7 Contoh Tanaman yang Cocok Ditanam di Dataran Rendah

Contoh tanaman yang cocok ditanam di dataran rendah – Peluang bisnis bisa berasal dari mana saja dan jenis bisnis pun beragam. Ada yang berkutat dalam bisnis penjualan barang dan ada juga yang berkutat pada bisnis pelayanan atau jasa. Salah satu bisnis yang bisa Anda jalankan adalah berbisnis tanaman yang mana termasuk dalam bisnis penjualan produk atau barang. Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa dijadikan sebagai ladang bisnis yang potensial hanya saja Anda harus menyesuaikannya dengan lahan Anda. Ada tanaman yang cocok ditanam di dataran rendah dan ada juga yang cocok di tanam di dataran tinggi. Pada kesempatan kali ini akan dibahas beberapa contoh tanaman yang cocok ditanam di dataran rendah seperti berikut ini:

Bunga Anggrek

Yang pertama adalah bunga anggrek. Bunga ini bisa tumbuh di suhu optimum 21 derajat celcius namun juga mampu hidup di suhu yang mencapai 30 derajat celcius. Ada 35 spesies anggrek yang mampu hidup di daerah yang panas. Bunga Anggrek ini dikenal cantik dan juga memiliki bunga yang bisa mekar dengan daun dan batang yang kuat. Anggrek ini menjadi tanaman bunga idola yang memiliki banyak peminat sehingga Anda bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis yang potensial.

Tanaman Leci

Contoh tanaman yang cocok ditanam di dataran rendah selanjutnya adalah tanaman leci. Saat ini tentu banyak produk yang mengadopsi rasa leci yang mana dijual di pasaran. Tanaman leci satu ini bisa di olah menjadi permen, sirup, selai, makanan kaleng, es buah, roti, dan lain sebagainya.  Karena rasa yang sangat manis dan juga segar buah ini menjadi makanan dan minuman yang memiliki kandungan baik untuk tubuh. Karena banyak yang membutuhkannya maka menanam tanaman leci ini bisa menjadi ide bisnis yang potensial karena permintaan akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Tanaman Jeruk

Tanaman yang cocok untuk dijadikan sebagai ide bisnis yang potensial selanjutnya adalah tanaman jeruk. Permintaan akan buah jeruk ini akan terus meningkat dari waktu ke waktu, terlebih lagi di masa seperti ini dimana buah jeruk dipercaya bisa meningkatkan imunitas tubuh. Di Indonesia sendiri jeruk merupakan tanaman yang sudah umum untuk di budidayakan. Buah jeruk bisa tumbuh di tanah yang mengandung lempung maupun di tanah yang berpasir dimana pH nya 5,6 sampai dengan 7, suhunya 20 derajat celcius sampai dengan 33 derajat celcius. Penanaman jeruk ini bisa dikembangbiakkan dengan cara vegetatif maupun dengan cara generatif yaitu bisa diperbanyak dengan cara stek dan juga biji. Jenis buah jeruk yang bisa Anda manfaatkan dan Anda tanam antara lain adalah jeruk nipis, jeruk purut, jeruk keprok, jeruk bali, dan jeruk kinking.

Mangga

Tanaman yang cocok ditanam di dataran rendah selanjutnya adalah buah mangga. Buah satu ini banyak disukai dan banyak di budidayakan di Indonesia. Mangga sendiri juga salah satu buah yang kaya akan vitamin C.  Anda bisa menjual bibit mangga selain itu Anda juga bisa menjual hasil buahnya. Jenis mangga yang bisa Anda tanam dan budidayakan adalah mangga manalagi, mangga arumanis, mangga golek, mangga madu, mangga kemang, dan masih banyak lagi lainnya.

Bunga Rain Lily

Contoh tanaman yang cocok ditanam di dataran rendah selanjutnya adalah bunga rain lily. Bunga ini memiliki pesona yang cantik dimana memiliki 6 mahkota yang meruncing pada bagan pangkal. Bunga ini dipercaya bisa membuat rumah dan halaman rumah menjadi lebih cantik. Dinamakan bunga rain lily karena muncul seiring turunnya hujan selain itu karakteristik lainnya adalah memiliki daun seperti pita, mengkilap dan berwarna hijau gelap, roma bunga ini juga lembut.

Rambutan

Tanaman yang cocok ditanam di dataran rendah dan cocok untuk dijadikan sebagai lahan bisnis adalah rambutan. Buah ini selain dijadikan sebagai buah biasa, juga cocok untuk diolah menjadi berbagai macam makanan, minuman, manisan, dan lain sebagainya. Agar mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit Anda bisa menanam rambutan yang memang banyak diminati salah satunya adalah rapia. Buah ini memiliki warna sedikit hijau, kuning, dan juga sedikit merah. Secara fisik rambutan ini tidak menarik karena memiliki rambut yang lebih pendek namun buah ini dagingnya sangat manis, tebal, renyah, dan juga kenyal.

Baca juga : 6 Contoh Tanaman yang Cocok Ditanam di Dataran Tinggi dan Cocok untuk Bisnis

Kelapa

Tanaman terakhir yang cocok untuk dijadikan sebagai bisnis yang potensial adalah kelapa. Tentu bukan menjadi rahasia lagi jika kelapa adalah tanaman yang semuanya bisa dimanfaatkan. Mulai dari buahnya yang muda, buah yang tua, daun, apalagi batangnya. Anda bisa membuat perkebunan kelapa untuk bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Berbagai macam olahan dari kelapa pun banyak digemari seperti nata de coco, kopra, santan gula jawa, dan juga minyak kelapa pun bisa dihasilkan dari kelapa ini.

Demikianlah beberapa contoh tanaman yang cocok ditanam di dataran rendah yang bisa dijadikan sebagai bisnis yang potensial, semoga informasi ini bermanfaat.

7 Contoh Tanaman yang Cocok Ditanam di Dataran Rendah | Malik | 4.5
error: Content is protected !!