Pelajari 9 Cara Mengatasi Usaha yang Hampir Bangkrut Berikut

Saat bisnis yang Anda jalankan sedang mengalami goncangan, Anda harus tahu bagaimana cara mengatasi usaha yang hampir bangkrut sehingga bisnis tersebut bisa terselamatkan.

Cara mengatasi Bangkrut

Cara mengatasi Bangkrut

Dalam dunia usaha ada kalanya mengalami kejayaan, dan ada saatnya usaha tersebut berada dalam situasi yang sulit. Hal ini bisa dialami oleh semua orang yang sedang bergelut dalam dunia bisnis. Namun, jangan sampai hal ini membuat Anda menyerah. Sebagai pengusaha, Anda harus punya keyakinan bahwa bisnis tersebut akan bangkit kembali. Kali ini kita akan membahas bagaimana caranya membuat bisnis yang terancam gulung tikar bisa diselamatkan. Mari simak berbagai cara berikut ini agar Anda bisa terhindar dari risiko kebangkrutan.

1.     Temukan Hal Positif dalam Diri Anda

Pada saat bisnis Anda hampir mengalami kebangkrutan, Anda harus mencari hal-hal yang positif dalam diri Anda. Ketika Anda menemukan berbagai hal yang positif, Anda akan menjadi lebih bijaksana dalam menghadapi permasalahan yang ada.

Berpikir positif akan membantu Anda untuk mengambil rencana agar dapat bangkit kembali. Anda akan merasa semakin percaya diri dalam mengambil langkah untuk memperbaiki kondisi bisnis yang sedang mengalami keterpurukan.

2.     Cari Pangkal Permasalahan dan Lakukan Penyesuaian

Ketika bisnis Anda terguncang, pasti ada hal yang menjadi penyebabnya. Karena itulah, Anda harus mulai mencari tahu apa sebenarnya pangkal permasalahan yang membuat bisnis tersebut hampir mengalami kebangkrutan.

Penyebabnya bisa saja karena karyawan yang Anda miliki tidak kredibel, adanya kebocoran anggaran, ataupun strategi pemasaran yang kurang tepat. Setelah Anda menemukan penyebab permasalahan dalam bisnis Anda, lakukan penyesuaian untuk memperbaiki situasi tersebut. Cara mengatasi usaha yang hampir bangkrut  penting untuk Anda lakukan agar bisnis Anda bisa terselamatkan.

Baca juga : 6 Tips Cara Menentukan Jumlah Karyawan yang Harus Anda Pekerjakan

3.     Minta Dukungan dari Orang Lain

Untuk memulihkan kondisi bisnis yang hampir bangkrut, Anda tidak bisa hanya mengandalkan diri sendiri. Anda harus mencari dukungan dari orang lain seperti keluarga, sahabat, maupun kolega terdekat Anda. Dukungan tersebut bisa dalam bentuk doa, suntikan dana, ataupun membantu mencarikan investor untuk bisnis Anda.

4.     Miliki Komitmen Untuk Membayar Hutang

Bisnis yang hampir gulung tikar sering kali mengalami jeratan hutang. Karena itulah, cara mengatasi usaha yang hampir bangkrut  yang bisa Anda lakukan adalah dengan memiliki komitmen untuk menyelesaikan hutang tersebut. Cobalah untuk mencicil hutang tersebut secara bertahap. Ketika hutang tersebut sudah terselesaikan, maka Anda akan lebih leluasa mengembangkan usaha Anda.

5.     Pilih Strategi yang Paling Tepat

Anda perlu menjabarkan berbagai strategi yang mungkin Anda jalankan. Dari sekian banyak strategi yang telah Anda buat, pilihlah strategi-strategi yang paling sesuai untuk memulihkan usaha Anda yang sedang berada di jurang kebangkrutan.

6.     Pertimbangkan Tingkat Eksekusi dari Strategi yang Anda Pilih

Setelah Anda menentukan strategi-strategi yang dianggap mampu memperbaiki kondisi bisnis yang Anda jalankan, Anda perlu mempertimbangkan tingkat eksekusi dari strategi tersebut. Dengan begitu, Anda akan mengetahui strategi mana yang bisa segera Anda terapkan. Perlu Anda ingat bahwa bisnis yang hampir bangkrut membutuhkan sebuah penanganan yang cepat.

7.     Harus Disiplin dalam Mengatur Keuangan

Cara mengatasi usaha yang hampir bangkrut yang bisa Anda coba selanjutnya adalah dengan menerapkan kedisiplinan dalam mengatur keuangan usaha yang Anda jalankan. Jangan sampai uang yang digunakan untuk operasional usaha bercampur dengan uang pribadi. Jika Anda tidak tertib dalam mengelola keuangan, maka bisa dipastikan bisnis yang Anda jalankan akan mengalami masalah yang berujung pada kebangkrutan.

Jika memang saat ini bisnis Anda sedang mengalami hambatan, cobalah untuk mengutamakan kepentingan bisnis terlebih dahulu. Baru setelah bisnis tersebut kondisinya kembali stabil, Anda dapat memanfaatkan keuntungannya untuk kebutuhan Anda.

Baca juga : 5 Cara Mengatur Keuangan Ala Orang Cina Yang Bisa Anda Contoh

8.     Menerapkan Prinsip Pareto Sesuai Tingkat Kedaruratannya

Menerapkan prinsip Pareto bisa jadi salah satu cara mengatasi usaha yang hampir bangkrut. Prinsip Pareto merupakan prinsip yang biasa dikenal dengan aturan 80-20. Maksudnya, sekita dalam sebuah kejadian,  efeknya adalah 80% sedangkan penyebabnya adalah 20%. Misalnya 80% dari keluhan para customer disebabkan karena 20% kondisi barang atau jasa.

Dengan menerapkan prinsip Pareto dalam bisnis yang sedang berada dalam keterpurukan, Anda dapat lebih memusatkan perhatian pada hal-hal yang dianggap penting. Dengan begitu, Anda dapat mengambil keputusan yang lebih efektif dan efisien sehingga bisnis tersebut bisa diselamatkan.

9.     Berdoa dan Serahkan Semua Pada Tuhan

Manusia hanya dapat berusaha, namun Tuhan lah yang akan menentukan hasilnya. Dengan menyerahkan segalanya pada Tuhan, Anda akan merasa lebih kuat dalam nenghadapi masalah dalam bisnis Anda.

Itulah beberapa cara mengatasi usaha yang hampir bangkrut. Pada dasarnya, Anda harus menyadari bahwa setiap usaha pasti ada risikonya. Kadang usaha tersebut mendatangkan keuntungan yang besar dan ada kalanya bisnis tersebut mengalami keterpurukan. Agar bisnis tersebut tidak mengalami kebangkrutan, Anda harus mencoba melakukan segala hal terbaik yang bisa Anda lakukan.

Pelajari 9 Cara Mengatasi Usaha yang Hampir Bangkrut Berikut | Malik | 4.5
error: Content is protected !!