5 Kebiasaan Boros yang Sering Dilakukan Pelaku Bisnis

Kebiasaan boros yang sering dilakukan pelaku bisnis – Gaya hidup boros selalu menjadi momok bagi siapapun. Sebanyak apapun penghasilan setiap bulannya, jika kebiasaan boros terus dilakukan maka Anda tidak akan pernah memiliki tabungan. Tak jarang juga orang sampai rela berhutang hanya demi menuruti keinginan semu. Tidak ada simpanan, hutang banyak, wah keuangan menjadi kacau balau! Kebiasaan boros juga menjadi boomerang bagi Anda yang tengah merintis bisnis. Jika ingin bisnis Anda bergerak maju, hindari kebiasaan buruk tersebut. Kenali juga kebiasaan boros yang sering dilakukan pelaku bisnis yang mungkin tanpa Anda sadari, sering dilakukan. Berikut ulasannya:

Penyebab Anda Sering Boros

penyebab sering boros

penyebab sering boros

Untuk mengubah kebiasaan boros, Anda sebaiknya mengetahui akar permasalahannya dulu. Agar nantinya bisa diperbaiki sesuai dengan kekurangan yang Anda miliki. Di bawah ini ada 6 penyebab umum mengapa Anda selalu boros:

  1. Enggan Membuat Anggaran Pengeluaran

Banyak orang yang menerapkan gaya hidup hemat dengan berpacu pada anggaran pengeluaran. Jika Anda malas dalam menyusun anggaran pengeluaran, kemungkinan besar manajemen keuangan akan tidak terorganisir. Alokasi dana tidak tercatat sehingga biaya kebutuhan pokok dan kebutuhan sekunder bercampur menjadi satu dengan porsi yang tidak terarah. Ujungnya, Anda akan kebingungan kemana uang Anda dibelanjakan.

Jadi, jika Anda ingin mengusung gaya hidup hemat, mulai lah untuk membuat anggaran pengeluaran. Ini akan membantu Anda mengontrol keuangan dengan benar. Buat saja berdasarkan kategori pengeluaran, misal makan, akomodasi, dll.

  1. Menyeleweng dari Anggaran

Memang tidak mudah untuk mengubah kebiasaan boros. Banyak sekali godaan yang membuat Anda melenceng dari anggaran yang telah Anda susun sedemikian rupa. Kunci mengatasinya adalah jangan mau dikalahkan oleh ego Anda sendiri. Tekadkan diri untuk tidak terbuai oleh kenikmatan berbelanja sesaat.

  1. Tidak Punya Daftar Kebutuhan Pribadi

Penyebab umum mengapa Anda boros adalah Anda tidak mempunyai daftar kebutuhan baik pribadi maupun bisnis yang jelas. Pada akhirnya, Anda membelanjakan uang sesuai dengan keinginan, bukan kebutuhan. Oleh sebab itu, penting sekali untuk menyusun daftar kebutuhan berdasarkan prioritas. Jangan lupa juga untuk memasukan anggaran tabungan dalam daftar kebutuhan Anda.

  1. Tidak Realistis

Banyak kasus dimana kebiasaan boros seseorang dilator belakangi oleh sikap tidak realistis. Mengedepankan gengsi dan gaya hidup konsumtif sehingga mereka lupa jika penghasilannya tidak sepadan dengan pengeluarannya. Alhasil, lebih besar pasak daripada tiang.

Mulai sekarang, cobalah berpikir realistis dan kesampingkan gengsi. Hiduplah sesuai kemampuan. Jangan memaksakan apa yang tidak bisa Anda dapatkan. Mengutamakan prestis hanya akan menggorok lehermu. Bekerja keraslah dan banyak bersyukurlah.

  1. Merasa Sengsara dengan Berhemat

Anda memang pantas mendapatkan reward atas jerih payah Anda. Tetapi, jika terlalu berlebihan juga tidak baik. Hidup emat memang terkadang membosankan. Banyak hal yang harus kamu tahan agar tidak boros. Tapi, ibarat pepatah berakit-rakit ke hulu berenang ke tepian, Anda harus bersabar untuk masa depan yang lebih sejahtera.

Kebiasaan Boros yang Sering Dilakukan Tanpa Anda Sadari

Kebiasaan boros listrik

Kebiasaan boros listrik

Setelah mengetahui penyebab mengapa Anda boros, kenali juga kebiasaan boros yang sering Anda lakukan tanpa disadari. Semakin cepat anda menyadarinya, semakin cepat pula Anda meninggalkan gaya hidup boros. Berikut ulasannya:

  1. Boros Penggunaan Listrik

Kebiasaan boros yang paling umum dan sering dilakukan adalah penggunaan barang elektronik secara berlebihan. Di akhir bulan, tagihan listrik membengkak sehingga uang yang seharusnya bisa ditabung malah terpakai hanya karena Anda lupa mematikan lampu, menonton tv hingga tertidur, menyalakan AC sepanjang hari, dan sebagainya. Jadilah pengguna listrik yang cerdas dengan menerapkan prinsip “hemat energi, hemat listrik”.

  1. Boros Air

Jika Anda termasuk orang yang sering lupa mematikan keran air, Anda termasuk orang yang boros. Air terbuang percuma dan tagihan dari PDAM siap mencekik leher.

  1. Boros Bensin

Kebiasaan buruk orang Indonesia adalah malas berjalan kaki. Bahkan jika jaraknya cukup dekat. Mereka lebih memilih berkendara daripada berjalan. Terlihat sepele tetapi dampaknya cukup signifikan. Anggaran BBM diluar perkiraan belum lagi polusi dan kemacetan yang sebetulnya membuat Anda stres. Jadi, ada baiknya jika Anda berkendara seperlunya saja. Jalan kaki lebih sehat dan hemat.

  1. Merokok

Sudah menjadi rahasia umum jika kebiasaan merokok merupakan salah satu tindak pemborosan. Sayangnya, masih banyak orang yang menghiraukannya. Cobalah sekali kali untuk menghitung anggaran rokok Anda dalam perbulan. Apakah menghabiskan 20% dari penghasilan Anda atau tidak. Jika ya, segera tinggalkan rokokmu.

  1. Boros Makan

Kebiasaan makan diluar atau sering jajan dan berwisata kuliner juga termasuk pemborosan. Apalagi jika Anda gemar berkunjung ke restoran mahal atau sekedar nongkrong di kafe. Jika terlalu sering, maka itu akan merogoh kocek sangat dalam.

Itulah kebiasaan boros yang sering dilakukan pelaku bisnis maupun karyawan. Hal penting dalam mengatasi kebiasaan boros ialah kedisiplinan dalam mengelola keuangan. jangan malas untuk membuat rencana keuangan.

 

 

5 Kebiasaan Boros yang Sering Dilakukan Pelaku Bisnis | Malik | 4.5
error: Content is protected !!