Asuransi Rumah: Jenis, Cara Kerja, dan Cara Memilihnya

Asuransi rumah – Banyak yang setuju jika rumah adalah sebuah aset dan menjadi sebuah pencapaian yang sangat besar dalam kehidupan. Hal tersebut wajar karena rumah didapatkan dengan proses yang sangat panjang dan keras, bahkan dalam kurun waktu yang cukup lama. Jika melihat beberapa fakta di atas susah sewajarnya jika Anda yang memiliki rumah ini memberikan perawatan dan juga perlindungan terhadap rumah terbaik. Hal ini bisa Anda gunakan untuk mencegah sejumlah kerugian yang bisa datang sewaktu-waktu menimpa rumah karena pada dasarnya Anda tidak pernah tahu kapan musibah tersebut akan datang menimpa Anda. Untuk itulah Anda membutuhkan sebuah perlindungan sejak awal sebagai proteksi diri yakni menggunakan asuransi rumah.

Jenis

Sebelum Anda tahu bagaimana cara memilih asuransi khusus rumah yang bagus ada baiknya jika Anda tahu jenis-jenis asuransinya terlebih dahulu,. Mengetahui jenis asuransi ini penting karena jangan sampai Anda salah dalam memilih produk asuransi. Salah dalam memilih hanya akan mendapatkan perlindungan yang tidak diharapkan. Bagi Anda yang sedang mencari asuransi, berikut ini adalah jenis asuransi rumah yang penting untuk Anda ketahui:

  1. All Risk

Tidak hanya mobil saja yang bisa mendapatkan asuransi all risk ini, namun rumah pun bisa di berikan asuransi all risk. Asuransi ini menjadi jenis asuransi kebakaran yang mana sifatnya adalah unnamed perils yaitu memberikan jaminan terhadap seluruh risiko yang bisa terjadi kepada harta benda atau kepentingan yang bisa dipertanggungkan. Pengecualian perlindungan dari asuransi ini adalah perang, terorisme, nuklir, radio aktif, keterlambatan, kehilangan pangsa pasar atau gangguan usaha, kesengajaan, ketidakjujuran karyawan, kerusakan mekanik dan broiler, aus, korosi, polusi dan juga kontaminasi.

Jaminan yang bisa Anda dapatkan jika mengikuti asuransi khusus rumah all risk adalah jaminan untuk kerusuhan, pemogokan, perbuatan jahat dan juga huru-hara, jaminan angin topan, badai, banjir, dan kerusakan akibat air. Jaminan selanjutnya adalah jaminan untuk gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami. Yang terakhir adalah jaminan longsor dan pergerakan tanah.

  1. PSAKI

PSAKI adalah singkatan dari Polis Standard Asuransi Kebakaran Indonesia. Manfaat dari jenis asuransi ini adalah digunakan untuk memberikan perlindungan pada harta benda atau kepentingan yang bisa dipertanggungkan secara langsung seperti kebakaran, petir ledakan, kejatuhan pesawat, dan juga asap. Namun selain beberapa manfaat tersebut, perlindungan dari PSAKI ini bisa diperluas dengan jaminan atau risiko lainnya yang tidak dijamin oleh PSAKI tersebut seperti kerusuhan, pemogokan, kerusakan akibat perbuatan jahat, huru-hara, banjir, angin topan, badai, kerusakan karena air, tanah longsor, kehilangan keuntungan, dan lain sebagainya.

Cara Kerja Asuransi Rumah

Sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi, alangkah pentingnya jika Anda mengetahui cara kerja dari produk tersebut. Dengan mengetahui cara kerjanya Anda bisa memutuskan apakah produk asuransi tersebut cocok dengan perlindungan yang Anda harapkan atau tidak.  Cara kerja asuransi khusus rumah yang pertama adalah Anda membeli sebuah rumah dengan nilai pertanggungan sebesar 200 juta rupiah. Nilai pertanggungan tersebut didapatkan dari jumlah dana yang dibutuhkan untuk membangun rumah dengan tipe dan luas tanah tersebut saat ini.

Seperti yang diketahui bahwa harga tanah dan bangunan ini dari waktu ke waktu mengalami peningkatan sehingga hal tersebutlah yang membuat nilai pertanggungan dari rumah Anda berbeda dengan saat pertama kali membuat rumah. Selain itu aset yang ada di dalam rumah juga dihitung misalnya di dalam rumah ada asset senilai 100 juta rupiah maka nilai pertanggungan menjadi 300 juta rupiah.  Setelah mendapatkan nilai pertanggungan tersebut pihak asuransi akan  menghitung jumlah premi yang harus dibayarkan.

Tips Membeli

Pengajuan Asuransi

Pengajuan Asuransi

Ada beberapa tips membeli polis asuransi khusus rumah yang penting untuk dipertimbangkan. Tips ini sangat penting diperhatikan mengingat saat ini banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi rumah ini. Dengan mengetahui tipsnya diharapkan Anda bisa mendapatkan produk asuransi terbaik dan sesuai dengan keinginan Anda.  Pertama Anda penting untuk memperhatikan perusahaan asuransi tersebut. Perhatikan sepak terjangnya apakah perusahaan asuransi tersebut kredibel atau tidak. Jangan mengambil asuransi melalui telepon karena hal ini sangat tidak bagus untuk Anda ke depannya.

Kedua pilih polis yang tepat.  Dengan mengetahui polis yang tepat akan menghindarkan Anda dari salah memilih polis. Jika Anda kurang paham dengan apa yang tertulis di dalam polis sebaiknya tanyakan kepada pihak asuransi agar tidak salah tafsir ke depannya.

Yang terakhir pilih yang preminya sesuai dengan budget Anda. Semakin banyak perlindungan yang ingin ditambahkan maka semakin besar jumlah premi yang harus dibayarkan. Oleh sebab itu masukkan terlebih dahulu perlindungan-perlindungan penting ke dalamnya, barulah jika budget masih cukup, Anda bisa menambahkannya dengan perluasan perlindungan.

Sebagai aset yang bernilai tinggi dan menjadi tempat berlindung, maka sudah sepatutnya Anda melindungi rumah Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan dan risiko yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.  Mulailah mengikuti asuransi rumah sekarang juga, karena dengan asuransi tersebut Anda tidak perlu khawatir lagi dengan berbagai macam risiko tersebut, kemudian pilihlah perlindungan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Asuransi Rumah: Jenis, Cara Kerja, dan Cara Memilihnya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!