4 Tipe Investasi yang Aman untuk Jangka Panjang Paling Diminati

Tipe investasi yang aman untuk jangka panjang – Investasi sudah banyak di dengar oleh masyarakat dimana banyak dianggap sebagai aktivitas yang berhubungan dengan keuangan dan juga ekonomi. Tujuan dari investasi itu pun beragam ada yang ingin mendapatkan keuntungan dari investasi tersebut di masa depan dan juga menjadikan investasi sebagai tabungan di masa tua kelak. Saat yang tepat untuk berinvestasi adalah di saat muda karena semakin lama jangka waktu investasi tersebut nilainya akan semakin tinggi.

Agar bisa mendapatkan hasil seperti yang diharapkan penting bagi Anda untuk memilih jenis instrumen investasi yang tepat. Berikut ini beberapa tipe investasi yang aman untuk jangka panjang yang bisa Anda pilih:

Emas

Emas

Emas

Tipe investasi yang aman untuk jangka panjang pertama adalah emas. Emas ini menjadi investasi favorit yang menguntungkan dan diminati terutama kaum wanita. Keunggulan yang bisa didapatkan dengan investasi emas adalah akan terhindar dari inflasi, selain itu nilai jualnya juga tinggi.  Anda yang membutuhkan dana dalam waktu singkat pun bisa menggunakan emas ini karena bisa dijual sewaktu-waktu dan di mana saja asalkan memiliki sertifikat dan surat emas resmi.

Jenis emas yang tepat untuk dijadikan investasi adalah yang karatnya 24 dan bentuk batangan. Emas batangan saat disimpan tidak akan berubah bentuk karena strukturnya yang kuat berbeda dengan perhiasan yang mudah penyok atau rusak. Meski begitu ada kerugian yang bisa didapatkan dari investasi emas ini, yaitu nilai pertambahannya tidak sebanyak dengan investasi jenis lainnya.

Property

Property

Property

Jenis atau investasi yang aman untuk jangka panjang selanjutnya adalah property.  Produk investasi jenis ini banyak diminati oleh masyarakat dikarenakan nilainya tidak pernah menurun. Yang menjadi alasan property ini menguntungkan dikarenakan jumlahnya tidak akan bertambah namun populasi manusia akan terus bertambah. Untuk mendapatkan keuntungan dari investasi ini pun bisa didapatkan dalam jangka waktu yang singkat. Dalam waktu minimal satu tahun saja keuntungan sudah bisa Anda dapatkan, namun untuk mendapatkan keuntungan atau nilai dari hasil investasi yang maksimal Anda diperlukan waktu minimal 5 tahun.

Property yang menguntungkan adalah rumah, tanah, ruko, apartemen, kos, dan lain sebagainya.  Kelemahan berbisnis ini adalah modal yang harus Anda keluarkan cukup besar, selain itu tidak semua jenis properti ini cocok dijadikan sebagai investasi. Nilai dari investasi tersebut tergantung dengan seberapa strategis, surat-suratnya bagaimana, dan lokasinya. Semakin strategis property yang Anda miliki maka nilainya juga akan semakin besar. Investasi property ini sebenarnya tidak hanya cocok untuk jangka panjang saja, namun juga cocok untuk investasi jangka pendek dengan cara menyewakannya.

Reksadana

Reksadana

Reksadana

Tipe investasi yang aman untuk jangka panjang selanjutnya adalah reksadana. Yang dimaksud dengan reksadana adalah surat-surat berharga yang menjadi bukti asset atau klaim. Kelebihannya adalah Anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan seperti pasar uang, saham, dan lain sebagainya. Anda bisa memilih produk reksadana yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Yang harus Anda ketahui di sini adalah setiap produk reksadana tersebut memiliki keuntungan dan juga kerugiannya masing-masing. Khusus pemula yang ingin berinvestasi dengan reksadana pilihlah yang memiliki tingkat risiko kecil seperti reksadana Pasar Uang maupun Pendapatan Tetap.

Obligasi

Tipe yang terakhir adalah Obligasi. Obligasi ini artinya surat utang diserahkan peminjam kepada yang memberikan pinjaman. Di surat berharga ini juga akan disebutkan jatuh temponya dan besar pinjaman yang harus ditanggung. Bagi Anda seorang investor akan membuat Anda bisa mendapatkan  keuntungan dalam jangka 1 tahun sampai dengan 10 tahun, sedangkan bagi yang diberikan pinjaman bisa mendapatkan kucuran dana agar bisnis yang dijalaninya semakin maju.

Investasi dengan Keuntungan Besar Namun Berisiko

Selain ada investasi jangka panjang yang aman ada juga investasi jangka panjang yang mendatangkan keuntungan besar namun memiliki risiko yang besar. Anda bisa mendapatkan keuntungan besar dalam waktu yang singkat namun juga bisa kehilangan modal plus keuntungan Anda dalam waktu yang singkat. Investasi ini risikonya sepadan dengan keuntungannya. Berikut ini ada beberapa investasi dengan keuntungan besar namun berisiko yang bisa menjadi bahan pertimbangan:

  1. Saham

Investasi menguntungkan namun berisiko yang pertama adalah saham. Orang yang pandai dalam bermain saham akan mendapatkan keuntungan yang besar begitu pula sebaliknya.  Penanaman saham ini pun sudah tersedia dalam berbagai macam sarana investasi dan bisa dilakukan oleh masyarakat dari berbagai macam kalangan. Bagi penanam saham atau investor akan mendapatkan surat berharga yang menjadi bukti kepemilikan dari perusahaan atau Perseroan Terbatas.

  1. Asuransi

Disebut tidak aman karena nilai balik dari asuransi tersebut tidak pasti bisa rendah dimana hasilnya tidak akan sesuai dengan premi yang dibayarkan. Namun jika sedang bagus, Anda akan mendapatkan nilai balik yang tinggi sehingga keuntungan yang didapatkan berlipat-lipat.

Setiap orang tentunya menginginkan keuntungan yang besar dan juga kegagalan yang minim. Sayangnya untuk saat ini model seperti itu tidak akan mudah ditemukan dimana risiko dan imbal balik selalu berbanding lurus. Selain memilih tipe investasi yang aman untuk jangka panjang yang sesuai, Anda juga harus bisa mengetahui kapan saat terbaik untuk menghasilkan nilai return terbaik dari investasi Anda.

4 Tipe Investasi yang Aman untuk Jangka Panjang Paling Diminati | Malik | 4.5
error: Content is protected !!