5 Cara Mengatur Keuangan Ala Orang Cina Yang Bisa Anda Contoh

Bagi Anda yang selalu kebingungan saat kehabisan uang namun gajian selanjutnya masih lama, mungkin cara mengatur keuangan ala orang cina ini bisa menjadi contoh bagi Anda untuk bisa mengatur keuangan dengan baik. Semua orang sudah pasti tahu bahwa kebanyakan orang cina sangat pandai mengatur keuangan sehingga mereka mampu menyiapkan masa depan dengan lebih baik. Nah berikut ini beberapa cara mengatur keuangan ala orang cina bagi Anda yang selalu boros.

Hidup Dengan Kesederhanaan

Jack Ma yang hidup sederhana

Jack Ma yang hidup sederhana

Kesederhanaan sudah menjadi ciri khas dari keluarga para orang Cina. Semua itu bisa dilihat dengan kebiasaan saat mereka memasak makanan selama di rumah. Bukan membeli makanan yang sudah jadi di warung. Saat memasuki jam maka, semua anggota keluarga pun berkumpul untuk ikut makan bersama. Inilah yang akhirnya membuat ikatan dalam sebuah keluarga menjadi sangat kuat.

Anda juga jangan pernah berharap menu makanan yang akan disajikan bisa selalu memenuhi 4 sehat dan 5 sempurna. Dengan menu nasi juga tahu dan tempe mampu mencukupi untuk keluarga mereka. Sesekali mereka memasak daging sapi ataupun daging ayam untuk menjadi variasi. Akan tetapi semua hal ini biasanya akan dilakukan jika memang ada acara keluarga yang cukup besar atau di saat perayaan hari raya.

Tidak hanya itu saja, saat akan pergi bekerja, suami ataupun kepala keluarga sudah pasti membawa bekal makanan untuk kebutuhan makan siang. Termasuk juga para anak mereka yang pergi bersekolah hingga siang hari nantinya. Membawa makanan buatan rumah adalah cara yang dirasa paling simpel untuk menghemat keuangan dari keluarga.

Berani Membayar Mahal

Walau dikenal dengan tingkat kesederhanaannya di dalam menjalani hidup sehari-hari, orang Cina juga ternyata tak merasa takut untuk membeli berbagai barang yang memiliki harga mahal. Akan tetapi ini bukanlah menjadi sebuah pemborosan bagi mereka. Mereka sudah memiliki perhitungan sendiri saat akan membeli berbagai barang yang mahal harganya namun dengan kualitas barang yang memang sudah terjamin.

Orang Cina juga akan selalu melihat jauh ke depan. Dengan membeli berbagai barang yang berkualitas meski mereka harus membayar dengan lebih mahal, merekapun sebenarnya sudah bisa melakukan sebuah investasi jangka panjang. Barang yang berkualitas tinggi dan dengan harga mahal biasanya memiiki nilai jual tak akan melorot secara drastis seperti halnya barang murah yang ada pada umumnya.

Gucci mahal

Gucci mahal

Disebut sebuah investasi karena memang barang mahal itu suatu hari nanti akan bisa dijual kembali dengan memiliki harga yang memang tak jauh berbeda. Barang mahal yang dimaksud adalah seperti gelang giok misalnya, gucci senilai ratusan juta dan lain sebagainya. Akan tetapi, hal ini juga akan dilakukan jika memang dirasa sudah sangat darurat dikarenakan adanya keperluan yang memang cukup penting.

Disiplin Dalam Hal Menabung

Sudah berapa banyakkah uang yang ditabung dari hasil pendapatan perbulanan Anda? Pasti rata-rata kita dipastikan akan menyisihkan hingga sekitar 10-20% saja dari pendapatan yang didapat untuk ditabung. Walau begitu, masih banyak orang yang tak konsisten untuk bisa selalu menabung setiap mereka mendapatkan pendapatan bulanannya.

Berbeda dengan orang cina, mereka akan menyisihkan minimal sebesar 50% dari penghasilan. Bahkan sudah banyak yang menabung hingga lebih dari separuh dari penghasilannya. Bayangkan saja , orang Cina akan selalu mementingkan untuk menambah tabungan mereka tersebut daripada harus membelanjakannya untuk berbagai hal yang merasa tak penting.

Menabung bisa menjadi sebuah kewajiban pada hampir semua keluarga orang Cina. Tabungan ini juga akan digunakan saat ada beberapa keperluan mendadak atau juga memang harus membeli barang yang memang sangat dibutuhkan. Ingat, mereka membeli barang yang memang dibutuhkan bukan yang diinginkan.

Anda juga bisa mulai menabung dengan disiplin sejak hari ini dengan menggunakan cara mengatur keuangan ala orang cina. Jika memang belum bisa didalam persentase yang sangat besar, mulailah juga dengan jumlah yang kecil saja. Akan tetapi niatkan untuk bisa terus menambah persentase dari penghasilan yang ditabung dan juga dilakukan dengan konsisten.

Tidak Pernah Memiliki Hutang

Debit vs Kartu Kredit

Debit vs Kartu Kredit

Para orang cina sangat anti dengan namanya hutang, mereka lebih baik bersabar menabung daripada harus berhutang. Hal tersebut yang membuat orang cina tidak kewalahan saat mendapatkan penghasilan. Mereka lebih memilih sulit namun memiliki tabungan agar masa depan mereka cerah.

Jika harus memilih antara kartu debit dengan kredit, orang cina akan lebih memilih kartu debit karena tidak akan dibuat pusing dengan tagihan yang tiba-tiba datang ke rumah mereka. Cara ini bisa Anda lakukan juga untuk bisa mengatur keuangan Anda. Anda juga tidak akan kesulitan lagi dalam mkengatur keuangan Anda.

Mendidik Dan Juga Melatih Menabung Sejak Dini

Orang cina akan selalu mendidik putera puteri mereka untuk selalu berhemat dalam berbagai situasi. Menabung menjadi pelajaran yang penting sehingga ketika dewasa mereka bisa berhema seperti halnya orang tua mereka. Hal tersebutlah yang membuat banyak orang cina selalu konsisten dalam berhemat dan menabung sehingga mereka bisa mencapai cita-cita mereka.

Bahkan di sekolah-sekolah pun didik untuk bisa berhemat dan hidup sederhana. Tentunya pendidikan ini mampu memuat orang cina bisa mempersiapkan masa depannya dengan baik. Hal ini patut diconoh oleh Anda agar bisa mempersiapkan putera dan puteri Anda untuk mengatur keuangan dengan baik.

Itulah beberapa cara mengatur keuangan ala orang cina yang mungin bisa Anda praktikkan di rumah. Berhema sangat penting untuk masa depan keluarga Anda sehingga cara mengatur keuangan ala orang cina ini sangat cocok bagi Anda yang kesulitan dalam mengatur keuangan.

 

5 Cara Mengatur Keuangan Ala Orang Cina Yang Bisa Anda Contoh | Malik | 4.5
error: Content is protected !!