5 Kesalahan dalam Pembuatan Iklan dan Cara Mengatasinya

Kesalahan dalam pembuatan iklan dan cara mengatasinya- Dalam dunia bisnis, aktivitas marketing atau pemasaran merupakan sebuah hal penting yang akan menentukan jalannya bisnis tersebut. Karena itulah, Anda harus bisa membuat iklan yang baik untuk mempromosikan produk/jasa agar lebih dikenal oleh khalayak.

Dengan begitu, tingkat penjualan Anda pun semakin meningkat sehingga profit bisnis Anda pun semakin besar. Namun kadang kala terjadi kesalahan dalam pembuatan iklan yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman pelaku usaha dalam menjalankan aktivitas marketingnya. Agar kinerja pemasaran bisnis Anda tetap berjalan dengan lancar, Anda harus mengetahui beberapa kesalahan yang biasa dijumpai dalam pembuatan iklan dan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya.

1.     Pemilihan Waktu yang Kurang Tepat

Pemilihan waktu yang kurang tepat merupakan salah satu kesalahan yang kerap kali terjadi dalam pembuatan iklan. Meskipun produk yang Anda tawarkan telah didesain dengan baik dan Anda pun telah mengeluarkan dana promosi yang besar, namun jika tidak diimbangi dengan pemilihan waktu yang tepat, maka hal ini akan membuat penjualan produk tersebut tidak sesuai dengan harapan.

Untuk mengatasi hal tersebut Anda harus bisa memilih waktu yang tepat untuk melakukan promosi. Anda harus memanfaatkan trend yang berkembang di masyarakat saat ini. Misalnya, Anda bisa menggunakan waktu-waktu menjelang lebaran untuk memasarkan produk-produk fashion muslim. Sementara itu, pada saat tahun ajaran baru sekolah Anda bisa memanfaatkannya sebagai waktu yang tepat untuk mempromosikan barang-barang kebutuhan sekolah.

2.     Tidak Punya Tujuan yang Jelas

Agar bisnis Anda bisa berjalan dengan baik, Anda harus tahu kesalahan dalam pembuatan iklan dan cara mengatasinya. Salah satu kesalahan dalam pembuatan iklan yang haru Anda hindari adalah tidak adanya tujuan yang jelas dalam pembuatan iklan. Artinya, Anda sendiri tidak tahu tujuan dari iklan tersebut untuk meningkatkan awareness ataukah untuk mendapatkan keuntungan dari produk yang ingin Anda jual. Tanpa tujuan yang jelas, Anda juga akan kesulitan untuk membuat konten iklan yang menarik yang akan ditujukan pada konsumen.

Cobalah untuk mencari tahu terlebih dahulu apa sebenarnya tujuan dari iklan yang Anda buat. Untuk itu, Anda perlu menetapkan tujuan dengan cara SMART (Specific, Measureable, Attainaable, Realistic, Timely).

3.     Tidak Bisa Menyampaikan Pesan dengan Baik pada Konsumen

Ketika Anda tidak bisa menyampaikan pesan dengan baik pada konsumen, maka sudah dapat dipastikan iklan tersebut tidak akan mendatangkan dampak positif bagi bisnis Anda. Jika para konsumen tidak dapat menangkap pesan dari iklan yang Anda buat, maka mereka pun tidak akan tertarik untuk menggunakan produk yang Anda tawarkan.

Biasanya iklan-iklan yang memiliki simbol-simbol tertentu atau mengandung bahasa yang bersayap akan membuat para konsumen yang berasal dari beragam latar belakang kesulitan untuk menangkap pesan dari iklan tersebut.

Oleh karena itu, Anda harus menghindari penggunaan bahasa ataupun simbol-simbol bersayap pada iklan yang Anda buat. Buatlah iklan yang persuasif dengan bahasa yang jelas dan lugas agar lebih mudah dipahami oleh para konsumen yang berasal dari latar belakang yang bermacam-macam. Dengan mengetahui kesalahan dalam pembuatan iklan dan cara mengatasinya, diharapkan bisnis yang Anda jalankan pun dapat berjalan sesuai harapan.

4.     Strategi Promosi yang Kurang Tepat

Promosi merupakan aktivitas penting dalam sebuah bisnis. Dengan adanya promosi, Anda bisa melihat secara langsung respon konsumen atas produk yang Anda tawarkan. Biasanya, promosi produk disertai dengan memberian potongan harga bagi para konsumen ataupun mengiming-imingi para konsumen dengan penawaran terbatas.

Kesalahan yang sering terjadi dalam mempromosikan produk adalah penggunaan strategi promosi yang kurang tepat. Sering kali masih dijumpai adanya kesan yang memaksa dalam mempromosikan sebuah produk. Petugas yang melakukan promosi seolah terus mengejar konsumen agar mau membeli produk yang ditawarkannya. Hal ini tentu saja akan menimbulkan ketidaknyaman bagi konsumen.

Untuk mengatasi persoalan ini, Anda harus bisa menentukan strategi baru. Cobalah untuk bereksperimen dengan pendekatan yang berbeda. Selain itu, Anda juga perlu memodifikasi strategi pemasaran yang sudah ada. Dengan begitu, para konsumen akan lebih bisa menerima pesan dari iklan yang Anda buat.

5.     Hanya Menggunakan Satu Media Saja Untuk Beriklan

Setiap harinya konsumen mendapatkan begitu banyak pesan marketing alias iklan dari berbagai macam media, seperti televisi, koran, majalah, ataupun internet. Sebuah studi menyatakan bahwa konsumen akan mulai tertarik dengan iklan yang Anda buat jika mereka telah melihat iklan setidaknya sebanyak 12 kali. Namun jika Anda hanya mengandalkan satu media saja sebagai tempat untuk promosi, rasanya hal tersebut akan berakhir sia-sia karena para konsumen tak akan terlalu memperhatikan iklan tersebut.

Anda perlu menentukan media apa saja yang mudah untuk diakses oleh para konsumen dan pastinya sesuai dengan budget yang Anda punya. Di era digital saat ini, salah satu media yang efektif untuk promosi adalah media sosial. Dengan memanfaatkan internet, Anda dapat berpromosi di berbagai media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. Dengan menyebar iklan di berbagai platform media sosial, konsumen akan lebih memperhatikan iklan yang Anda buat.

Itulah beberapa kesalahan dalam pembuatan iklan dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

5 Kesalahan dalam Pembuatan Iklan dan Cara Mengatasinya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!