereka. Selalu perhatikan apakah  investasi yang akan Anda ambil sesuai dengan ketentuan yang ada atau sesuai dengan informasi yang beredar.

Tidak Dijelaskan Dengan Benar Cara Pengelolaan Investasinya

Cara mengenali investasi bodong yang terakhir adalah mereka tidak bisa menjelaskan dengan benar bagaimana cara pengelolaan investasinya. Untuk itu, selalu coba tanyakan bagaimana proses pengelolaan investasi yang dtawarkan, jangan terburu-buru untuk berinvestasi dengan pengelolaan yang tidak jelas. Lebih baik Anda mencari  investasi yang jelas dengan proses pengelolaan yang jelas pula. Pastikan jika investasi yang hendak anda terjuni terdaftar di OJK.

Saat ini banyak sekali  investasi bodong yang beredar baik secara online maupun offline. Mereka mengincar para korbannya yang tergiur untuk berinvestasi dengan keuntungan yang sangat besar. Selalu cari informasi mengenai cara mengenali investasi bodong, sehingga Anda tidak mengalami kerugian.

5 Cara Mengenali Investasi Bodong Agar Anda Tidak Tertipu | Malik | 4.5
error: Content is protected !!