6 Contoh Tanaman yang Cocok Ditanam di Dataran Tinggi dan Cocok untuk Bisnis

Contoh tanaman yang cocok ditanam di dataran tinggi – Dataran tinggi dan dataran rendah memiliki karakteristik masing-masing. Karena karakteristik tersebutlah ada tumbuhan yang hanya bisa tumbuh di dataran rendah atau tinggi. Bagi Anda yang tinggal di dataran tinggi atau memiliki lahan di dataran tinggi, Anda bisa memanfaatkannya untuk bisnis.

Salah satu bisnis yang tepat adalah agrobisnis. Agrobisnis ini merupakan bisnis yang berhubungan dengan tanaman dan juga pertanian. Tanah dataran tinggi yang kebanyakan subur sangat cocok sekali dijadikan sebagai lahan pertanian atau lahan untuk agrobisnis Anda. Supaya tidak menjadi salah pilih, berikut ini adalah contoh tanaman yang cocok ditanam di dataran tinggi yang bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis:

Strawberry

Buah satu ini kaya akan vitamin C dan memiliki rasa yang manis dengan sedikit asam. Suhu normal yang dibutuhkan untuk bisa menunjang pertumbuhan tumbuhan satu ini adalah 20 derajat celcius. Tidak hanya itu saja strawberry ini juga membutuhkan cahaya matahari sepanjang hari dengan jangka kurang lebih 10 jam.

Jika Anda bisa membudidayakannya dengan baik Anda bisa menjual buah tersebut dengan mudah dimana buah ini bisa dijadikan sebagai hiasan kue, manisan, jus, dan lain sebagainya. Anda juga bisa mengembangkan bisnis yang lebih optimal dengan membuka kebun strawberry tersebut dan pengunjung bisa memetik sendiri buah strawberry yang di inginkan seperti perkebunan strawberry yang ada di Jerman. Anda juga bisa menyediakan kuliner dengan bahan dasar dari buah strawberry.

Teh

Teh

Contoh tanaman yang cocok ditanam di dataran tinggi untuk bisnis selanjutnya adalah teh. Kebiasaan masyarakat Indonesia yang suka dengan minuman teh ini bisa menjadi peluang bisnis yang sangat potensial. Agar beruntung dan sukses dengan bisnis teh ini Anda harus menyiapkan lahan yang cukup luas, selain itu Anda harus tahu bagaimana cara menanam teh yang baik dan benar. Untuk lokasi penanaman teh yang tepat ini ada pada ketinggian 200 sampai dengan 2000 mdpl. Alasan mengapa teh ini tidak bisa di budidayakan dan dikembangkan di dataran rendah adalah teh membutuhkan tanah yang dalam dan mudah menyerap air.

Kopi

Contoh tanaman yang cocok ditanam di dataran tinggi selanjutnya adalah kopi. Bisa dikatakan bahwa bisnis dari tanaman kopi ini sangat menggiurkan sekali karena bisa mengembangkan beberapa jenis bisnis sekaligus.  Kopi arabika bisa tumbuh pada ketinggian 800 sampai dengan 1500 mdpl sedangkan yang robusta bisa tumbuh di ketinggian 400 sampai dengan 800 mdpl. Anda bisa menyesuaikan jenis kopi dengan lahan yang Anda miliki.

Dari bisnis ini Anda bisa mengembangkan berbagai bisnis seperti paket tour kopi atau coffee experience tour, tour peracikan kopi, dan tentunya Anda bisa membuat berbagai macam produk yang berhubungan dengan kopi. Anda bisa membuat kopi bubuk, kopi botol, dan lain sebagainya. Karena Anda sudah memiliki kebun kopi sendiri Anda bisa menjadi supplier kopi ke beberapa kota yang ada di Indonesia mengingat saat ini banyak yang membuka bisnis berupa kafe kopi. Kopi racikan ini juga banyak disediakan di restoran, hotel, dan lain sebagainya sehingga target pemasaran Anda sangat luas.

Wortel

Wortel menjadi salah satu contoh tanaman yang cocok ditanam di dataran tinggi yang potensial. Tanaman ini banyak dibutuhkan karena mengandung vitamin A yang tinggi dan baik untuk mata. Selain itu wortel menjadi sayuran yang banyak dibutuhkan dalam berbagai macam makanan seperti sop, bakwan, tempura, dan lain sebagainya. Jika ditanam di dataran rendah wortel tidak akan bisa berkembang dengan baik karena suhu yang tidak sesuai akibatnya wortel umbinya pendek dan kecil.

Apel

Apel menjadi tanaman yang potensial untuk dikembangkan di dataran tinggi. Tanaman satu ini pun memiliki banyak peminat. Rasa apel yang manis dan sedikit asam membuat cita rasanya banyak digemari. Di Indonesia sendiri daerah penghasil apel yang potensial adalah Malang, Jawa Timur. Selain cocok dimakan secara langsung, apel ini juga bisa dijadikan berbagai macam makanan maupun minuman yang menggugah selera seperti selai apel, kue apel, dodol apel, sari apel, dan lain sebagainya. Tentu saja hal ini bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha yang potensial.

Kentang

Tanaman yang bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis terakhir adalah kentang. Siapa yang tidak suka kentang? Hampir semua orang menyukainya mulai dari anak-anak sampai dengan lansia. Kentang juga menjadi sumber karbohidrat yang cocok untuk diet dan dijadikan sebagai pengganti nasi. Suhu yang dingin membuat kentang bisa tumbuh dengan baik. Jika hasil panen kentang Anda bagus, Anda bisa menjadi supplier kentang atau Anda juga bisa menjual berbagai macam olahan dari kentang seperti stik kentang frozen, dan lain-lain.

Banyak sekali tanaman yang bisa tumbuh subur di dataran tinggi dan bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis potensial. Semoga informasi tentang beberapa contoh tanaman yang cocok ditanam di dataran tinggi yang disebutkan di atas bermanfaat untuk Anda.

6 Contoh Tanaman yang Cocok Ditanam di Dataran Tinggi dan Cocok untuk Bisnis | Malik | 4.5
error: Content is protected !!