9 Aplikasi Bisnis untuk Mendukung Bisnismu yang Harus Dicoba

Aplikasi bisnis untuk mendukung bisnismu – Di era yang dipenuhi dengan kecanggihan teknologi seperti sekarang, melakukan adaptasi dengan perkembangan teknologi menjadi keharusan setiap orang. Mengapa? Karena dalam segi bisnis, adaptasi dengan teknologi akan memberikan dampak yang cukup baik untuk mengembangkan sayap bisnis tersebut. Sebaliknya, apabila kegiatan bisnis tak dibarengi dengan adaptasi dengan teknologi, maka dapat dipastikan bisnis yang dijalankan akan kalah bersaing dengan kompetitor.

Perkembangan Teknologi di Bidang Bisnis

Seperti yang kita tahu, teknologi diciptakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Bahkan hampir setiap bidang di kehidupan manusia telah disusupi oleh teknologi, salah satunya adalah bidang bisnis. Salah satu bentuk kemajuan teknologi di bidang bisnis adalah adanya aplikasi yang dikembangkan oleh para developer.

Semua aplikasi pendukung bisnis tersebut umumnya digunakan pada smartphone android. Alasannya, hampir semua pelaku bisnis memiliki smartphone yang fungsinya beragam, baik hanya untuk memudahkan komunikasi ataupun aktivitas lainnya. Dengan begitu, aplikasi-aplikasi pendukung bisnis yang terpasang pada smartphone diharapkan dapat membawa perubahan besar serta memberikan kemudahan terhadap semua aktivitas bisnis yang dilakukan.

Berbicara mengenai aplikasi pendukung bisnis, pada kesempatan kali ini akan diulas secara lengkap mengenai aplikasi apa sajakah yang cocok digunakan oleh pelaku bisnis. Semua aplikasi bisnis untuk mendukung bisnismu berikut dapat didownload secara gratis di smartphone Anda. Di antaranya adalah:

1. Evernote

Evernote

Evernote

Aplikasi untuk bisnis yang pertama adalah Evernote. Aplikasi android untuk bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mencatat banyak hal dengan berbagai metode. Selain itu, Anda juga dapat memasukkan halaman web beserta gambarnya dalam catatan tersebut. Kelebihan aplikasi Evernote adalah adanya sistem penyimpanan berbasis cloud sehingga Anda pun tak perlu takut kehilangan catatan.

Dengan adanya sistem cloud, Evernote juga memungkinkan penggunanya untuk mengintegrasikan semua data melalui berbagai perangkat seperti komputer, tablet, dan smartphone. Untuk mendapatkannya, Anda dapat menginstall aplikasi ini di Google Play Store.

2. Rescue Time

Rescue Time

Rescue Time

Aplikasi bisnis yang juga tak kalah populernya adalah Rescue Time. Aplikasi yang satu ini memiliki berbagai fitur yang sangat menarik seperti menampilkan laporan produktivitas Anda selama menjalankan bisnis.

Hal ini karena setiap kegiatan bisnis tak terlepas dari seberapa banyak waktu yang telah Anda luangkan untuk menjalankan bisnis tersebut. Sistem kerjanya aplikasi ini adalah menghitung waktu kerja Anda. Jadi nantinya aktivitas bisnis Anda akan direkap dalam jangka waktu tertentu sehingga Anda pun dapat menilai apakah termasuk orang produktif atau tidak dalam berbisnis.

3. Spark

Spark

Spark

Spark juga termasuk salah satu aplikasi pendukung kegiatan bisnis yang harus dicoba. Kelebihan dari Spark adalah Anda dapat mengelola banyak akun email sekaligus. Hal ini karena mengurus email pribadi dan bisnis bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Dengan aplikasi bisnis Spark, Anda pun dapat membuka semua email sekaligus secara bersamaan.

4. Hootsuite

Aplikasi bisnis selanjutnya adalah Hootsuite. Aplikasi yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang mengelola bisnis toko online ataupun memiliki lapak untuk berjualan di media sosial. Hal ini karena Hootsuite memiliki fungsi yang membuat Anda dapat memanajemen akun-akun milik Anda. Tak hanya itu saja, semua postingan Anda pun dapat disimpan sebagai draft. Dengan begitu, maka Anda tak perlu lagi mengetik ulang semua teks promosi untuk toko online tersebut.

Hotsuite

Hotsuite

Hal menarik lain yang dimiliki oleh Hootsuite adalah pengguna dapat mengatur kapan draft postingan akan diupload. Syarat utamanya adalah smartphone atau laptop Anda harus terkoneksi dengan jaringan internet pada waktu upload yang telah ditentukan tadi. Sangat praktis serta menghemat waktu, kan?

5. TeamViewer

Bagi pelaku bisnis profesional, mungkin sudah sangat familiar dengan aplikasi yang satu ini. TeamViewer merupakan aplikasi dengan sistem remote yang fungsinya membantu para pekerja dalam mengakses dekstop yang sudah oleh aplikasi ini.

Aplikasi pendukung bisnis ini memiliki dua versi, yakni versi gratis dan versi premium. Untuk versi premium, harganya adalah sekitar 10 juta Rupiah. Tentunya versi preimium memiliki berbagai fitur yang lebih lengkap dibandingkan versi gratis. Kelebihan aplikasi TeamViewer adalah dapat digunakan untuk berbagai Sistem Operasi seperti Windows, Mac, iOS, Windows Phone, Linux, dan Android.

6. Fuze Meeting

Aplikasi lain yang tak kalah menarik adalah Fuze Meeting. Umumnya aplikasi ini digunakan oleh perusahaan berkembang dan maju yang fungsinya mengadakan live meeting. Dengan adanya aplikasi bisnis ini, maka semua pertemuan penting tak perlu lagu terhalang oleh jarak.

Fitur yang diusung oleh Fuze Meeting adalah gambar High Definition (HD) serta suara audio yang sangat jernih. Di samping itu, aplikasi ini juga dapat digunakan oleh maksimal 25 pengguna. Bagi Anda yang ingin menambah jumlah anggota agar dapat melakukan live meeting, maka harus membayar 106 ribu tiap anggotanya.

7. My Budget Book

My Budget Book

My Budget Book

Aplikasi yang satu ini memiliki fitur yang dapat membantu Anda untuk melacak pendapatan dan pengeluaran sehingga sangat cocok digunakan dalam mengelola keuangan agar lebih efektif. Dengan adanya modus anggaran, maka Anda dapat dengan mudah melakukan pengaturan keuangan untuk tujuan serta jangka waktu tertentu.

Selain itu, aplikasi My Budget Book juga dapat digunakan untuk memberikan batas terhadap akun-akun pembayaran Anda seperti kartu kredit dan lain sebagainya. Meskipun terlihat sepele, namun transaksi menjadi hal penting yang perlu dipertimbangkan oleh setiap pebisnis, baik pemula ataupun profesional.

Aplikasi ini hanya dapat digunakan offline demi alasan keamanan data yang Anda masukkan. Meski demikian, semua fitur lengkap yang dibutuhkan oleh pebisnis dapat Anda temukan di sini. Bahkan terdapat visualisasi statistik berupa grafik dan tabel untuk melihat perkembangan pendapatan dan pengeluaran Anda.

  • Color Note

Aplikasi bisnis untuk mendukung bisnismu yang selanjutnya adalah Color Note. Seperti namanya, aplikasi yang satu ini memiliki fungsi utama sebagai catatan digital. Di sini, Anda dapat mencatat semua jadwal dan agenda yang harus dilakukan. Dengan begitu, maka semua kegiatan dan rencana yang telah Anda susun tidak akan berantakan. Uniknya, Color Note dapat menciptakan catatan dengan warna yang berbeda-beda sehingga Anda pun dapat memilah tiap agenda.

8. Periscope

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus memiliki sarana atau media pemasaran online demi tujuan mengembangkan bisnis tersebut. Mengingat saat ini tidak sedikit orang yang menggunakan media sosial sebagai tempat berinteraksi. Dengan aplikasi Periscope, Anda dapat melakukan langkah pemasaran hingga menyiarkan kegiatan bisnis Anda secara live streaming. Setelah itu, maka promosikan produk perusahaan Anda melalui media sosial demi menjaring banyak konsumen.

Periscope App

Periscope App

Itulah beberapa aplikasi yang sangat cocok digunakan oleh pebisnis seperti Anda. dengan perpaduan antara kegiatan bisnis dan perkembangan teknologi, maka dapat dipastikan langkah Anda di bidang bisnis dapat berjalan lebih lancar. Semoga ulasan tentang aplikasi bisnis untuk mendukung bisnismu di atas bermanfaat.

9 Aplikasi Bisnis untuk Mendukung Bisnismu yang Harus Dicoba | Malik | 4.5
error: Content is protected !!