5 Cara Menabung untuk Membangun Usaha

Cara menabung untuk modal usaha – Membangun sebuah usaha memang tak mudah dilakukan, karena terdapat beberapa perencanaan usaha yang harus dipersiapkan dengan matang. Perencanaan usaha tersebut meliputi menetapkan jenis dan tujuan usaha, menentukan target pasar, menentukan nama usaha, hingga mempersiapkan sumber pendanaan yaitu modal usaha.

Berbicara mengenai modal usaha, darimana Anda akan mendapatkan dana sebagai sumber modal usaha? Karena membangun sebuah usaha dibutuhkan modal yang tak sedikit, dan tentu saja tak bisa disiapkan hanya dalam waktu satu malam. Salah satu cara efektif mengumpulkan modal usaha adalah dengan cara menabung. Lalu bagaimana strategi jitu menyisihkan uang untuk disisihkan sebagai modal usaha? Untuk membantu Anda, mari simak 5 cara ampuhnya berikut ini.

1. Mengatur Pengeluaran Tiap Bulan

Cara menabung untuk modal usaha yang pertama adalah dengan mengatur pengeluaran tiap bulan. Karena target Anda saat ini adalah menabung untuk modal usaha, untuk itu Anda harus pandai-pandai mengatur pengeluaran tiap bulan. Alokasi budget yang jelas dan rinci sangat Anda perlukan, untuk itu Anda bisa menulis rincian pengeluaran apa saja yang harus Anda bayar setiap bulannya. Tulis seluruh pengeluaran Anda, mulai dari pengeluaran harian seperti pengeluaran untuk makan dan mengisi bahan bakar kendaraan, hingga pengeluaran bulanan seperti membayar cicilan hutang, membayar langganan wi-fi, tv kabel, dan pengeluaran lainnya. Jika sudah, kelompokkan pengeluaran dengan sistem mingguan. Dengan begitu Anda akan mendapatkan rincian pengeluaran bulanan lengkap, sehingga Anda dapat mengetahui kemana perginya uang-uang Anda dalam satu bulan.

Saat Anda mengambil gaji bulanan, langsung alokasikan dana sesuai dengan pengeluaran mingguan yang sudah Anda buat sebelumnya. Aturlah agar uang yang Anda bawa di dompet cukup untuk hidup selama satu minggu. Sistem mingguan ini dinilai efektif, karena jika Anda membawa uang dalam jumlah besar pasti ada kecenderungan untuk dihambur-hamburkan, sehingga berdampak pada gagalnya rencana menabung untuk modal usaha Anda.

2. Segera Sisihkan Uang Setelah Gajian

Setelah Anda menerapkan sistem pengeluaran mingguan seperti yang telah disebutkan diatas, tentu Anda dapat mengetahui pengeluaran apa saja yang wajib Anda bayarkan setiap bulannya tak terkecuali hutang. Jika memang Anda memiliki tanggungan hutang entah itu kepada bank atau pihak manapun, ada baiknya untuk segera menyisihkan uang untuk cicilan sesaat setelah Anda menerima gaji. Jika tidak, pengeluaran Anda bisa jadi tidak terkontrol sehingga berdampak pada keterlambatan membayar cicilan. Bukan tak mungkin Anda juga jadi tidak dapat menyisihkan uang untuk tabungan modal usaha, karena uang Anda telah ludes terpakai sebelum berhasil Anda sisihkan.

3. Menentukan Anggaran Modal Usaha

Hal yang tak kalah penting untuk Anda lakukan dalam hal menabung untuk modal usaha adalah menentukan berapa anggaran modal usaha Anda. Jika Anda sudah menetapkan jenis usaha, tentu Anda bisa dengan mudah membuat perincian mengenai bahan dan alat produksi apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang usaha Anda. Catat segala keperluannya dan buatlah list mengenai harga dari masing-masing bahan dan alat produksi tersebut. Dengan begitu Anda dapat mengetahui berapa kisaran anggaran modal usaha Anda. Jika Anda sudah mengetahui besar nominalnya tentu akan lebih mudah bagi Anda untuk mengatur tabungan modal usaha.

4. Hindari Hutang

Secara tak langsung, menghindari hutang dapat dikatakan menjadi salah satu cara menabung untuk membangun usaha. Karena saat Anda ingin merintis sebuah usaha, ada baiknya untuk mendapatkan modal usaha hasil dari jerih payah Anda dalam menabung, daripada harus berhutang kesana kemari. Pasalnya hutang sama saja dengan menambah beban Anda. Singkatnya, dengan menghindari hutang Anda jadi dapat menyisihkan uang lebih untuk menabung. Bayangkan jika Anda memiliki banyak tanggungan hutang, tentu keinginan untuk menabung sebagai modal usaha akan terus terhambat karena keterbatasan dana yang dimiliki. Jika saat ini pun Anda terlanjur memiliki hutang, segera lunasi hutang-hutang Anda. Karena nantinya saat Anda sudah mulai untuk membuka usaha, akan jauh lebih baik jika Anda tidak terlilit hutang dimanapun. Sehingga nantinya Anda dapat menjalani usaha dengan santai tanpa harus mengejar target cicilan hutang.

5. Patungan Dengan Teman Atau Keluarga

Cara terakhir adalah dengan patungan bersama teman atau keluarga Anda. Tak perlu bersusah payah mengumpulkan dana seorang diri, Anda juga bisa mengajak teman atau keluarga Anda untuk ikut serta membangun bisnis dengan modal bersama. Konsepnya tak jauh berbeda dengan joint venture, dimana sebuah usaha didirikan oleh dua atau lebih pelaku bisnis yang sebelumnya telah sama-sama sepakat untuk membangun sebuah bisnis. Jika Anda dan teman-teman memiliki ide bisnis yang serupa lalu ingin mewujudkan bisnis tersebut bersama-sama, cara ini terbilang efektif untuk dilakukan. Dalam waktu singkat, modal usaha pun sudah dapat terkumpul.

Bagaimana, kini Anda sudah tahu bukan bagaimana cara menabung untuk membangun usaha? Ternyata caranya tak sulit untuk dilakukan ya!

5 Cara Menabung untuk Membangun Usaha | Malik | 4.5
error: Content is protected !!